Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) fisika yang valid berbasis etnosains dengan model Discovery Learning  untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan tipe rancangan level 1 yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu: 1) potensi dan masalah 2) studi literatur dan pengumpulan informasi 3) desain produk 4) validasi desain 5) desain teruji. Validasi desain dilakukan oleh 2 judgement ahli dan 2 praktisi untuk menilai produk yang dikembangkan dari aspek penyajian, kelayakan isi, penggunaan bahasa, dan kegrafisan. Berdasarkan hasil uji validitas aspek penyajian didapatkan hasil persentase sebesar 82,8% berada pada kategori sangat baik, aspek kelayakan isi sebesar 80,9% berada pada kategori sangat baik, aspek penggunaan bahasa sebesar 92% berada pada kategori sangat baik, dan aspek kegrafisan sebesar 97,9% berada pada kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa LKPD fisika berbasis etnosains dengan model Discovery Learning  yang dikembangkan sudah valid dan merupakan desain teruji dengan persentase total uji validitas yaitu 88,4% berada pada kategori sangat baik.

 

Kata Kunci: LKPD, Etnosains, Discovery Learning , keterampilan Berpikir Kritis

 

ABSTRACT

 

This research aimed to develop a valid physical student activity sheets, LKPD based of ethnoscience with a Discovery Learning model on material and unit. This research was a type of development research (Research and Development) with type 1 design consisting of 5 stages, namely: 1) potential and problems 2) literature study and information gathering 3) product design 4) design validation 5) tested design. Design validation was carried out by 2 expert judgments and 2 Practitioners to assess products developed from aspects of presentation, appropriateness of content, use of language, and graphics. Based on the results of the validity of the presentation aspects, the results were 82,8% was in excellent categories, appropriateness of content aspects at 80,9% was in  excellent categories, , use of language aspects at 92% was in excellent categories, and graphics aspects at 97.9% was in excellent categories. Based on these results, it was concluded that LKPD based of ethnoscience  with a Discovery Learning  model has been valid and is a proven design with a percentage of the total validity test which is 88,4% was in the excellent category.

 

Keywords: LKPD, Ethnoscience, Discovery Learning, Critical Thinking Skills

Article Details

How to Cite
Septiaahmad, L., Sakti, I., & Setiawan, I. (2020). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) FISIKA BERBASIS ETNOSAINS MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA. Jurnal Kumparan Fisika, 3(2), 121–130. https://doi.org/10.33369/jkf.3.2.121-130

References

  1. . Indrawati M, Qosyim A, Sains KP. KEEFEKTIFAN LEMBAR KERJA SISWA ( LKS ) BERBASIS ETNOSAINS PADA MATERI. 2017;(2011).
  2. Khoiri, Sunarno. Pendekatan etnosains dalam tinjauan fisafat. SPEKTRA. 2018;IV(02):145–53.
  3. Ristanti AD, Rachmadiarti F. KELAYAKAN BUKU AJAR BERBASIS ETNOSAINS PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MELATIHKAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP. J Pendidik Sains. 2018;1–5.
  4. Rukayah, Sumarno, Subekti. Pengaruh Model PBL Berbasis Etnosains Pada Pembelajaran Tematik Subtema Pemanfaatan Kekayaan Alam Di Indonesia Terhadap Hasil Belajar Ranah Kognitif Siswa Kelas IV. In: Prosiding Seminar Nasional Sains dan Entrepreneurship V. 2018. p. 117.
  5. Arfianawati S. MODEL PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS ETNOSAINS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. J Pengajaran MIPA. 2016;46–51.
  6. Prasetyo, Wahyuni, Lesmono. Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Discovery Learning pada Pokok Bahasan Energi Kalor untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. In: Seminar Nasional Pendidikan Fisika. 2017.
  7. Rhosalia LA. Pendekatan Saintifik (Scientific Approach) Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Versi 2016. JTIEE (Journal Teach Elem Educ. 2017;1(1):59.
  8. Sari, Gunawan, Harjono. Penggunaan Discovery Learning Berbantuan Laboratorium Virtual pada Penguasaan Konsep Fisika Siswa. J Pendidik Fis dan Teknol. 2016;II(4):176–82.
  9. Ubaidillah M. Pengembangan LKPD Fisika Berbasis Problem Solving untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. J EduFisika. 2016;01(02):9–20.
  10. Satriani, Rafiqah, Ikbal MS. PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS ETNOSAINS DENGAN MODEL PENALARAN KAUSAL. J Pendidik Fis. 2018;6(1):8–16.
  11. Sugiyono. Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta; 2017.
  12. Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta; 2010.
  13. Rizal W. Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Higher Order Thinking Skills Peserta Didik Kelas IV SD. 2018;300.
  14. Septi, Sakti I, Putri DH. PENGEMBANGAN MODUL FISIKA DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA MATERI ALAT-ALAT OPTIK. J Kumparan Fis. 2019;2(3):129–36.
  15. Sakti I, Nirwana. Implementasi Modul IPA Berbasis Etnosains Masyarakat Bengkulu untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa di Program Studi Pendidikan IPA FKIP Universitas Bengkulu. Bengkulu; 2019.
  16. Usman N, Rahmatan H, Aji AG. Ethno-Science Based Module Development on Material Substance and its Characteristics to Improve Learning Achievement of Junior High School Student. Int J Innov Sci Math. 2019;151.