Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

 

Mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan pemahaman konsep fisika peserta didik MAN Baraka merupakan tujuan dilakukannya penelitian ini. Penelitian ini termasuk dalam penelitian korelasi produk momen, dimana ada dua variabel yang ingin dikatahui hubungan dan arah hubungannya, serta menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek dari penelitian ini adalah seluruh kelas X MIA MAN Baraka dengan total 121 orang peserta didik. Pengumpulan data menggunakan dua jenis instrument yakni instumen non-tes dan tes masing-masing untuk mengetahui motivasi belajar dengan jumlah 37 pernyataan, setiap pernyataan memiliki 5 pilihan jawaban dan pemahaman konsep fisika peserta didik dengan jumlah butir soal 26 yang setiap nomornya memiliki lima alternatif jawaban. Dengan menggunakan analisis korelasi produk momen diperoleh hasil penelitian yaitu nilai signifikansi 0,008 < 0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara motivasi belajar dengan pemahaman konsep fisika peserta didik MAN Baraka dengan arah korelasinya adalah positif. Dengan ini, guru-guru ketika akan melakukan pembelajaran, baiknya memberikan motivasi terlebih dahulu kepada peserta didik agar mereka termotivasi. Ketika pererta didik sudah termotivasi, maka peserta didik akan bersemangat dan memungkinkan mereka untuk mudah dalam memahami konsep-konsep pelajaran sehingga akan memperoleh hasil belajar yang lebih baik.

 

Kata  kunci: motivasi, belajar, pemahaman, konsep, fisika

 

ABSTRACT

 

Knowing the relationship between learning motivation and understanding students' MAN Baraka concepts is the aim of this study. This research was included in product-moment research, where there were two variables that wanted to know the relationship and direction needed, and used quantitative research. The subjects of this study were all students of class X MIA MAN Baraka with a total of 121 students. Data collection used two types of instruments namely non-test and each test to determine learning motivation with a total of 37 answers, each of which had 5 answer choices and students' understanding of concepts with a total of 26 items, each of which had five alternative answers. By using product evaluation analysis when the results of significance 0.008 <0.05 which mean that Ho was rejected and Ha was accepted. From the results of this study, it can be concluded that there is a relationship between learning and learning with the understanding of MAN Baraka students' concepts and the direction of correlation is positive. With this, the teacher when going to learn, it is better to provide motivation in advance to students so that they are motivated. When students are motivated, students will be excited and allow them to easily understand the concepts of the lesson so that they will get better learning outcomes.

 

Keywords: motivation, learning, understanding, concepts, physics

Article Details

How to Cite
Shidik, M. A. (2020). HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK MAN BARAKA. Jurnal Kumparan Fisika, 3(2), 91–98. https://doi.org/10.33369/jkf.3.2.91-98

References

  1. Dimyati D, Mudjiono D. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta; 2013.
  2. Murizal A. Pemahaman Konsep Matematis Dan Model Pembelajaran Quantum Teaching. J Pendidik Mat. 2012;1(1).
  3. Mauke M, Sadia W, Suastra W. Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran IPA-Fisika di MTs Negeri Negara. Vol. 3, Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA. 2013 Jul [cited 2020 Jul 2]. Available from: http://oldpasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ipa/article/view/796
  4. Masitoh, I. dan Prabawanto S. Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas V Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Eksploratif. EduHumaniora J Pendidik Dasar. 2015;7(2).
  5. Pranata E. Implementasi Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Berbantuan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. J Pendidik Mat Indonesia. 2016;1(1):34–8.
  6. Yusuf M, Hidayatullah MD, Tri I, Pamungkas, Faizah R. Analisis Hubungan Motivasi Belajar Dengan Pemahaman Konsep Gerak Lurus Mahasiswa Pendidikan Fisika. J Ris Pendidik Fis. 2017;2(2):49–55. Available from: http://journal2.um.ac.id/index.php/jrpf/article/view/11221/5261
  7. M. F, Nyeneng IDP, Maharta N. Pengaruh Motivasi Belajar dan Keterampilan Proses Sains Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa. Vol. 1, Jurnal Pembelajaran Fisika. 2013 Apr [cited 2020 Jul 7]. Available from: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/view/409
  8. Emda A. Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida J. 2018;5(2):172.
  9. Annajmi. Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Melalui Metode Penemuan Terbimbing Berbantuan Software Geogebra. J MES (Journal Math Educ Sci. 2016;2(1):1–10.
  10. Hattie J, Hodis FA, Kang SHK. Theories of motivation: Integration and ways forward. Contemp Educ Psychol. 2020 May 20;101865.
  11. Santoso B, Putri DH, Medriati R. Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Melalui Model Problem Based Learning Berbantu Alat Peraga Konsep Gerak Lurus. J Kumparan Fis. 2020 Apr 28;3(1):11–8.
  12. Anas M, Aryani F. Motivasi Belajar Mahasiswa. Penelit Pendidik Insa. 2014;16(1):41–6.
  13. Nur L, Siregar K, Pendahuluan A. Korelasi Pemahaman Konsep Aljabar dengan Hasil Belajar Matematika. J Pendidik Islam dan Teknol Pendidik. 2017;VII(1):22–33.
  14. Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta; 2014.
  15. Sardiman. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada; 2011.
  16. Riduwan, Sunarto. Pengantar Statistika: Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi dan Bisnis. Bandung: Alfabeta; 2011.
  17. MUTOHARO ZR, SITI. Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Pemahaman Konsep IPA Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 21 Surabaya. Pensa E-Jurnal Pendidik Sains. 2015 [cited 2020 Jun 30];3(02). Available from: https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/11505/10829
  18. Astuti IAD. Upaya meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep IPA peserta didik dengan model pembelajaran problem posing. J Ris dan Kaji Pendidik Fis. 2016;3(2):39.
  19. Wahyuningsih D, Wahyuni S. Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Fisika Siswa SMK dalam Pembelajaran Menggunakan Model Experiential Learning. J Pembelajaran Fis. 2014;
  20. Hamzah B. Uno. Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara; 2011.
  21. Riwanto D, Azis A, Arafah K. Analisis Pemahaman Konsep Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal-Soal Fisika Kelas X MIA SMA Negeri 3 Soppeng. J Sains dan Pendidik Fis. 2019;15(2):23–31.
  22. Slavin RE. Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik. Terjemahan Marianto Samosir. Jakarta: PT Indeks; 2011.