Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan media E-book berbasis Flip PDF Professional yang layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi gelombang bunyi kelas XI SMA. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan pendekatan 4-D yang meliputi tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop) dan tahap penyebaran (disseminate). Pada penelitian ini hanya dibatasi pada tahap pengembangan saja dikarenakan adanya keterbatasan waktu. Analisis data yang dilakukan pada penelitian ini adalah berdasarkan hasil skor penilaian uji kelayakan media E-book yang telah diberikan oleh validator ahli materi dan validator ahli media. Dari hasil skor penilaian uji kelayakan ahli materi diperoleh hasil sebesar 4,47 dari skor maksimum 5 atau sebesar 83% dengan kategori sangat layak. Sedangkan  hasil skor penilaian uji kelayakan ahli media diperoleh hasil sebesar 4,73 dari skor maksimum 5 atau sebesar 90% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media E-book berbasis Flip PDF Professional pada materi gelombang bunyi sangat layak digunakan sebagai salah satu alternatif media pembelajaran.

Kata Kunci— Media Pembelajaran, E-Book, Flip PDF Profesional, Gelombang Bunyi

ABSTRACT

 

This research was conducted with the aim of producing an E-book based on Flip PDF Professional which is suitable for use as a learning medium for sound wave material for class XI SMA. The research conducted is a Research and Development (R&D) research with a 4-D approach which includes the definition stage, the design stage, the development stage and the dissemination stage. In this study, it was only limited to the development stage due to time constraints. The data analysis carried out in this study was based on the results of the E-book media feasibility test assessment scores that had been given by material expert validators and media expert validators. From the results of the assessment score of the material expert's feasibility test, the results obtained were 4.47 from a maximum score of 5 or 83% in the very feasible category. While the results of the assessment score of the media expert's feasibility test obtained a result of 4.73 from a maximum score of 5 or 90% with a very feasible category. Based on the results of this study, it can be concluded that the E-book media based on Flip PDF Professional on sound wave material is very feasible to be used as an alternative learning media.

Keywords— Learning Media, E-Book, Professional PDF Flip, Sound Wave

Article Details

How to Cite
Andani, T. (2022). ANALISIS VALIDASI MEDIA PEMBELAJARAN E-BOOK BERBASIS FLIP PDF PROFESSIONAL PADA MATERI GELOMBANG BUNYI DI SMA. Jurnal Kumparan Fisika, 4(3), 213–220. https://doi.org/10.33369/jkf.4.3.213-220

References

  1. BSNP], (2014). Instrumen Penilaian Buku Teks Peajaran SMA / MA. Jakarta: BSNP.
  2. Andikaningrum, L., Damayanti, W., & Dewi, C. (2014). Efektivitas E-Book Berbasis Multimedia Menggunakan Flip Book Maker Sebagai Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar SIswa (Studi Kasusu pada Mata Pelajaran TIK Kelas XI SMA Kristen Satya Wacana Salatiga). Doctoral dissertation, Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi FTI-UKSW.
  3. Arikunto, S. (2010). Evaluasi Program Pendidikan . Jakarta: Bumi Aksara.
  4. Ayu, F., & Fauzi, A. (2020). Praktikalitas Pengembangan E-Book Fisika Berbantuan Edmodo Berbasis Discovery Learning Dalam Proses Pembelajaran Fisika. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Sains, 1(3), 66-71.
  5. Cahyanti, R., & Akhlis, I. (2015). Pengembangan E-Book Sebagai Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Materi Mesin Atwood Untuk Siswa Sma N 1 Kradenan. Unnes Physics Education Journal, 4(1).
  6. Diani, R., & Hartati, N. S. (2018). Flipbook berbasis literasi Islam: Pengembangan media pembelajaran fisika dengan 3D pageflip professional. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2), 234-244.
  7. Fauzi, A. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Pada Materi Jenis Dan Karakteristik Bahan Baja Kelas X Tgb Smk Negeri 1 Mojokerto. Pendidikan Teknik Bangunan, 1(1/JKPTB/15), 148-151.
  8. Gao, M. L., Serevina, V., & Supriyati, Y. (2019). Media Pembelajaran Ebook Berbasis 3d Pageflip Pada Materi Suhu Dan Kalor Dengan Model Pembelajarn Discovery Learning. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2019.
  9. Goal, M. L., Serevina, V., & Supriyati, Y. (2019). Media Pembelajaran Ebook Berbasis 3d Pageflip Pada Materi Suhu Dan Kalor Dengan Model Pembelajarn Discovery Learning. VIII. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2019.
  10. Hadi, W. (2015). Pengembangan Komik Fisika Berbasis Android Sebagai Suplemen Pokok Bahasab Radioaktivitas Untuk Sekolah Menengah Atas. Doctoral disertation.
  11. Hidayat , A., Suyatna, A., & Suana, W. (2017). Pengembangan Buku Elektronik Interaktif Pada Materi Fisika Kuantum Kelas Xii Sma. Jurnal Pendidikan Fisika, V(2), 87-101.
  12. Humairoh, F., & Wasis. (2015). Pengembangan E-Book Interaktif Berbasis Salingtemas (Sains, Lingkungan, Teknologi, Masyarakat) pada Materi Fluida Dinamis untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa dan Penerapannya. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 04(02).
  13. Kurniawan, H., & Suprapto, N. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Flash Ineraktif pada Materi Listrik Dinamis Kelas XII di SMAN 1 Krain. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 16-19.
  14. Mulyadi, D. U., Wahyuni, S., & Handayani, R. D. (2016). Pengembangan Media Flashflipbook Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kreatif Siswadalam Pembelajaran Ipa Di SmP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 04(4).
  15. Musdalifa, Helmi, & Khaeruddin. (2021). Pengembangan E-Bookuntuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Ipa Fisika Di Smp Satap Negeri 8 Sengkang. Soctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar.
  16. Parlin, I. D., Iswanto, B. H., & Budi, A. S. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Kvisoft untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik pada Materi Medan Magnet. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF 2015, IV, pp. 135-140.
  17. Pramana, W. D., & Dewi, N. R. (2014). Pengembangan E-Bookipa Terpadu Tema Suhu Dan Pengukuran Untuk Menumbuhkan Kemandirianbelajar Siswa. Unnes Science Education Journal, 3(3).
  18. Putri , G. E., Ayu, F., & Fauzi, A. (2020). ValiditasE-BookFisika Terintegrasi Materi Bencana PetirBerbasis Model Pembelajaran Penemuan. JPF( Jurnal Eksakta Pendidikan), 4(2), 163-170.
  19. Ruddamayanti. (2019). Pemanfaatan Buku Digital Dalam Meningkatkan Minat Baca. Prossiding Seminar Nasional Program Pascasajana Universitas PGRI Palembang, 12, pp. 1193-1202.
  20. Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif : Quantitative Research Approach. Sleman: Deepublish.
  21. Setiyo, E., Zulhermanan, & Harlin. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flash Flip BookpadaMataKuliah Elemen Mesin 1di Program Studi Pendidikan Teknik MesinUniversitas Sriwijaya. INVOTEK :Jurnal Inovasi Vakosional dan Teknologi, 18(1), 1-6.
  22. Simangunsong, Y. P., Muchta, Y. R., & Utami, I. S. (2020). Pengembangan Media Flipbook Fisika Berbasis Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Materi Gerak Harmonik Sederhana Untuk Siswa Sma Kelas X. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika,, 3.
  23. Simanjuntak, S. T., Supriyati, Y., & Fahdiran, R. (2019). Pengembangan Buku Elektronik Pengayaan Pengetahuan Tentang Aplikasi Gelombang Ultrasonik Untuk Siswa Sma. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2019. VIII. SNF2019-PE-17.
  24. Sugiyono, P. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta CV.
  25. Sumantri, F. N., & Kholiq, A. (2020). Pengembanganels-3d (E-Bookliterasi Sains Berbasis 3d Page Flip) Pada Materi Momentum Dan Impuls. IPF : Inovasi Pendidikan Fisika, 09(03), 479-483.
  26. Suprapto, E., Apriandi, D., & Pamungkas, I. P. (2019). Pengembangan E-Book Interaktif Berbasis Animasi Bagi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(2), 124-130.
  27. Susanti, T., Kurniadewi, F., & Nurjayadi, M. (2021). Development of Protein Metabolism Electronic Module by flip PDF PRofessional Applicatioj. Journal of Physics : Conference Series, 1-7.
  28. Wardani, R., Hariyanto, D., & Subhan, A. (2012). Laporan Program Penyusunan Naskah Kajian: Pengembangan Interaktif E-Book dari Sisi Pedagogik, Teknologi Perangkat Lunak Serta Media yang Digunakan.
  29. Werdani Sulistya, H. (2015). Pengembangan Komik Fisika Berbasis Androidsebagai Suplemen Pokok Bahasan Radioaktivitas Untuksekolah Menengah Atas.
  30. Wijayanti K, M. (2018). Pengembangan E-bookIPA Fisika Berbasis Program Sigil Peserta Didik SMPN 23 Simbang Kabupaten Maros. Seminar Nasional Fisika 2018.
  31. Wilujeng, I., & Mulyaningsih, S. (2013). Pengembangan Media E-Bookinteraktif Melalui Strategi Mind Mapping Pada Materi Pokok Listrik Dinamis Untuk Sma Kelas X. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 02(02), 55-61.