Main Article Content

Abstract

ABSTRAK


 


Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar peserta didik pada materi gelombang cahaya antara yang menggunakan media E-learning LMS MOODLE dan Edmodo. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group dan teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling. Dalam penelitian ini, terdapat 2 sampel yaitu XI-MIPA 1 (kelas eksperimen 1) dan XI-MIPA 2 (kelas eksperimen 2). Instrumen yang digunakan yaitu tes objektif (soal pilihan ganda) dan nontes (lembar observasi).  Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan statistik parametrik uji T, diperoleh nilai signifikasi (0,001)  0,05. Hasil ini memberikan informasi bahwa terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik pada materi gelombang cahaya antara yang menggunakan media e-learning LMS MOODLE dan Edmodo. Selain itu, hasil observasi menunjukkan kelas yang menggunakan media e-learning LMS MOODLE terkategori lebih baik dibandingkan kelas yang menggunakan media e-learnig Edmodo untuk setiap indikator observasi (visual, productivity, communication dan evaluation).


 


Kata  kunci: E-learning, LMS MOODLE, Edmodo, Hasil Belajar Peserta Didik.


 


ABSTRACT


 


This research is intended to determine the comparison of student physics learning outcomes between those using E-learning media LMS MOODLE and Edmodo.  The research method used was quasi-experimental with nonequivalent control group design and the sampling technique was simple random sampling.  In this study there were two samples, namely XI-MIPA 1 as the experimental class 1 and XI-MIPA 2 as the experimental class 2. The instruments used were objective tests (multiple choice questions) and non-test (observation sheets). Based on statistical calculation of posttest by using parametric statistical T test showed tha significant score 2-tailed (0,001)  0,05. It means that there are differences in student physics learning outcomes between those using E-Learning media LMS MOODLE and Edmodo. Besides that, Observations results showed that classes using e-learning media LMS MOODLE were in a better category than classes using e-learning media Edmodo for each observation indicator (visual, productivity, communication and evaluation).


 


Keywords:  E-learning, LMS MOODLE, Edmodo, student  physics learning outcomes

Keywords

E-learning LMS MOODLE Edmodo student physics learning outcomes

Article Details

How to Cite
Khoiriyah, S., & Hertanti, E. (2023). PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI GELOMBANG CAHAYA ANTARA YANG MENGGUNAKAN MEDIA E-LEARNING LMS MOODLE DAN EDMODO. Jurnal Kumparan Fisika, 6(3), 157–166. https://doi.org/10.33369/jkf.6.3.157-166

References

  1. Tanwir FA. Dampak Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis ICT Terhadap Hasil Belajar PAI Peserta Didik Pada SMK Negeri 1 Kota Parepare. Jurnal Studi Pendidikan. 2018;16(1):12–3.
  2. Ernalida, Lidyawati Y, Ansori, Gafur A, Hikmah N, Utami R. Powtoon: Media Pembelajaran berbasis Teknologi Informasi sebagai Upaya dalam Menciptakan Pembelajaran yang Menarik dan Kreatif. Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran. 2018;5(2):133.
  3. Hamid MA, Ramadhani R, Juliana M, Safitri M, Jamaludin MM, Simarmata J. Media Pembelajaran [Internet]. Medan: Yayasan Kita Menulis. 2020
  4. Bahri A, Hidayat W, Muntaha AQ. Penggunaan Media Berbasis AutoPlay Media Studio 8 untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa: Sebuah Inovasi Media Pembelajaran Proceeding Biology Education Conference. 2018;15(1):394–5.
  5. D. M. Anggraeni, F. B. Sole. E-Learning Moodle, Media Pembelajaran Fisika Abad 21 . Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan. 2018;1(2):57–8.
  6. Prasojo L. Teknologi Informasi Pendidikan [Internet]. Yogyakarta: Gava Media. 2011
  7. Musa K. Pengaruh Penggunaan Media E-Learning Berbasis Moodle dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Prakarya Dan Kewirausahaan. Jurnal Akademia Teknologi Pendidikan. 2019;8(1):3.
  8. Anggraeni DM, Susilawati S, Gunawan G. Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Moodle Terhadap Peningkatan Kemampuan Generik Sains Siswa SMK. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA. 2015;1(1):136-36.
  9. Herayanti L, Fuadunnazmi M, Habibi D. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Moodle Pada Matakuliah Fisika Dasar. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 2017;1(3):205.
  10. Nugroho EF. Free Open Source LMS Terbaik. In 2020 [cited 2020 Oct 3]. p. 1. Available from: https://bpptik.kominfo.go.id/2015/03/10/857/12-free-open-source-learning-management-system-lms-terbaik/
  11. Surjono HD. Membangun Course E Membangun Course E--Learning Learning Berbasis Moodle. 2013.
  12. Wicaksana EJ APLW. Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Moodle Terhadap Motivasi dan Minat Belajar Peserta Didik di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran. 2020;1(2):119.
  13. Kurniawati R, Djuniadi. Pengembangan Media Blended Learning Berbasis Edmodo di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies. 2015;3(1):16–24.
  14. Tegowati EABC. E-Learning Berbasis Schoology dan Edmodo: ditinjau dari Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMK. Jurnal Elinvo (Electronic Information and Vocational Education). 2017;2(1):50.
  15. Ekayati R. Implementasi Metode Blended Learning Berbasis Aplikasi Edmodo. Jurnal EduTech. 2018;4(2):52.
  16. Wahyuni ASA. Konsepsi dan Miskonsepsi Siswa, Mahasiswa Calon Guru, dan Guru pada Topik Cahaya dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika. 2018;6(3):28–9.
  17. Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2016.
  18. Gamage SHPW, Ayres JR, Behrend MB, Smith EJ. Optimising Moodle quizzes for online assessments. Int J STEM Educ. 2019 Dec 1;6(1).
  19. Fitriyani D, Jalmo T, Yolida Pendidikan Biologi B, Lampung U, Soemantri Brodjonegoro No J. Penggunaan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Dan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Bioterdidik. 2019;7(3):84.
  20. Siwi F, Puspaningtyas ND. Penerapan Media Pembembelajaran Kognitif Dalam Materi Persamaan Garis Lurus Menggunakan Video di Era 4.0. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik. 2020;1(1):7–10.
  21. Zainudin Z, Pambudi B. Developing Critical Thinking Skills-Based Learning Set of Basic Physics Subject Using Edmodo in Android Platform. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 2019;15(1):14–23.
  22. Pratiwi NA, Yunginger R, Uloli R, Arbie A, Paramata DD, Payu C. Pengaruh Integrasi Virtual Laboratorium Fisika Berbasis Simulasi PhET dengan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Ranah Kognitif C3 dan C5. Jurnal Pendidikan Fisika. 2022;11(1):16.
  23. Anwari AM. Media Pembelajaran. CV Tahta Media Grup. 2021.
  24. Yusuf BB. Konsep dan Indikator Pembelajaran Efektif. Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan. 2018;1(2):18.
  25. Widianto E, Anisnai’l Husna A, Sasami AN, Rizkia EF, Dewi FK, Aura S, et al. Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Journal of Education and Teaching. 2021;2(2):222.