Main Article Content

Abstract

ABSTRAK


 


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan berpikir kreatif dan keterampilan berpikir kritis setelah diterapkan pendekatan konstruktivis menggunakan Model Project Based Learning pada matakuliah Strategi Pembelajan Fisika mahasiswa pendidikan fisika semester III. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari 3 siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari 4 komponen di antaranya; perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa pendidikan fisika FKIP Universitas Bengkulu semester III tahun ajaran 2022/2023 yang terdiri 30 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini meliputi: pengamatan (observasi) dan tes. Analisis penelitian dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif, yaitu untuk mendeskripsikan gambaran terhadap tes dan observasi oleh observer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan keterampilan berpikir kreatif terlihat dari siklus dua ke siklus tiga yakni 16,62 ke 18,84. Peningkatan keterampilan berpikir kritis terlihat dari setiap siklus. Keterampilan berpikir kritis rata-rata pada siklus satu adalah sebesar 2,72, pada siklus dua sebesar 3,352 dan pada siklus tiga sebesar 3,564. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan konstruktivis menggunakan Model Project Based Learning pada matakuliah Strategi Pembelajaran Fisika dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan keterampilan berpikir kritis mahasiswa.


 


Kata Kunci: model project based learning, keterampilan berpikir kreatif, keterampilan berpikir kritis


 


ABSTRACT


 


This study aims to describe the improvement of creative thinking skills and critical thinking skills after applying the Constructivist approach using the Project Based Learning model in the Physics Learning Strategy course for Physics education students in the third semester. This research is class action research (CAR). This study consists of 3 cycles, where each cycle consists of 4 components in the future; planning, action, observation and reflection. The subjects in this study were all physics education students of teacher training and education faculty of University of Bengkulu in the third semester of the 2022/2023 academic year consisting of 30 people. The instruments used to collect data in this study include: observations and tests. The analysis of the study was carried out using descriptive statistics, namely to describe the picture of the test and observation by the observer. The results showed that the increase in creative thinking skills was seen from cycle two to cycle three, namely 16.62 to 18.84. Improvement of critical thinking skills can be seen from each cycle. The average critical thinking skill in cycle one was 2.72, in cycle two was 3.352 and in cycle three was 3.564. Based on the results of this study it can be concluded that the application of a constructivist approach using the Project Based Learning Model in the Physics Learning Strategy course can improve students' creative thinking skills and critical thinking skills.


 


Keywords: Project Based Learning Model, Creative Thinking Skills, Critical Thinking Skills

Article Details

Author Biography

Rosane Medriati, (SCOPUS ID: 57205436218), Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Bengkulu

Rosane Medriati

Profile Google Scholar
How to Cite
Medriati, R., Risdianto, E., & Purwanto, A. (2023). Penerapan Pendekatan Konstruktivis Menggunakan Model Project Based Learning (PjBL) pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Kritis Mahasiswa. Jurnal Kumparan Fisika, 5(3), 193–200. https://doi.org/10.33369/jkf.5.3.193-200

References

  1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Panduan Indikator Kerja Utama Perguruan Tinggi. Jakarta: Direktorat Jendral Perguruan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan; 2020.
  2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi. Jakarta: Direktorat Jendral Perguruan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan; 2020.
  3. Munandar U. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta; 2009.
  4. Antika RN, Nawawi S. The Effect of Project Based Learning Model in Seminar Course to Student’s Creative Thinking Skills. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia. 2017;3(1):72–9.
  5. Hidayah R, Salimi M, Susiani TS. Critical Thinking Skill : Konsep Dan Indikator Penilaian. Jurnal Taman Cendekia. 2017;128.
  6. Costa AL. Developing Minds A Resource Book for Teaching Thinking. In: Revised Edition. Alexandria: Association for Supervision and Curriculum Development; 1991.
  7. Goodman B, Stivers J. Project-Based Learning. Educ Psychol (Lond) [Internet]. 2010;1–8. Available from: http://www.fsmilitary.org/pdf/Project_Based_Learning.pdf.
  8. Sudjana N. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya; 2009.
  9. Sudjana. Metode & Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung: Falah Production; 2001.
  10. Abidin J, Rohaeti EE, Afrilianto M. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Kelas Viii pada Materi Bangun Ruang. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif [Internet]. 2018;1(4):779. Available from: https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p779-784
  11. Anwar MN, Aness M, Khizar A, Naseer M, Muhammad G. Relationship of creative thinking with the academic achievements of secondary school students. International Interdisciplinary Journal of Education. 2012;1(3):1–4.
  12. Gokhale AA. Collaborative Learning Enhances Critical Thinking. Journal of Technology Education [Internet]. 1995 [cited 2023 Jan 17];7(1):22–30. Available from: http://scholar.lib.vt.Edu/enjournals/JTE