Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) yang bertujuan untuk menghasilkan e-modul berbasis web sebagai bahan ajar fisika pada materi gelombang bunyi. Model pengembangan yang digunakan yaitu model 3 D dengan langkah-langkah Define, Design, dan Develop. Tahap define terdiri dari observasi, identifikasi masalah, dan pengumpulan data. Pada tahap design terdiri dari memilih media pembelajaran, memilih format bahan ajar, dan rancangan awal bahan ajar elektronik. Tahap develop terdiri dari validasi judgement ahli (dosen) dan praktisi (guru). Subjek penelitian adalah peserta didik SMAN 2, 4 dan 6 Kota Bengkulu. Validasi dilakukan oleh 2 judgement ahli dan 2 praktisi untuk menilai produk yang dikembangkan dari aspek isi, penyajian, bahasa dan media. Berdasarkan hasil uji validasi, aspek isi sebesar 79% dengan kategori sangat baik, aspek penyajian sebesar 77% dengan kategori sangat baik, aspek bahasa sebesar 79% dengan kategori sangat baik dan aspek media sebesar 75% dengan kategori baik. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis web yang dihasilkan sudah layak diuji cobakan dengan persentasi rata-rata sebesar 78% yang termasuk dalam kategori sangat baik.

 

Kata  Kunci:  Pengembangan E-modul, Bahan Ajar, Gelombang Bunyi

 

ABSTRACT

 

This research was a research and development (R&D) that aimed to produce web-based e-modules as physics teaching materials on sound wave material. The development model used was a 3 D model with Define, Design, and Develop steps. The define stage consists of observation, problem identification, and data collection. At the design stage consists of choosing learning media, choosing the format of teaching materials, and the initial design of electronic teaching materials. The develop phase consists of validating expert judgment (lecturers) and practitioners (teachers). The research subjects were students of SMAN 2, 4 and 6 Bengkulu City. Validation was carried out by 2 expert judgments and 2 practitioners to assess products developed from the aspects of content, presentation, language and media. Based on the results of the validation test, the content aspect was 79% with a very good category, the presentation aspect was 77% with a very good category, the language aspect was 79% with a very good category and the media aspect was 75% with a good category. Based on these results, it can be concluded that the resulting web-based e-module was worth testing with an average percentage of 78% which was included in the excellent category.

Keywords: Development of E-modules, Teaching Materials, Sound Waves

Article Details

Author Biographies

Miya Novitasari, Universitas Bengkulu

Pendidikan fisika

Connie Connie, Universitas Bengkulu

Pendidikan fisika

Eko Risdianto, Universitas Bengkulu

Pendidikan fisika
How to Cite
Novitasari, M., Connie, C., & Risdianto, E. (2022). PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS WEB SEBAGAI BAHAN AJAR FISIKA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI DI SMA. Jurnal Kumparan Fisika, 4(3), 203–212. https://doi.org/10.33369/jkf.4.3.203-212

References

  1. Khasanah SM, Supardi I. PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS. IPF Inov Pendidik Fis. 2019;08(03):799–803.
  2. Alawiyah R. PENERAPAN SIKAP “ STUDENT LEADERSHIP ” ( KEPEMIMPINAN SISWA ) UNTUK MENINGKATKAN SIKAP MANDIRI DAN. Pros Semin dan Disk Nas Pendidik Dasar. 2018;125–33.
  3. Usman U. Komunikasi Pendidikan Berbasis Blended Learning Dalam Membentuk Kemandirian Belajar. J Jurnalisa. 2018;4(1):136–50.
  4. Yushardi, Wahyuni T, Wahyuni S. Pengembangan Modul Multimedia Interaktif Berbasis E-Learning Pada Pokok Bahasan. Pembelajaran Fis. 2017;6(4):404–10.
  5. Paradina D, Connie C, Medriati R. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas X. J Kumparan Fis. 2019;2(3):169–76.
  6. Sukiminiandari YP, Budi AS, Supriyati Y. Pengembangan Modul Fisika dengan Pendekatan Saintifik. Pros Semin Nas Fis. 2015;IV:161–4.
  7. Mertayasa INE, Agustini K, Santyasa IW. Efektivitas E-Modul Berorientasi Modalitas Gaya Belajar Pada Mata Pelajaran Komunikasi Data Kelas XI TKJ di SMK Negeri 3 Singaraja. Semin Nas Pendidik Tek Inform. 2018;9(September):81–4.
  8. Nurohman S, Suyoso. Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Web Format Mobile Version Sebagai Media Pembelajaran Fisiska dapat diakses melalui Smartphone Platform Android. 2014;4:1–13.
  9. Johar A, Risdianto E, Indriyati DAF. Perancangan Dan Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Web Pada Bidang Studi Bahasa Inggris Di Kelas Vii Smp Negeri 1 Kota Bengkulu Dengan Menggunakan Php Dan Mysql. Rekursif. 2014;2(1):1–9.
  10. Sakti I, Puspasari YM, Risdianto E. PENGARUH MODEL PEMBALAJARAN LANGSUNG (Direct Instruction) MELALUI MEDIA ANIMASI BERBASIS MACROMEDIA FLASH TERHADAP MINAT BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA DI SMA PLUS NEGERI 7 KOTA BENGKULU. Exacta. 2012;10(1):1–10.
  11. Solihudin JH T. Pengembangan E-Modul Berbasis Web Untuk Meningkatkan Pencapaian Kompetensi Pengetahuan Fisika Pada Materi Listrik Statis Dan Dinamis Sma. WaPFi (Wahana Pendidik Fis. 2018;3(2):51–61.
  12. Purwaningtyas WDD, Hariyadi I. Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Online Dengan Program Edmodo. J Pendidik. 2017;2(1):123, 121–9.
  13. Sugiyono. Metode Penelitian & Pengembangan ( Research and Development/ R & D). Bandung: ALFABETA; 2018.
  14. Ernawati. PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERDASARKAN MODEL 4-D PADA MATERI GETARAN GELOMBANG DAN BUNYI DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP NEGERI 6 PALU. J Sains dan Teknol Tadulako. 2014;3(1):62–71.
  15. RIZAL M. PENGEMBANGAN LKPD MATEMATIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS PESERTA DIDIK KELAS IV SD. UNIVERSITAS LAMPUNG; 2018.
  16. Fitri H, Maison, Kurniawan DA. Pengembangan e-modul menggunakan 3D pageflip profesional pada materi momentum dan impuls SMA/MA kelas XI. Edufisika J Pendidik Fis. 2019;4(1):1–12.
  17. Shabrina A, Diani R. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Web Enhanced Course dengan Model Inkuiri Terbimbing. Indones J Sci Math Educ. 2019;2(1):9–26.