Main Article Content

Abstract

ABSTRAK


 


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran fisika berbasis problem based learning yang valid, praktis dan memiliki efek potensial dalam meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik kelas X di SMA Nurul Iman Palembang. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan menggunakan model pengembanag Rowntree yang meliputi tiga tahap yaitu tahap perencanaa, tahap pengembangan dan tahap evaluasi. Pada tahap evaluasi menggunakan evaluasi formatif tessmer yang meliputi self evaluation, expert review, one to one, small group dan field test. Dalam menguji kevalidan tekni pengumpulan data menggunakan walkthrough yang divalidasi oleh tiga validator dengan memperoleh kevalidan rata-rata sebesar 87,9% dengan kategori sangat valid. Tahap one to one memperoleh rata-rata sebesar 84,7% dengan kategori sangat praktis dan pada tahap small group memperoleh rata-rata sebesar 88% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan nilai pretest-posttest peserta didik memperoleh rata-rata N-gain sebesar 0,71 dengan kategori sangat tinggi dan analisis minat belajar peserta didik memperoleh rata-rata sebesar 68,4% dengan kategori tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran fisika berbasis problem based learning valid, praktis dan memiliki efek potensial terhadap minat dan hasil belajar peserta didik.


 


Kata kunci: Modul, problem based learning, minat, hasil belajar


 


ABSTRACT


 


This research is aimed to develop problem-based learning physics modules that are valid, practical and have some potential effects in increasing the interests and students' learning outcomes in X grade SMA Nurul Iman Palembang. Research and development is used in this research using the Rowntree development model which includes three steps named the planning step, the development step, and the evaluation step. In evaluation step the researcher using Tessmer formative evaluation which Includes self evaluation, expert revie, one to one, small group and field test. In testing the validity, The technique for collecting data used walkthrough which was validated by three validators by obtaining an average validity 87,9% with a very valid category. In one to one step obtained an average 84,7 % validity in the very practical category and the small group step obtained an average 88% validity in very practical category. Based on the pretest- post test scores,  students obtained an average N-gain of 0,71 in the very high category and the analysis of students interests obtained an average 68,4% in high category. So that it can be concluded that problem based learning physics module is valid, practical and has a potential effect in students l' interests and learning outcomes.


 


Keywords: Modules, problem based learning, interest, learning outcomes

Article Details

How to Cite
Amaliyah, R., Hakim, L., & Lefudin, L. (2023). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA. Jurnal Kumparan Fisika, 6(1), 65–74. https://doi.org/10.33369/jkf.6.1.65-74

References

  1. Rusman. Belajar & Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana; 2017. 84 p.
  2. Lefudin. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Cv. Budi Utama; 2014. 13 p.
  3. Supatminingsih T, Hasan M, Sudirman. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Media Sains Indonesia; 2020. 16 p.
  4. Anggraeni I, Faizah F, Septian D. Pengembangan modul fisika berbasis inkuiri terbimbing materi fluida dinamis. J Pendidik Fis Dan Sains (JPFS. 2019;2(2):86–96.
  5. Wardhany RPK. Media Video Kejadian Fisika dalam Pembelajaran Fisika di SMA. J Pembelajaran Fis. 2014;
  6. Hurlock EB. Perkembangan Anak. Jakarta: PT. Erlangga; 1978.
  7. Setyo AA, Fathurahman M, Anwar Z. Strategi Pembelajaran Problem Based Learning. Makassar: Yayasan Barcode; 2020.
  8. Novriani S, Hakim L, Lefudin. Development of Android-Based Momentum and Impulse E-LKPD To Improve Student ’ s Concept Understanding Pengembangan E-LKPD Materi Momentum dan Impuls Berbasis. J Phenom. 2021;11(1):29–44.
  9. Hamdi cut KR. Analisis Minat Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran Fisika Di Sma Negeri 1 Sakti. J Sains Ris. 2020;9(3):68–79.
  10. Kosasih. Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara; 2021. 18 p.
  11. Hotimah H. Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. J Edukasi. 2020;7(3):5.
  12. Dewi H. Penerapan Metode Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Ketuntasan Belajar Fisika Berbantuan Evaluasi Quizizz Di Sekolah Bersistem Kredit Semester. JMP Online. 2019;3(10):1298–313.
  13. Maryam E, Nana. Penerapan Problem Based Learning Berbantuan Virtual Lab Phet pada Pembelajaran Fisika Guna Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMA : Literature Review. J Pendidik Fis Tadulako. 2020;8(1):87–92.
  14. Wakiah WN, Ruhiat Y, Utami IS. Pengembangan E-Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Usaha dan Energi untuk Siswa SMA Kelas X. Pros Semin Nas Pendidik Fis Untirta. 2019;2(1):131–6.
  15. Sugiyono. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta; 2017. 297 p.
  16. Wulandari S, Siahaan SM. Pengembangan Modul Ipa Terpadu Materi Listrik Dinamis Berbasis Keterampilan Proses Sains Dasar. J Inov Dan Pembelajaran Fis. 2017;4(2):190–7.
  17. Akbar RM, Nuriman, Agustiningsih. Peningkatan Minat dan Hasil Belajar IPA Pokok Bahasan Energi Panas dan Bunyi Melalui Penerapan Metode Eksperimen pada Siswa Kelas IV B MI Muhammadiyah Sidorejo Tahun Pelajaran 2013 / 2014 ( Increased interest and learning outcomes on basic science subject. Artik Ilm Mhs. 2014;1(1):1–5.
  18. Alma W, Putri S, Hakim L, Sulistyowati R. Pengembangan E-Lkpd Materi Efek Doppler Berbasis Inkuiri Terbimbing Berbantuan Aplikasi Phyphox Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika. ORBITA J Kajian, Inov dan Apl Pendidik Fis. 2022;8(1):15–20.
  19. Butar YB, Panggabean DD. Pengembangan E-Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning (Pbl) Pada Materi Hukum Newton Gerak Kelas X di SMA Negeri 1 Besitang. J Inov Pembelajaran Fis. 2022;10(2):84–91.
  20. KHUSNA A. Penerapan Metode Pembelajaran Take and Give Dalam Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Keaktifan Siswa Xii Ipa1 Man 4 Madiun. Sci J Inov Pendidik Mat dan IPA. 2021;1(1):68–75.
  21. Rusli M, Antonius L. Meningkatkan Kognitif Siswa SMAN I Jambi Melalui Modul Berbasis E-Book Kvisoft Flipbook Maker. J Sist Komput dan Inform. 2019;1(1):59.
  22. Hasanah TAN, Huda C, Kurniawati M. Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Gelombang Bunyi Untuk Siswa SMA Kelas XII. Momentum Physisc Educ J. 2017;11. Hasana(1):56–65.
  23. Melinia S, Lubis PH., Sulistiawati S. Pengembangan LKPD Berbasis Discovery Learning Berbantuan Software Tracker Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas X di SMA Sriguna Palembang Pada Materi GHS. J Pendidik Fis dan Teknol. 2021;7(2):80–6.
  24. Maulida SI, Prihandono T, Maryani. Pengembangan modul fisika gelombang bunyi berbasis react untuk kelas xi ipa. J Pembelajaran Fis. 2019;8(3):174–80.
  25. Handayani U. Pengembangan Modul Fisika Berbasis Problem Based (pbl) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi usaha dan energi di sma/ma. 2016;
  26. Lawut SY, Kurniawati M, Pratiwi HY. Pengembangan Modul Ipa Fisika Berbasis Pbl Pada Pokok Bahasan Gerak Lurus Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. RAINSTEK J Terap Sains Teknol. 2019;1(4):73–9.
  27. Hadiya I, Halim A, Adlim A. Pengembangan Modul Pembelajaran Suhu Dan Kalor Berbasis Masalah Untuk Sma Dalam Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa. J Pendidik Sains Indones. 2015;3(1):81–92.
  28. Rerung N, Sinon IL., Widyaningsih SW. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMA pada Materi Usaha dan Energi. J Ilm Pendidik Fis Al-Biruni. 2017;6(1):47–55.
  29. Setiya Rini EF, Fitriani R, Matondang MM, Yolviansyah F, Putri ND, Agatha FL, et al. Pengaruh Karakter Kerja Keras Terhadap Hasil Belajar Fisika Di SMA Negeri 1 Kota Jambi. PENDIPA J Sci Educ. 2021;5(2):256–61.
  30. Refdinal, Niki P. Jurusan Teknik Permesinan Pada Mata Diklat Gambar Teknik Di Smk Negeri 1 Padang. Ranah Res. 2019;1(4):805–11.