Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangkan dan kelayakan media pembelajaran laboratorium virtual berbasis website pada materi suhu dan kalor kelas X TKJ SMKN 3 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R & D) dengan metode 4D namun hanya sampai pada tahap 3D. Proses pengembangan terdiri dari tahap pendefinisian atau define, perancangan atau design, dan pengembangan atau develop. Hasil validasi menunjukkan bahwa media pembelajaran laboratorium virtual berbasis website ini dikategorikan sangat layak digunakan dengan kriteria 87,5%. Persentase tersebut merupakan rata-rata dari aspek format = 85,41% dengan kriteria sangat layak; aspek ilustrasi = 86,1% dengan kriteria sangat layak; aspek bahasa = 85,41% dengan kriteria sangat layak; dan aspek isi = 91,67% dengan kriteria sangat layak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran laboratorium virtual berbasis website pada materi suhu dan kalor memenuhi kriteria dengan kualitas sangat layak sebagai salah satu media pembelajaran yang digunakan peserta didik kelas X SMKN 3 Kota Bengkulu.
Kata kunci: Pengembangan, laboratorium virtual, website, suhu dan kalor
ABSTRACT
The purpose of this research was to described development and appropriateness of virtual laboratory learning method based on website on temperature and heat theory class X TKJ SMKN 3 Kota Bengkulu. This research was research and developing ( R & D ) with 4D method has been modified to 3D. Development process consist of definiton phase or define, design phase or design, and development or develope. Validation result indicated this virtual laboratory learning method based on website categorized very appropriate to use with criteria 87,5 %. That percentage was average from format aspect = 85,41% with criteria very appropriate; illustration aspect = 86,1% with criteria very appropriate; language aspect = 85,41% with criteria very appropriate; and content aspect = 91,67% with criteria very appropriate. Therefore can be concluded that virtual laboratory learning method based on website on temperature and heat theory fulfilled the criteria with very appropriate qualityas one of the learning method used by student class X TKJ SMKN 3 Kota Bengkulu.
Keyword: Development, virtual laboratories, websites, temperature and heat
Article Details
Authors who publish in this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
• Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA)
Jurnal Kumparan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Suparwoto. Peran Pendidikan Fisika dalam Pengembangan Budaya. Yogyakarta: Publisher UNY; 2005.
- Kemendikbud. Dokumen Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan; 2012. 1 p.
- Mundilarto. Penilaian Hasil Belajar Fisika. Yogyakarta: P2IS UNY; 2012.
- Hamalik O. No Title. Bandung: PT Alumni; 1986. 30–31 p.
- Depdiknas. Pendekatan Kontekstual. Jakarta: Depdiknas; 2002.
- Arsyad A. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada; 2013. 38–39 p.
- Swandi A, Hidayah S, Irsan. Pengembangan Media Pembelajaran Laboratorium Virtual untuk Mengatasi Miskonsepsi Pada Materi Fisika Inti di SMAN 1 Binamu , Jeneponto. J Fis Indones. 2014;XVIII(April):20–4.
- Nafrianti N, Supardi I, Erman. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan PhET pada Materi Listrik Dinamis untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. J Penelit Pendiidkan Sains. 2016;
- Djamarah, Zain. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta; 2006.
- Darmadi, Suharyanto. Pengembangan Website Dilengkapi Virtual Lab PhET Sebagai Media Meningkatkan Pemahaman Konsep Listrik Dinamis Pada Pembelajaran Fisika. UNY. 2015;
- Kusumaningsih Y., Iswahyudi, Susanti E. Pengembangan Model Laboratorium Virtual sebagai Solusi Keterbatasan Sumber Daya Pembelajaran. Pros Semin Nas Apl Sains Teknol (SNAST) ST AKPRIND. 2014;
- Rizal A, Adam RI, Susilawati. No Title. Pengemb Lab Virtual Fis Osilas. 2018;
- Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta; 2010.
- Hertanto E. Perbedaan Skala Likert Lima Skala dengan Modifikasi Skala Likert Empat Skala. Jakarta: Jurnal Metologi Penelitian September 2017; 2017.
- Ferrina Dwi Kurniasari, Qohar A. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTUAN KOMPUTER PADA MATERI RUANG DIMENSI TIGA UNTUK SISWA KELAS X SMA BILINGUAL. J Univeristas Negeri Malang [Internet]. 2013;1–10. Available from: https://docplayer.info/151957-Pengembangan-media-pembelajaran-matematika-berbantuan-komputer-pada-materi-ruang-dimensi-tiga-untuk-siswa-kelas-x-sma-bilingual.html
- Sugihartono. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press; 2012.
- Nilasari S. Jago Membuat Website Gratis & Cepat Secara Otodidak. Jakarta: Dunia Komputer; 2014.
References
Suparwoto. Peran Pendidikan Fisika dalam Pengembangan Budaya. Yogyakarta: Publisher UNY; 2005.
Kemendikbud. Dokumen Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan; 2012. 1 p.
Mundilarto. Penilaian Hasil Belajar Fisika. Yogyakarta: P2IS UNY; 2012.
Hamalik O. No Title. Bandung: PT Alumni; 1986. 30–31 p.
Depdiknas. Pendekatan Kontekstual. Jakarta: Depdiknas; 2002.
Arsyad A. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada; 2013. 38–39 p.
Swandi A, Hidayah S, Irsan. Pengembangan Media Pembelajaran Laboratorium Virtual untuk Mengatasi Miskonsepsi Pada Materi Fisika Inti di SMAN 1 Binamu , Jeneponto. J Fis Indones. 2014;XVIII(April):20–4.
Nafrianti N, Supardi I, Erman. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan PhET pada Materi Listrik Dinamis untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. J Penelit Pendiidkan Sains. 2016;
Djamarah, Zain. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta; 2006.
Darmadi, Suharyanto. Pengembangan Website Dilengkapi Virtual Lab PhET Sebagai Media Meningkatkan Pemahaman Konsep Listrik Dinamis Pada Pembelajaran Fisika. UNY. 2015;
Kusumaningsih Y., Iswahyudi, Susanti E. Pengembangan Model Laboratorium Virtual sebagai Solusi Keterbatasan Sumber Daya Pembelajaran. Pros Semin Nas Apl Sains Teknol (SNAST) ST AKPRIND. 2014;
Rizal A, Adam RI, Susilawati. No Title. Pengemb Lab Virtual Fis Osilas. 2018;
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta; 2010.
Hertanto E. Perbedaan Skala Likert Lima Skala dengan Modifikasi Skala Likert Empat Skala. Jakarta: Jurnal Metologi Penelitian September 2017; 2017.
Ferrina Dwi Kurniasari, Qohar A. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTUAN KOMPUTER PADA MATERI RUANG DIMENSI TIGA UNTUK SISWA KELAS X SMA BILINGUAL. J Univeristas Negeri Malang [Internet]. 2013;1–10. Available from: https://docplayer.info/151957-Pengembangan-media-pembelajaran-matematika-berbantuan-komputer-pada-materi-ruang-dimensi-tiga-untuk-siswa-kelas-x-sma-bilingual.html
Sugihartono. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press; 2012.
Nilasari S. Jago Membuat Website Gratis & Cepat Secara Otodidak. Jakarta: Dunia Komputer; 2014.