Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan simulasi virtual untuk meningkatkan Higher Order Thinking Skill (HOTS) siswa pada pembelajaran Fisika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Desain yang digunakan yaitu meta-analisis. Meta-analisis adalah penelitian yang dilakukan dengan cara merangkum, mereviu dan menganalisis data peneliti dari beberapa hasil penelitian sebelumnya. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mencari artikel yang berkaitan dengan penggunaan simulasi virtual dan Higher Order Thinking Skill pada jurnal nasional yang terakreditasi pada sinta 1 hingga sinta 4 dan beberapa jurnal internasional bereputasi. Sampel yang digunakan berupa 20 artikel jurnal. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan simulasi virtual dapat meningkatkan Higher Order Thinking Skill (HOTS) siswa pada pembelajaran Fisika.
Kata kunci : Meta-analisis, Simulasi Virtual, HOTS, Pembelajaran Fisika
ABSTRACT
This study aimed to analyze the use of virtual simulations to improve students' Higher Order Thinking Skills (HOTS) in learning Physics. The research method used was a quantitative method. The design used is meta-analysis. Meta-analysis was research conducted by summarizing, reviewing and analyzing researchers' data from several previous research results. Data collection was done by searching for articles relating to the use of virtual simulations and Higher Order Thinking Skills in national journals that are accredited in SINTA 1 to SINTA 4 and several reputable international journals. The sample used was in the form of 20 journal articles. The results of this study indicated that the use of virtual simulations can improve students' Higher Order Thinking Skills (HOTS) in learning physics.
Keywords : Meta-analysis, Virtual Simulation, HOTS, Physics Learning
Article Details
Authors who publish in this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
• Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA)
Jurnal Kumparan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah. Indonesia; 2016.
- Putra NDP, Hamidah I, Setiawan A. Penggunaan Website dalam Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Kinematika Gerak Lurus. Gravity J Ilm Penelit dan Pembelajaran Fis. 2015;1(1):1–10.
- Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan. Buku Pegangan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Berbasi Zonasi. 2018.
- Arianti BI, Sahidu H, Harjono A, Gunawan G. Pengaruh Model Direct Instruction Berbantuan Simulasi Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Siswa. J Pendidik Fis dan Teknol. 2016;2(4):159–63.
- Hastuti A, Sahidu H, Gunawan G. Pengaruh Model PBL Berbantuan Media Virtual Tehadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. J Pendidik Fis dan Teknol. 2016;2(3):129–35.
- Fithriani S, Halim A, Khaldun I. PENGGUNAAN MEDIA SIMULASI PhET DENGAN PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA POKOK BAHASAN KALOR DI SMA NEGERI 12 BANDA ACEH. J Pendidik Sains Indones. 2016;4(2):45–52.
- Dewi SM, Harjono A, Gunawan G. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Simulasi Virtual Terhadap Penguasaan Konsep dan Kreativitas Fisika Siswa SMAN 2 Mataram. J Pendidik Fis dan Teknol. 2016;2(3):123–8.
- Elita Dwi Sanyoto, Woro Setyarsih AK. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INTERACTIVE DEMONSTRATION BERBANTUAN MEDIA SIMULASI VIRTUAL UNTUK MENGURANGI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI SUHU, KALOR, DAN PERPINDAHAN KALOR. J Inov Pendidik Fis. 2016;05(03):188–92.
- Famani STM, Ayub MRSSN, Sudjito DN. Physics Learning Design of Faraday’s Induction Law Material Using PhET Simulation. J Pendidik Fis Indones. 2019;15(2):87–96.
- Hotman RS, Koto I, Rohadi N. Pengaruh Pembelajaran Cooperative Problem Solving Berbantuan Media Virtual Phet terhadap Motivasi Berprestasi dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa Kelas X MIPA SMAN 1 Bengkulu Selatan. J Kumparan Fis. 2018;1(3):51–6.
- Juniartini NW, ... PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PERUBAHAN KONSEPTUAL BERBANTUAN SIMULASI PhET UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA …. J Pendidik Fis …. 2017;7(2):109–19.
- Kohar SBJR. PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI TERBIMBING MENGGUNAKAN SIMULASI PhET UNTUK MEREDUKSI MISKONSEPSI SISWA. 2017;6(2):1289–301.
- Khairun Niami. Kosim G. Model Problem Based Learning Berbantuan Simulasi Komputer Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Pada Materi Alat-Alat Optik. J Pendidik Fis dan Teknol. 2018;4(2):220–5.
- Nisa FC, Lesmono AD, Bachtiar RW. Model Pembelajaran Kontekstual Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Transferring (React) Dengan Simulasi Virtual Dalam Pembelajaran Fisika Di Sma (Materi Momentum, Impuls Dan Tumbukan Kelas X Sman 2 Jember). J Pembelajaran Fis. 2018;7(1):8.
- Nugroho CH, Darmawan H. Penerapan Model Pembelajaran Novick Menggunakan Media Riil Dan Media Simulasi Virtual Ditinjau Dari Harmonis Sederhana Kelas X Sman 1 Kembayan. J Prodi Pendidik Fis. 2018;05(1):hal. 4.
- Suranti NMY, Gunawan G, Sahidu H. Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Peserta didik pada Materi Alat-alat Optik. J Pendidik Fis dan Teknol. 2016;2(2):73–9.
- Rais AA, Hakim L, Sulistiawati S. Pemahaman Konsep Siswa melalui Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Simulasi PhET. Phys Educ Res J. 2020;2(1):1.
- Riwayani R, Perdana R, Sari R, Jumadi J, Kuswanto H. Analisis kemampuan argumentasi ilmiah siswa pada materi optik: Problem- based learning berbantuan edu-media simulation. J Inov Pendidik IPA. 2019;5(1):45–53.
- Wibowo FC, Iswanto BH. Designing MOOCS with Virtual Microscopic Simulation (VMS) for increasing of student’s levels of understanding. J Phys Conf Ser. 2019;1402(6).
- Firmanul Catur WIBOWO. dkk. Virtual Microscopic Simulation (VMS) to promote students’ conceptual change: A case study of heat transfer. 2017;18(2).
- Suci Prihatiningtyas. Tjipto Prastowo. Budi Jatmiko. PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA SMP BERBASIS SIMULASI VIRTUAL DAN KIT SEDERHANA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DAN KOOPERATIF UNTUK MENGAJARKAN KETERAMPILAN PSIKOMOTOR DAN AFEKTIF PADA POKOK BAHASAN ALAT OPTIK. Pendidik Sains Pascasarj Univ Negeri Surabaya. 2012;2(1):135–41.
References
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah. Indonesia; 2016.
Putra NDP, Hamidah I, Setiawan A. Penggunaan Website dalam Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Kinematika Gerak Lurus. Gravity J Ilm Penelit dan Pembelajaran Fis. 2015;1(1):1–10.
Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan. Buku Pegangan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Berbasi Zonasi. 2018.
Arianti BI, Sahidu H, Harjono A, Gunawan G. Pengaruh Model Direct Instruction Berbantuan Simulasi Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Siswa. J Pendidik Fis dan Teknol. 2016;2(4):159–63.
Hastuti A, Sahidu H, Gunawan G. Pengaruh Model PBL Berbantuan Media Virtual Tehadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. J Pendidik Fis dan Teknol. 2016;2(3):129–35.
Fithriani S, Halim A, Khaldun I. PENGGUNAAN MEDIA SIMULASI PhET DENGAN PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA POKOK BAHASAN KALOR DI SMA NEGERI 12 BANDA ACEH. J Pendidik Sains Indones. 2016;4(2):45–52.
Dewi SM, Harjono A, Gunawan G. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Simulasi Virtual Terhadap Penguasaan Konsep dan Kreativitas Fisika Siswa SMAN 2 Mataram. J Pendidik Fis dan Teknol. 2016;2(3):123–8.
Elita Dwi Sanyoto, Woro Setyarsih AK. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INTERACTIVE DEMONSTRATION BERBANTUAN MEDIA SIMULASI VIRTUAL UNTUK MENGURANGI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI SUHU, KALOR, DAN PERPINDAHAN KALOR. J Inov Pendidik Fis. 2016;05(03):188–92.
Famani STM, Ayub MRSSN, Sudjito DN. Physics Learning Design of Faraday’s Induction Law Material Using PhET Simulation. J Pendidik Fis Indones. 2019;15(2):87–96.
Hotman RS, Koto I, Rohadi N. Pengaruh Pembelajaran Cooperative Problem Solving Berbantuan Media Virtual Phet terhadap Motivasi Berprestasi dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa Kelas X MIPA SMAN 1 Bengkulu Selatan. J Kumparan Fis. 2018;1(3):51–6.
Juniartini NW, ... PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PERUBAHAN KONSEPTUAL BERBANTUAN SIMULASI PhET UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA …. J Pendidik Fis …. 2017;7(2):109–19.
Kohar SBJR. PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI TERBIMBING MENGGUNAKAN SIMULASI PhET UNTUK MEREDUKSI MISKONSEPSI SISWA. 2017;6(2):1289–301.
Khairun Niami. Kosim G. Model Problem Based Learning Berbantuan Simulasi Komputer Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Pada Materi Alat-Alat Optik. J Pendidik Fis dan Teknol. 2018;4(2):220–5.
Nisa FC, Lesmono AD, Bachtiar RW. Model Pembelajaran Kontekstual Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Transferring (React) Dengan Simulasi Virtual Dalam Pembelajaran Fisika Di Sma (Materi Momentum, Impuls Dan Tumbukan Kelas X Sman 2 Jember). J Pembelajaran Fis. 2018;7(1):8.
Nugroho CH, Darmawan H. Penerapan Model Pembelajaran Novick Menggunakan Media Riil Dan Media Simulasi Virtual Ditinjau Dari Harmonis Sederhana Kelas X Sman 1 Kembayan. J Prodi Pendidik Fis. 2018;05(1):hal. 4.
Suranti NMY, Gunawan G, Sahidu H. Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Peserta didik pada Materi Alat-alat Optik. J Pendidik Fis dan Teknol. 2016;2(2):73–9.
Rais AA, Hakim L, Sulistiawati S. Pemahaman Konsep Siswa melalui Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Simulasi PhET. Phys Educ Res J. 2020;2(1):1.
Riwayani R, Perdana R, Sari R, Jumadi J, Kuswanto H. Analisis kemampuan argumentasi ilmiah siswa pada materi optik: Problem- based learning berbantuan edu-media simulation. J Inov Pendidik IPA. 2019;5(1):45–53.
Wibowo FC, Iswanto BH. Designing MOOCS with Virtual Microscopic Simulation (VMS) for increasing of student’s levels of understanding. J Phys Conf Ser. 2019;1402(6).
Firmanul Catur WIBOWO. dkk. Virtual Microscopic Simulation (VMS) to promote students’ conceptual change: A case study of heat transfer. 2017;18(2).
Suci Prihatiningtyas. Tjipto Prastowo. Budi Jatmiko. PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA SMP BERBASIS SIMULASI VIRTUAL DAN KIT SEDERHANA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DAN KOOPERATIF UNTUK MENGAJARKAN KETERAMPILAN PSIKOMOTOR DAN AFEKTIF PADA POKOK BAHASAN ALAT OPTIK. Pendidik Sains Pascasarj Univ Negeri Surabaya. 2012;2(1):135–41.