Main Article Content

Abstract

ABSTRAK


 


Studi literatur menunjukkan bahwa terdapat konsep fisika dalam permainan tradisional yang dapat diintegrasikan ke dalam pembelajaran fisika. Konsep-konsep ini dieksplorasi melalui penelitian deskriptif dan eksperimental. Penelitian ini mengeksplorasi dan menganalisis konsep-konsep fisika pada permainan rakyat Bengkulu berbantuan software Tracker khususnya pada permainan ‘Lompek Kodok’. Lompek Kodok adalah permainan yang dimainkan dengan cara melempar pecahan keramik kemudian melompat dengan satu kaki pada kotak yang telah digambar di tanah. Permainan ini mirip dengan permainan ‘Engklek’ di Pulau Jawa. Dibantu dengan software Tracker, dapat diketahui kecepatan minimal melempar agar pecahan keramik masuk ke setiap kotak. Permainan 'Lompek Kodok' dapat digunakan dalam pembelajaran fisika khususnya gerak parabola. Guru dapat merancang lembar kerja peserta didik dengan melakukan kegiatan penyelidikan ilmiah, merekam kegiatan tersebut, dan menganalisisnya menggunakan perangkat lunak Tracker.


 


Kata  kunci—Konsep Fisika, Permainan Lompek Kodok, Tracker, Bahan Ajar Fisika


 


ABSTRACT


 


Literature studies show that there are physics concepts in traditional games that can be integrated into physics learning. These concepts are explored through descriptive and experimental research. This research will explore and analyze physics concepts in Bengkulu folk games assisted by video tracker software, especially in game ‘Lompek Kodok’. Lompek Kodok is a game played by throwing ceramic shards and then jumping with one foot on a square that has been drawn on the ground. This game is similar to game ‘Engklek’ in Java. Assisted by Tracker software, minimum throwing speed can be found out so that ceramic shards enter each square. The game 'Lompek Kodok' can be used in physics lessons, especially projectile motion. Teachers can design student worksheets by carrying out scientific investigation activities, recording these activities, and analyzing them using a video tracker software.


 


Keywords—Physics Concept, Game of Lompek Kodok, Tracker, Physics Teaching Material

Keywords

Physics Concept Game of Lompek Kodok Tracker Physics Teaching Material

Article Details

How to Cite
Defianti, A., Syarkowi, A., & Heriansyah, H. (2024). ANALYSIS OF PHYSICS CONCEPTS IN FOLK GAME ‘LOMPEK KODOK’ ASSISTED BY VIDEO TRACKER SOFTWARE AS PHYSICS TEACHING MATERIAL. Jurnal Kumparan Fisika, 6(3), 195–202. https://doi.org/10.33369/jkf.6.3.195-202

References

  1. Rumiati R, Handayani RD, Mahardika IK. Analisis Konsep Fisika Energi Mekanik pada Permainan Tradisional Egrang sebagai Bahan Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika. 2021 Sep 27;9(2):131–46.
  2. Astuti IA, Bhakti YB. Analisis Konsep Fisika pada Permainan Tradisional Gasing sebagai Bahan Ajar Fisika. Navigation Physics. 2021;3(2):74–9.
  3. Nurmasyitah N, Virnalita V, Lubis NA. Kajian Etnofisika Konsep Gerak Parabola pada Permainan Tradisional Aceh “Geulengkue Teu Peu Poe.” Jurnal Pendidikan Fisika. 2022 Sep 30;10(2):245.
  4. Matsun M, Sari IN, Boisandi B. Pengembangan Bahan Ajar Fisika pada Materi Pengukuran Berbasis Kearifan Lokal Kalimantan Barat. Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika. 2020 Oct 30;7(2):59–65.
  5. Makhmudah NL, Subiki, Supeno. Pengembangan Modul Fisika Berbasis Kearifan Lokal Permainan Tradisional Kalimantan Tengah pada Materi Momentum dan Impuls. Jurnal Pembelajaran Fisika. 2019;8(3):181–6.
  6. Asrizal A, Yohandri Y, Kamus Z. Studi Hasil Pelatihan Analisis Video dan Tool Pemodelan Tracker pada Guru MGMP Fisika Kabupaten Agam. JURNAL EKSAKTA PENDIDIKAN (JEP). 2018 May 24;2(1):41–8.
  7. Ristiawan A. ANALISIS GERAK JATUH BEBAS DENGAN METODE VIDEO BASED LABORATORY (VBL) MENGGUNAKAN SOFTWARE TRACKER. JoTaLP: Journal of Teaching and Learning Physics. 2018;3(2):26–30.
  8. Arjana IG, Risha N, Sitompul LU, Sembiring S. Pemanfaatan Aplikasi Tracker dalam Mengembangkan Kegiatan Praktikum Fisika bagi Siswa dan Guru Kelas X di SMAN 1 Seririt. In: Proceeding Senadimas Undiksha . 2022. p. 363–9.
  9. Fadholi L, Harijanto A, Lesmono AD. Analisis Video Kejadian Fisika dengan Software Tracker sebagai Rancangan Bahan Ajar Momentum dan Impuls untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa SMA Kelas X. Jurnal Pembelajaran Fisika. 2018;7(3):263–70.
  10. Handayani ID, Ahmad F, Diah AP. Efektivitas Tracker Video Analysis dalam Praktikum Fisika untuk Menentukan Percepatan Gravitasi. Orbita. 2022;8(2):328–32.
  11. Tim Proyek Inventarisasi dan Dokumentasi Kebudayaan Daerah. Permainan Rakyat Daerah Bengkulu. Jakarta: Direktorat Jendral Kebudayaan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan; 1984. 1–86 p.
  12. Fuad Z, Misbah, Hartini S, Zainuddin. Identifikasi Kearifan Lokal Kalimantan Selatan sebagai Sumber Belajar Fisika Kelas X. In: Seminar Nasional Pendidikan. 2018. p. 158–69.
  13. Rizki IA, Suprapto N, Admoko S. Exploration of physics concepts with traditional engklek (hopscotch) game: Is it potential in physics ethno-STEM learning? Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni. 2022 Apr 30;11(1):19–33.
  14. Sari EPDN, Amiruddin MZ Bin, Admoko S, Suprapto N, Suliyanah S. Exploration Concept of Physics on Local Wisdom in Traditional Game Angkle (Engklek) as Student Teaching Material. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika. 2023 Feb 28;11(1):40–50.
  15. Isnaniah N, Masniah. Pembelajaran Fisika Berbasis Etno-STEM melalui Permainan Tradisional Kalimantan Selatan. Al Kawnu: Science and Local Wisdom Journal. 2022;2(1):116–21.