Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pendekatan (ICI)  berbantuan simulasi PhET terhadap hasil belajar, dan menentukan besar pengaruh pendekatan (ICI)  berbantuan simulasi PhET terhadap hasil belajar. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa-siswi kelas X MIPA di SMAN 09 Kota Bengkulu. Materi pelajaran yang dibahas adalah hukum newton gravitasi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Pengajaran dengan pendekatan ICI berbantuan simulasi PhET digunakan sebagai kelas eksperimen dan pengajaran dengan cara tanpa pendekatan ICI berbantuan simulasi PhET sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah soal tes untuk hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa diukur menggunakan uji-t untuk mendeskripsikan hasil pretest dan posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol.  Untuk  mencari besar pengaruh pendekatan ICI berbantuan simulasi PhET digunakan effect size. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari perbandingan nilai sig.(2-Tailed) dengan uji independent t test antara pretest kelas kontrol dan eksperimen sebesar 0.490 artinya tidak terdapat perbedaan dan posttest kelas control dan eksperimen sebesar 0,001 terdapat perbedaan atau ICI berpengaruh terhadap hasil belajar, dengan besar pengaruh yaitu 0,78 atau ICI berbantuan simulasi PhET memberikan pengaruh sebesar 43% pada satu kali pertemuan. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Interactive conceptuan ictruction (ICI)  berbantuan simulasi PhET terhadap hasil belajar siswa sebesar 43%.

 

Kata Kunci: Interactive Conceptual Instruction (ICI), Simulasi PhET, Hasil Belajar Siswa

 

ABSTRACT

 

The aims of this research was to describe the effect of a PhET-assisted simulation approach (ICI) on learning outcomes, and was to determine the influence of PhET's simulation assisted approach (ICI) on learning outcomes. This research was conducted on students of class X MIPA in SMAN 09 Bengkulu city. The subject matter discussed was Newton's law of gravity. The method used in this research was the quasi experiment with the design of non-equivalent control group design research. Instruction with the PhET-assisted ICI simulation approach was used as a class of experimentation and teaching in a way that does not approach the PhET simulation as a control class. The Instrument used in this research is the test for students ' learning outcomes. The students learning results were measured using test-t to describe the results of pretests and post test in experimental class and control class. To find a great influence on the approach of ICI assisted simulation PhET was used effect size. The result showed that from the comparison of the value of SIG. (2-Tailed) with test independent T Test between control class pretests and experimentation of 0490 means there was no difference and post test class control and experimentation of 0.001 there are differences or ICI has 43 an effect on learning outcomes, with a big influence of 0.78 or a simulated assisted It can be concluded that there is the influence of Interactive Conceptuan Ictruction (ICI) assisted PhET simulation of students ' learning outcomes of 43%.

 

Key words: Interactive Conceptual Instruction (ICI), PhET simulation, student learning outcomes

 

Article Details

How to Cite
Prastika, E., Purwanto, A., & Nirwana, N. (2020). PENGARUH PENDEKATAN INTERACTIVE CONCEPTUAL INSTRUCTION (ICI) BERBANTUAN SIMULASI PHET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Kumparan Fisika, 3(2), 141–150. https://doi.org/10.33369/jkf.3.2.141-150

References

  1. Saat S. FAKTOR-FAKTOR DETERMINAN DALAM PENDIDIKAN (Studi Tentang Makna dan Kedudukannya dalam Pendidikan). J Ta’dib [Internet]. 2015;8(2):1–17. Available from: ejournal.iainkendari.ac.id/al-tadib/article/view/407
  2. Kirom A. Peran Guru Dan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural. Al Murabbi [Internet]. 2017;3(1):69–80. Available from: http://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/pai/article/view/893
  3. Sanjaya R. Kuikulum Pembelajaran. Jakarta: Kencana; 2008.
  4. Dalam IK. PEMBELAJARAN IPS TERPADU DI SMP NEGERI KOTA SINGKAWANG lingkungan hidup kedua sesudah rumah di mana anak didik sekian jam setiap saat. 2019;6(2):233–41.
  5. Tirtarahardja. Pengantar Pendidikan. jakarta: Pt Rineka Cipta.; 2005.
  6. Pane A, Darwis Dasopang M. Belajar Dan Pembelajaran. FITRAHJurnal Kaji Ilmu-ilmu Keislam. 2017;3(2):333.
  7. Suprihatiningrum. Strategi Pembelajaran. yogyakarta: Ar-Ruzz; 2016.
  8. Savinainen A, Scott P. Using the force concept inventory to monitor student learning and to plan teaching. Phys Educ. 2002;37(1):53–8.
  9. Handayani R, Studi P, Fisika P, Jember U. Aktualisasi Peran Generasi Milenial Melalui Pendidikan, Pengembangan Sains, dan Teknologi dalam Menyongsong Generasi Emas. 2018;3(2):2527–5917.
  10. Rahmaniar A, Suhandi A, Sari M. Ukuran Pengaruh Pendekatan Interactive Conceptual Instruction pada Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Usaha dan Energi Siswa SMA. 2015;2015(Snips):261–4.
  11. Suhandi A, Sinaga P, Kaniawati I, Suhendi E. Efektivitas Penggunaan Media Simulasi Virtual Pada Pendekatan Pembelajaran Konseptual Interaktif Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Meminimalkan Miskonsepsi. J Pengajaran Mat dan Ilmu Pengetah Alam. 2009;13(1):35.
  12. Sugiono. Metode Penelitian Pendidikan. bandung: Alfabeta; 2010.
  13. Sugiono. Metode Penliitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. bandung: Alfabeta; 2018.
  14. Diani R, Yuberti Y, Syafitri S. Uji Effect Size Model Pembelajaran Scramble dengan Media Video Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X MAN 1 Pesisir Barat. J Ilm Pendidik Fis Al-Biruni. 2016;5(2):265.
  15. Djudin T, S HTM. Remediasi miskonsepsi siswa tentang usaha menggunakan pendekatan konseptual interaktif berbantuan refutation text di sma. 48:1–11.
  16. Sma DI, Sma DI. Artikel Penelitian Oleh : Kurnia Sari Integrasi Remediasi Miskonsepsi Dalam Pembelajaran Fluida. 2018;