Main Article Content

Abstract

ABSTRAK


 


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses siswa dengan menggunakan LKS berbasis inkuiri. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan nonequivalent control-group pre-test post-test design. Subjek penelitian adalah siswa SMA Negeri 2 Kota Bengkulu. Data yang diperoleh dalam penelitian ini terdiri dari data hasil tes awal, data hasil tes akhir, dan data gain standar. Hasil penelitian menunjukkan: a) berdasarkan rata-rata hasil tes awal diperoleh bahwa tidak ada perbedaan keterampilan proses siswa antara kelompok perlakuan dan kelompok kontrol; b) berdasarkan rata-rata hasil tes akhir diperoleh bahwa keterampilan proses siswa kelompok perlakuan lebih besar dari pada kelompok kontrol; c) berdasarkan rata-rata gain standar diperoleh bahwa peningkatan keterampilan proses siswa kelompok perlakuan lebih besar dari pada kelompok kontrol.


 


Kata Kunci: Inkuiri, LKS, keterampilan proses


 


ABSTRACT


 


This study aims to increase sudents’ process skills after using the worksheets based on inquiry. The method of this study was quasy eksperriment with nonequivalent control-group pre-test post-test design. The subject of this study was students of SMA Negeri 2 Bengkulu. The data were oftained by tes awalt, post test, and gain standard. The results showed: a) based on the average tes awalt results showed that there was no difference between the students' process skills perlakuan group and the control group; b) based on the average post-test results showed that the students' process skills perlakuants groups is greater than in the control group; c) based on the average standard gain is obtained that increase students' process skills perlakuants groups is greater than in the control group.


 


Keywords: Inquiry, LKS, process skills

Article Details

How to Cite
Hasmedi, T., Dwandaru, W. S. B., Anjarsari, P., & Defianti, A. (2022). MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SISWA DENGAN MENGGUNAKAN LKS BERBASIS INKUIRI. Jurnal Kumparan Fisika, 5(2), 121–130. https://doi.org/10.33369/jkf.5.2.121-130

References

  1. Akinoglu O. Assessment Of The Inquiry-Based Project Implementation Process In Science Education Upon Students’ Points Of Views. International Journal of Instruction. 2008;1(1).
  2. Subali B, Effendy. S, Raharjo. W, Sudibyo E. Draft: Panduan Pengembangan Model Pembelajaran IPA Terpadu. In: Direktorat Pembinaan SMP – Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah. Depdiknas; 2009.
  3. N.S.E.S. National science education standards. Washington DC: National academic Press; 1996.
  4. Anjarsari P. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Menggunakan Pendekatan Inkuiri untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah Peerta Didik. [Yogyakarta]: Universitas Negeri Yogyakarta; 2012.
  5. McBride JW, Bhatti MI, Hannan MA, Feinberg M. Using an inquiry approach to teach science to secondary school science teachers.[Versi Elektronik. Journals of Physics Education. 2004;39:434–9.
  6. Juhji. Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Pendekatan Inkuiri Terbimbing. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA. 2016;2(1).
  7. Council NR. Inquiry and the National Science Education Standars a Guide for Teaching and Learning [Internet]. Washington DC: The National Academy of Science; 2001. Available from: http://www.nap.edu.
  8. Aras NF, Lestari M, Hidayat A, dkk. Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Inkuiri Terbimbing di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 2021;5(2):943–51.
  9. Carin AA, Sund RB. Teaching modern science. 3th ed. Ohio: A Bell & Howell Company; 1989.
  10. Alam Y. Pengaruh Keterampilan Proses Sains dalam Pembelajaran Fisika pada Matakuliah Termodinamika. Jurnal Riset dan Konseptual, BRILIANT . 2019;4(3):282–8.
  11. Mahmudah IR, Makiyah YS, Sulistyaningsih D. Profil Keterampilan Proses Sains (KPS) Siswa SMA di Kota Bandung. Jurnal Diffraction. 2019;1(1):39–43.
  12. Rahmasiwi A, Santosari S, Sari DP. Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa melalui Model Inkuiri. In: Seminar Nasional XII Pendidikan Biologi. Solo: FKIP UNS; 2015.
  13. Fitriana YK, Utami L. Analisis Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Pada Materi Laju Reaksi Melalui Model Pembelajaran Bounded Inquiry Laboratory. Jurnal Tadris Kimiya. 2019;4, 2:226–36.
  14. Robiatul L, Setiono, Suhendar. Profil Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas VII SMP Pada Materi Ekosistem. BIODIK. 2020;6(4):519–25.
  15. Gasila Y, Fadillah S, Wahyudi. Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa dalam Menyelesaikan Soal IPA di SMP Negeri Kota Pontianak. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika. 2019;6:14–22.
  16. Pemerintah Republik Indonesia. Guru. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia, 74 Indonesia: Kementerian Sekretariat Negara; 2008.
  17. Lepiyanto A. Analisis Keterampilan Proses Sains pada Pembelajaran Berbasis Praktikum. Bioedukasi. 2014;5(2):156–61.
  18. Pemerintah Republik Indonesia. Standar Nasional Pendidikan. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia, 19 Indonesia: Kementerian Sekretariat Negara; 2005.
  19. Azizah SN, Lestari PA, Jayadinata AK, Aeni AN. Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Sifat-Sifat Cahaya Melalui Pembelajaran Inkuiri. Jurnal Pena Ilmiah. 2017;2(1):621–30.
  20. Risky M, Agung AAG, Sudarma IK. Pengembangan LKS Berbasis Inkuiri Terbimbing Mata Pelajaran IPA di SD Negeri 4 Kampung Baru. Jurnal EDUTECH. 2018;6(2):233–44.
  21. The Queensland Studies Authority. The Role of inquiry in senior secondary science. Journal The Queenslan Science Teacher. 2010;36(1):2–8.
  22. Corder G, Slykhuis J. Shifting to an Inquiry-Based Experience Start Small And Experiment Using This Prescriptive Method. Science & Children, NSTA’s peer-reviewed journal for elementary teacher. 2011;48 Number 9:60 – 63.
  23. Darmodjo H, Kaligis JRE. Pendidikan IPA II. Jakarta: Dirjen Dikti; 1993.
  24. Alberta. Focus Inquiry. Canada. Alberta Learning; 2004.
  25. Meltzer DE. The relationship between mathematic preparation and conceptual learning gain in physics: aposssible “hidden variabel” in diagnostic pretest scores. American Journal Physics. 2002;70(12).
  26. Azwar S. Tes Prestasi Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset; 2011.
  27. Afrida J, Adlim, Halim A. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Keterampilan Proses Sains Dan Minat Siswa pada Pembelajaran Fluida Statis di SMA Negeri 11 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. 2015;3(1):93–106.
  28. Anif PAS, Saputra A, Rayana A, Probowati A. Analisis Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas XI IPA SMA Pada Praktikum Biologi. EduSains. 2021;13(1):1–7.