Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan simulasi virtual untuk meningkatkan Higher Order Thinking Skill (HOTS) siswa pada pembelajaran Fisika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Desain yang digunakan yaitu  meta-analisis.  Meta-analisis adalah penelitian yang dilakukan dengan cara merangkum, mereviu dan menganalisis data peneliti dari beberapa hasil penelitian sebelumnya. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mencari artikel yang berkaitan dengan penggunaan simulasi virtual dan Higher Order Thinking Skill pada jurnal nasional yang terakreditasi pada sinta 1 hingga sinta 4 dan beberapa jurnal internasional bereputasi. Sampel yang digunakan berupa 20 artikel jurnal. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan simulasi virtual dapat meningkatkan Higher Order Thinking Skill (HOTS) siswa pada pembelajaran Fisika.

Kata  kunci : Meta-analisis, Simulasi Virtual, HOTS, Pembelajaran Fisika

 

ABSTRACT

 

This study aimed to analyze the use of virtual simulations to improve students' Higher Order Thinking Skills (HOTS) in learning Physics. The research method used was a quantitative method. The design used is meta-analysis. Meta-analysis was research conducted by summarizing, reviewing and analyzing researchers' data from several previous research results. Data collection was done by searching for articles relating to the use of virtual simulations and Higher Order Thinking Skills in national journals that are accredited in SINTA 1 to SINTA 4 and several reputable international journals. The sample used was in the form of 20 journal articles. The results of this study indicated that the use of virtual simulations can improve students' Higher Order Thinking Skills (HOTS) in learning physics.

 

Keywords : Meta-analysis, Virtual Simulation, HOTS, Physics Learning

Article Details

Author Biographies

Miftahul Khirana Anisa, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Program Studi Tadris IPA 

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

Niki Dian Permana P, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Program Studi Tadris IPA 

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

Theresia Lidya Nova, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Program Studi Tadris IPA 

Fakultas Tarbiyah dan Kegurua

How to Cite
Anisa, M. K., Permana P, N. D., & Nova, T. L. (2020). PENGGUNAAN SIMULASI VIRTUAL PADA PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENINGKATKAN HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) SISWA : META ANALISIS. Jurnal Kumparan Fisika, 3(2), 163–170. https://doi.org/10.33369/jkf.3.2.163-170

References

  1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah. Indonesia; 2016.
  2. Putra NDP, Hamidah I, Setiawan A. Penggunaan Website dalam Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Kinematika Gerak Lurus. Gravity J Ilm Penelit dan Pembelajaran Fis. 2015;1(1):1–10.
  3. Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan. Buku Pegangan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Berbasi Zonasi. 2018.
  4. Arianti BI, Sahidu H, Harjono A, Gunawan G. Pengaruh Model Direct Instruction Berbantuan Simulasi Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Siswa. J Pendidik Fis dan Teknol. 2016;2(4):159–63.
  5. Hastuti A, Sahidu H, Gunawan G. Pengaruh Model PBL Berbantuan Media Virtual Tehadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. J Pendidik Fis dan Teknol. 2016;2(3):129–35.
  6. Fithriani S, Halim A, Khaldun I. PENGGUNAAN MEDIA SIMULASI PhET DENGAN PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA POKOK BAHASAN KALOR DI SMA NEGERI 12 BANDA ACEH. J Pendidik Sains Indones. 2016;4(2):45–52.
  7. Dewi SM, Harjono A, Gunawan G. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Simulasi Virtual Terhadap Penguasaan Konsep dan Kreativitas Fisika Siswa SMAN 2 Mataram. J Pendidik Fis dan Teknol. 2016;2(3):123–8.
  8. Elita Dwi Sanyoto, Woro Setyarsih AK. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INTERACTIVE DEMONSTRATION BERBANTUAN MEDIA SIMULASI VIRTUAL UNTUK MENGURANGI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI SUHU, KALOR, DAN PERPINDAHAN KALOR. J Inov Pendidik Fis. 2016;05(03):188–92.
  9. Famani STM, Ayub MRSSN, Sudjito DN. Physics Learning Design of Faraday’s Induction Law Material Using PhET Simulation. J Pendidik Fis Indones. 2019;15(2):87–96.
  10. Hotman RS, Koto I, Rohadi N. Pengaruh Pembelajaran Cooperative Problem Solving Berbantuan Media Virtual Phet terhadap Motivasi Berprestasi dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa Kelas X MIPA SMAN 1 Bengkulu Selatan. J Kumparan Fis. 2018;1(3):51–6.
  11. Juniartini NW, ... PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PERUBAHAN KONSEPTUAL BERBANTUAN SIMULASI PhET UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA …. J Pendidik Fis …. 2017;7(2):109–19.
  12. Kohar SBJR. PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI TERBIMBING MENGGUNAKAN SIMULASI PhET UNTUK MEREDUKSI MISKONSEPSI SISWA. 2017;6(2):1289–301.
  13. Khairun Niami. Kosim G. Model Problem Based Learning Berbantuan Simulasi Komputer Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Pada Materi Alat-Alat Optik. J Pendidik Fis dan Teknol. 2018;4(2):220–5.
  14. Nisa FC, Lesmono AD, Bachtiar RW. Model Pembelajaran Kontekstual Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Transferring (React) Dengan Simulasi Virtual Dalam Pembelajaran Fisika Di Sma (Materi Momentum, Impuls Dan Tumbukan Kelas X Sman 2 Jember). J Pembelajaran Fis. 2018;7(1):8.
  15. Nugroho CH, Darmawan H. Penerapan Model Pembelajaran Novick Menggunakan Media Riil Dan Media Simulasi Virtual Ditinjau Dari Harmonis Sederhana Kelas X Sman 1 Kembayan. J Prodi Pendidik Fis. 2018;05(1):hal. 4.
  16. Suranti NMY, Gunawan G, Sahidu H. Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Peserta didik pada Materi Alat-alat Optik. J Pendidik Fis dan Teknol. 2016;2(2):73–9.
  17. Rais AA, Hakim L, Sulistiawati S. Pemahaman Konsep Siswa melalui Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Simulasi PhET. Phys Educ Res J. 2020;2(1):1.
  18. Riwayani R, Perdana R, Sari R, Jumadi J, Kuswanto H. Analisis kemampuan argumentasi ilmiah siswa pada materi optik: Problem- based learning berbantuan edu-media simulation. J Inov Pendidik IPA. 2019;5(1):45–53.
  19. Wibowo FC, Iswanto BH. Designing MOOCS with Virtual Microscopic Simulation (VMS) for increasing of student’s levels of understanding. J Phys Conf Ser. 2019;1402(6).
  20. Firmanul Catur WIBOWO. dkk. Virtual Microscopic Simulation (VMS) to promote students’ conceptual change: A case study of heat transfer. 2017;18(2).
  21. Suci Prihatiningtyas. Tjipto Prastowo. Budi Jatmiko. PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA SMP BERBASIS SIMULASI VIRTUAL DAN KIT SEDERHANA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DAN KOOPERATIF UNTUK MENGAJARKAN KETERAMPILAN PSIKOMOTOR DAN AFEKTIF PADA POKOK BAHASAN ALAT OPTIK. Pendidik Sains Pascasarj Univ Negeri Surabaya. 2012;2(1):135–41.