Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

 

Jember merupakan daerah yang memiliki potensi tebu yang besar. Akan tetapi, potensi pengolahan tebu belum banyak dikembangkan sebagai sumber belajar dalam proses pembelajaran sehingga belum dapat menumbuhkan kesadaran akan kepedulian lingkungan akibat keberadaan limbah dari pabrik pengolahan tebu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang penguasaan konsep ipa terpadu dan tingkat kepedulian lingkungan mahasiswa setelah pembelajaran menggunakan bahan ajar tentang pengolahan tebu sebagai energi terbarukan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pretest posttest design. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa calon guru fisika yang menempuh mata kuliah IPA Terpadu. Teknik pengumpulan data secara observasi, dokumentasi dan test penguasaan konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan penguasaan konsep IPA Terpadu mahasiswa mengalami peningkatan sebesar 0,43 dan berada dalam kategori sedang. Mahasiswa menunjukkan adanya peningkatan sikap kepedulian lingkungan terhadap potensi lokal pengolahan tebu sebagai energi terbarukan yang ada di Jember. Kemampuan penguasaan konsep dan sikap kepedulian lingkungan sangat penting dimiliki oleh mahasiswa agar mahasiswa mampu mengintegrasikan konsep yang dimiliki ke dalam sikap peduli lingkungan dalam kehidupan nyata.

Kata Kunci: IPA Terpadu, Penguasaan Konsep, Kesadaran Lingkungan, Tanaman Tebu

ABSTRACT

 

Jember is a regency which has a great potential of sugar cane. Meanwhile, the potential of the processing of sugar cane was not yet to be developed as a learning resource and hence was not able to grow the environment awareness which was caused by the waste of sugar cane factory. The aimed of this research was to describe the mastery concept learning of integrated science and level of students’ environment awareness after learning by using teaching material about the processing of sugar cane as a renewable energy. The method was experimental research with one group pretest-posttest design. The sample of this research was physics students who took integrated science course.  The research data which was collected by using observation, documentation, and mastery concept test was analyzed by using normalized gain. The result showed that there was an increasing of N-gain around 0,43 and came to medium category. It also showed that there was environment awareness toward local potential of sugar cane manufacturing as a renewable energy in Jember. The ability of mastery concept and environment awareness was very important to be had by students, so the students were able to integrate the science concept into environment awareness behaviour in the daily life.

Keywords: Integrated Science; Mastery Concept Learning; Environment Awareness; Sugar Cane.

Keywords

Integrated Science Mastery Concept Learning Environment Awareness Sugar Cane

Article Details

Author Biography

Lailatul Nuraini, Program Studi S1 Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember

Program Studi Pendidikan Fisika
How to Cite
Nuraini, L., Supeno, S., Sudarti, S., Astutik, S., & Royani, S. N. M. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN PENGUASAAN KONSEP IPA TERPADU DAN KEPEDULIAN LINGKUNGAN MAHASISWA MELALUI PENGGUNAAN BAHAN AJAR PENGOLAHAN TEBU SEBAGAI ENERGI TERBARUKAN. Jurnal Kumparan Fisika, 5(1), 15–22. https://doi.org/10.33369/jkf.5.1.15-22

References

  1. Eliyarti E, Rahayu C, Zakirman Z. Penerapan Bahan Ajar Fisika Dengan Variasi Bentuk Tugas Berbasis Web Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Teknik. J Pendidik Fis Undiksha. 2020;10(2):82.
  2. Sari N, Mariyati Y. Peningkatan Pemahaman Konsep Ipa Terpadu Melalui Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw (Jig) Pada Mahasiswa Pgsd. JPIn J Pendidik Indones. 2018;1(2):31–5.
  3. Lestari EP, Nupikso G, Riyani EI. The effect of using online learning materials on student’s achievement of “University X.” Ptjj. 2015;16(1):1–9.
  4. Arends R. Learning to Teach Buku Satu. Terjemahan oleh Helly Prayitno Soetcipto & Sri Mulyantini Soetcipto. Yogyakarta: Pustaka Pelajar;
  5. Slavin RE. Cooperative learning : teori, riset dan praktik / Robert E. Slavin ; penerjemah, Narulita Yusron ; penyunting, Zubaedi. 15th ed. Bandung: Nusamedia; 2015.
  6. Kurniawati ID, Nita S-. Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. DoubleClick J Comput Inf Technol. 2018;1(2):68.
  7. Bektiarso S. STRATEGI PEMBELAJARAN. Yogyakarta: LaksBang PRESSindo Yogyakarta; 2015.
  8. Khanafiyah S, Yulianti D. Model Problem Based Instruction Pada Mengembangkan Sikap Kepedulian Lingkungan. J Pendidik Fis Indones (Indonesian J Phys Educ. 2013;9(1):pp 35-42.
  9. Siahaan KWA, Lumbangaol STP, Marbun J, Nainggolan AD, Ritonga JM, Barus DP. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Multi Representasi terhadap Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep IPA. J Basicedu. 2020;5(1):195–205.
  10. Hamiyati, Nadiroh, Neolaka A. Pengaruh Pengetahuan Pro Environmental Terhadap Perlaku Ramah Lingkungan. Pros Semin Nas Pascasarj Univ Negeri Jakarta. 2020;
  11. Naolaka A. Kesadaran Lingkungan. Jakarta: PT. Rinika Cipta; 2008.
  12. Rahayu WE, Sudarmin. Pengembangan Modul IPA Terpadu Berbasis Etnosains Tema Energi dalam Kehidupan untuk Menanamkan Jiwa Konservasi. Unnes Sci Educ J. 2015;4(2):919–26.
  13. Arikunto S. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta; 2006.
  14. Hake RR. Analyzing Change/Gain Scores. Dept of Physics Indiana University; 1999. 1–4 p.
  15. Suciati. Sikap Sadar Lingkungan Mahasiswa Jurusan Geografi. 2013;17–22.
  16. Pratiwi I, Siahaan SM, Syuhendri S. DIDIK DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS LABORATORIUM VIRTUAL DI MASA PANDEMI COVID-19. 2021;4(3).
  17. Pane MM. Gambaran Perilaku Ramah Lingkungan Mahasiswa Binus Ditinjau dari Tingkat Kesadaran Lingkungan. Humaniora. 2013;4(2):1083.
  18. Nugroho WS, Ismail I, Hariz AR. Korelasi Pengetahuan Mahasiswa Tentang Pemanasan Global Terhadap Perilaku Peduli Lingkungan Sekitar. Al-Hayat J Biol Appl Biol. 2018;1(1):13.
  19. Devi NLPL. Pengembangan bahan ajar IPA terpadu berkarakter peduli lingkungan tema “ konservasi ” berbasis kearifan lokal untuk mahasiswa jurusan Pendidikan IPA. Wahana Mat dan Sains; J Mat Sains, dan Pembelajarannya. 2018;12(1):42–53.
  20. Wahyuni M. IKAP MAHASISWA TERHADAP LINGKUNGAN HIDUP : HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN LINGKUNGAN DAN KESADARAN LINGKUNGAN DENGAN SIKAP MAHASISWA FKIP UISU TERHADAP LINGKUNGAN HIDUP. Universitas Medan; 2005.
  21. Krueger RF, Kling KC. Self-report. Encycl Psychol Vol 7. 2004;220–4.
  22. Millatuzzuhriyah A, Rofiah HQ, Zuhaida A. Analisis Tingkat Kesadaran Lingkungan Pada Mahasiswa Tadris Ipa Dalam Mengaplikasikan Pembelajaran Tentang Paperless Di Iain Salatiga. J Biol Educ. 2020;2(1):65.