Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan dan karakteristik modul fisika berbasis SETS untuk melatihkan keterampilan berpikir kreatif siswa SMA pada materi usaha dan energi. Penelitian ini adalah research and development (R&D) dengan model 4D (define, design, develop, dan disseminate) dimodifikasi menjadi 3D karena tahap disseminate tidak dilakukan. Validasi dilakukan oleh 3 judgement ahli untuk menilai produk yang dikembangkan dari aspek isi, penyajian dan bahasa. Berdasarkan hasil validasi ahli, diperoleh persentase skor rata-rata pada aspek isi sebesar 89% dengan kategori sangat valid, aspek penyajian sebesar 88% dengan kategori sangat valid, dan aspek bahasa sebesar 88% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil validasi dapat disimpulkan bahwa modul yang dikembangkan layak digunakan untuk diujicoba. Karakteristik modul antara lain: modul mengaitkan materi pelajaran dengan keempat unsur SETS, unsur SETS ditujukan untuk melatih keterampilan berpikir kreatif, kegiatan dan soal-soal yang disajikan  diorientasikan untuk melatihkan keterampilan berpikir kreatif siswa.

 

Kata kunci: penelitian dan pengembangan, modul, SETS, keterampilan berpikir kreatif

 

ABSTRACT

 

The research aimed to describe the feasibility and characteristics of a SETS-based physics module to trained high school students' creative thinking skills on business and energy materials. This research was a research and development (R&D) with model used the 4D model (define, design, develop and disseminate) modified be 3D because the disseminate was not done. Validation carried out by 3 expert judgments to be assessed from the aspects of content, presentation and language. Based on the results of expert validation, the percentage of the average score on the content aspect is 89% with the very valid category, the presentation aspect is 88% with the very valid category, and the language aspect is 88% with the very valid. Based on the validation results, it can be concluded that the developed module is feasible to be tested. Characteristics of the module include: the module links the subject matter with the four SETS elements, the SETS elements are intended to train creative thinking skills, the activities and questions presented are oriented to train students' creative thinking skills.

 

Keywords: Research and development, module, SETS, creative thinking skills

Article Details

How to Cite
Lestari, A. D., Sutarno, S., Rohadi, N., Sakti, I., & Nirwana, N. (2021). PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY (SETS) UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI. Jurnal Kumparan Fisika, 4(2), 147–154. https://doi.org/10.33369/jkf.4.2.147-154

References

  1. Liliawati W. 2 .Pembekalan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA Melalui Pembelajaran Fisika Berbasis Masalah. Jurnal Pembelajaran MIPA, Volume 16, Hlmn. 93-98.
  2. Ekosistem MK, Amalia F. No Title. 2015;1:1–8.
  3. Fidiana L, Bambang S, Pratiwi D. Pembuatan Dan Implementasi Modul Praktikum Fisika Info Artikel Abstrak Abstra Ct. 2012;1(2252).
  4. Sukiminiandari Yp, Budi As, Supriyati Y, Fisika J, Jakarta Un. Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Snf2015-Ii-161 Snf2015-Ii-162. 2015;Iv:161–4.
  5. Usaha M, Energi Dan. Pengembangan Modul Pembelajaran Menggunakan Learning Content Development System Materi Usaha Dan Energi Asep Sunantri * , Agus Suyatna, Undang Rosidin. (1):107–17.
  6. Huriawati F, Yusro Ac, Wibowo Rt. Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berorientasi Sets. :1–7.
  7. Yusro Ac, Madiun Ip. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fsika Berbasis Sets Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Abstrak Kata Kunci : Perangkat Pembelajaran , Sets , Berpikir Kreatif Pendahuluan 62 | Yusro , Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fsika Berbasis Sets ...
  8. Pendidikan P, Program F, Universitas P, Yogyakarta N. Pembelajaran Sets ( Science , Environment , Technology , Society ) : Pengaruhnya Pada Keterampilan Proses Sains Sets Learning ( Science , Environment , Technology , Society ): The Effect On Science Process Skills. 2019;02(3):320–7.
  9. Ilmiah J, Dasar P, Cetak I, Online I, Nomor Vii. No Title. 2017;Ii.
  10. Artikel I. Model Pembelajaran Ricosre Yang Berpikir Kreatif. 2017;(2007):676–85.
  11. No Ek. Edisi Khusus No. 2, Agustus 2011. 2011;(2):98–106.
  12. Noer Sh. Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah Open-Ended. 2009;
  13. Pokok P, Cahaya B. 1) 2) 2) 1). :392–8.
  14. Handoko P. Sistem Kendali Perangkat Elektronika Monolitik Berbasis Arduino Uno R3. 2017;(November):1–2.
  15. Prabowo Ca, Saptasari M, Biologi P, Malang Pn. Pengembangan Modul Pembelajaran Inkuiri Berbasis Laboratorium Virtual. 2016;1090–7.