Main Article Content

Abstract

ABSTRAK


 


Implementasi teknologi dalam pendidikan telah banyak direalisasikan sesuai dengan PermendikbudRistek No.16 Tahun 2022 tentang standar proses yaitu penggunaan perangkat teknologi untuk memberi pengalaman belajar yang berkualitas demi tercapainya tujuan belajar. Namun, pada kenyataannya penerapan teknologi belum dimanfaatkan dengan optimal. Oleh karena itu, peneliti berupaya untuk memberikan solusi dengan mengembangkan e-modul interaktif berbasis model pembelajaran POE2WE menggunakan flipbook maker pada materi gelombang bunyi dan cahaya. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Namun, dalam penelitian ini hanya dilakukan sampai dengan tahap Develop karena penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat validitas dan kepraktisan e-modul saja. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran fisika dan peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Manonjaya. Penelitian ini menghasilkan produk e-modul dalam bentuk link dengan nilai validasi 0,89 pada aspek materi dan 0,84 pada aspek media sehingga memenuhi kategori sangat valid. Hasil uji kepraktisan oleh guru memperoleh nilai 88,89% dengan kategori sangat praktis dan hasil uji kepraktisan oleh peserta didik memperoleh nilai 83,33% dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian, e-modul yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran.


 


Kata  kunci: E-Modul Interaktif, Flipbook Maker, Gelombang Bunyi dan Cahaya, Model Pembelajaran POE2WE.


 


ABSTRACT


 


The implementation of technology in education has been realized following PermendikbudRistek No. 16 of 2022 concerning process standards, namely the use of technological devices to provide quality learning experiences to achieve learning goals. However, in reality, the application of technology has not been utilized optimally. Therefore, researchers are trying to provide a solution by developing an interactive e-module based on the POE2WE learning model using a flipbook maker on sound and light waves. The research method used is Research and Development (R&D) with a 4-D development model (Define, Design, Develop, and Disseminate). However, this study was only carried out up to the development stage because this study aimed to describe the level of validity and practicality of the e-module only. The subjects of this study were physics teachers and students of class XI MIPA at SMA Negeri 1 Manonjaya. This research produces an e-module product in the form of a link with a validation value of 0.89 on the material aspect and 0.84 on the media aspect so that it meets the very valid category. The results of the practicality test by the teacher obtained a score of 88.89% in the very practical category and the results of the practicality test by students obtained a value of 83.33% in the very practical category. Thus, the developed e-module meets the criteria of being very valid and practical for use in learning.


 


Keywords: Flipbook Maker, Interactive E-Module, POE2WE Learning Model, Sound and Light Waves

Keywords

Flipbook Maker Interactive E-Module POE2WE Learning Model Sound and Light Waves

Article Details

How to Cite
Nurmilah, N., Nana, & Sulistyaningsih, D. (2023). PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN POE2WE MENGGUNAKAN FLIPBOOK MAKER PADA MATERI GELOMBANG BUNYI DAN CAHAYA. Jurnal Kumparan Fisika, 6(2), 107–118. https://doi.org/10.33369/jkf.6.2.107-118

References

  1. Azis TN. Strategi Pembelajaran Era Digital. In: The Annual Conference On Islamic Educations and Social Science. Bogor; 2019. p. 308–18.
  2. Lestari S. Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. EDURELIGIA; JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. 2018 Aug 10;2(2):94–100.
  3. Maritsa A, Hanifah Salsabila U, Wafiq M, Rahma Anindya P, Azhar Ma’shum M. Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan. 2021 Dec 26;18(2):91–100.
  4. Hasan M, Milawati, Darodjat, Harahap TK, Tahrim T, Anwari AM, et al. Media Pembelajaran. Fatma Sukmawati. Klaten: Tahta Media Grup; 2021.
  5. Oksa S, Soenarto S. Pengembangan E-Modul Berbasis Proyek untuk Memotivasi Belajar Siswa Sekolah Kejuruan. Jurnal Kependidikan Penelitian Inovasi Pembelajaran. 2020;4(1):99–111.
  6. Yolanda R, Basri W. Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Flip PDF Pro Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Untuk Madrasah Aliyah. Jurnal Kronologi. 2021;3(2):125–36.
  7. Chen D, Wulandari M, Fitriani R. Analisis Kebutuhan Mahasiswa Terhadap Penggunaan E-Modul Integral Lipat Mata Kuliah Fisika Matematika I. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi. 2011 Jun;15(1):32–9.
  8. Malina I, Yuliani H, Syar NI. Analisis Kebutuhan E-Modul Fisika sebagai Bahan Ajar Berbasis PBL di MA Muslimat NU. SILAMPARI JURNAL PENDIDIKAN ILMU FISIKA. 2021 Jun 19;3(1):70–80.
  9. Sholikah KA, Purwandari, Yusro AC. Analisis Permasalahan Belajar Siswa SMAN 4 Kota Madiun pada Materi Alat Optik. In: Seminar Nasional Pendidikan Fisika VII. Madiun: Universitas PGRI Madiun; 2022. p. 1–6.
  10. Purwandari, Yusro AC, Purwito A. Modul Fisika Berbasis Augmented Reality Sebagai Alternatif Sumber Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika . 2021;5(1):38–46.
  11. Sari DAP, Hidayat M, Kurniawan W. Pengembangan Modul Elektronik Fisika Berbasis Pendekatan Saintifik Materi Getaran Harmonis Menggunakan Kvisoft Flipbook Maker. EduFisika. 2019 Jun;4(1):79–91.
  12. Nana, Surahman E. Pengembangan Inovasi Pembelajaran Digital Menggunakan Model Blended POE2WE di Era Revolusi Industri 4.0. In: Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya). Surakarta: Universitas Sebelas Maret; 2019. p. 82–90.
  13. Diani R, Hartati NS. Flipbook Berbasis Literasi Islam: Pengembangan Media Pembelajaran Fisika dengan 3D Pageflip Professional. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. 2018;4(2):234–44.
  14. Retnawati H. Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Parama Publishing; 2016.
  15. Jannah, Kaspul, Nurul Hidayati Utami. Kepraktisan Modul Elektronik Menggunakan Aplikasi Sigil Berorientasi Pendekatan Saintifik Materi Perubahan Lingkungan Kelas X Jenjang Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Sains dan Teknologi . 2022 Sep;7(3):155–60.
  16. Direktorat Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional. Penulisan Modul. 2008.
  17. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Panduan Praktis Penyusunan E-Modul. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA, Direktorat Jenderal Pendidikan dasar dan Menengah; 2017.
  18. Surjono HD. Multimedia Pembelajaran Interaktif. 1st ed. Yogyakarta: UNY Press; 2017. 95.
  19. Erawati NK, Purwati NKR, Saraswati IDAPD. Pengembangan E-Modul Logika Matematika dengan Heyzine untuk Menunjang Pembelajaran di SMK. JPM (Jurnal Pendidikan Matematika). 2022;8(2):71–80.
  20. Nana. Efektivitas Model POE2WE dalam Penyampaian Materi Metode Ilmiah Guna Meningkatkan Hasil Belajar dan Minat Belajar Siswa. In: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika FITK UNSIQ . Wonosobo : Universitas Sains Al-Qur’an; 2020. p. 233–41.
  21. Khamidah N, Winarto, Mustikasari VR. Discovery Learning : Penerapan dalam Pembelajaran IPA Berbantuan Bahan Ajar Digital Interaktif untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran). 2019 Apr;3(1):87–99.
  22. Kristanto A. Media Pembelajaran. Surabaya: Penerbit Bintang; 2016.
  23. Amanullah MA. Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital Guna Menunjang Proses Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0. In: Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran. Universitas Muhammadiyah Ponorogo; 2020. p. 37–44.
  24. Herawati NS, Muhtadi A. Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Interaktif Pada Mata Pelajaran Kimia Kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. 2018 Oct;5(2):180–91.