Main Article Content

Abstract

ABSTRAK


 


Keterampilan proses sains (KPS) sangat penting bagi siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran Fisika yang dituangkan dalam kurikulum terbaru. Hasil survei PISA tahun 2022 menunjukkan bahwa siswa Indonesia rata-rata memperoleh nilai 383 poin pada bidang sains, turun 13 poin dari PISA 2018. Hal ini memerlukan penggunaan model pembelajaran efektif yang dapat meningkatkan KPS siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan model pembelajaran Predict-Observe-Explain berbantuan simulasi PhET terhadap KPS siswa pada materi getaran harmonik sederhana. Penelitian ini melibatkan 37 siswa SMA di Kabupaten Bandung dan menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian one-group pretest-posttest. Pengumpulan data menggunakan tes keterampilan proses sains yang dianalisis menggunakan uji normalitas gain serta angket respon siswa yang akan dianlisis menggunakan dengan menggambarkan secara deskriptif berupa persentasi pada setiap respon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran POE memberikan pengaruh yang signifikan. Uji-t sampel berpasangan menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,001, lebih kecil dari taraf signifikansi alfa 0,05. Selain itu, nilai N-Gain ditetapkan sebesar 0,55 termasuk dalam kategori sedang. Pembelajaran mendapatkan respon positif dari siswa bahwa Model POE berbantuan simulasi PhET dapat melatihkan KPS dan membantu memahami materi getaran harmonik sederhana. Kesimpulannya, penggunaan model pembelajaran POE bersamaan dengan simulasi PhET untuk pembelajaran getaran harmonik sederhana memberikan pengaruh dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa.


 


Kata  kunci—Predict-Observe-Explain, Simulasi PhET, Keterampilan Proses Sains


 


ABSTRACT


 


Science process skills are essential for students to achieve the Physics learning objectives outlined in the latest curriculum. The 2022 PISA survey results revealed that Indonesian students scored an average of 383 points in the science sector, indicating a 13-point decrease from PISA 2018. This requires the use of effective learning models that can enhance students' science process skills. This research aims to assess the impact of utilizing the predict-observe-explain learning model assisted by PhET simulation on students' science process skills in the context of simple harmonic vibration lessons. The study involved 37 students from a high school in Bandung Regency and employed a quantitative method with a one-group pretest-posttest research design. Data collection used science process skills tests and student response questionnaires. The research results indicate that using the POE learning model has a significant impact. The paired sample t-test yielded a significance value of 0.001, which is less than the significance level 0.05. Additionally, the N-Gain value was determined to be 0.55, falling into the medium category. The lesson received a positive response or agreement from students that the POE model assisted by PhET simulation can train KPS and help understand simple harmonic vibration lessons. In conclusion, utilizing the POE learning model in conjunction with PhET simulations for teaching simple harmonic vibrations is an influence in enhancing students' science process skills.


 


Keywords— Predict-Observe-Explain, PhET simulation, Science process skills

Keywords

Predict-Observe-Explain Simulasi PhET Keterampilan Proses Sains

Article Details

How to Cite
Gustiani, W. T., Saepuzaman, D., & Novia, H. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain Berbantuan Simulasi PhET terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Getaran Harmonik Sederhana. Jurnal Kumparan Fisika, 7(2), 57–66. https://doi.org/10.33369/jkf.7.2.57-66

References

  1. Harianto R. Pengembangan Modul Dinamika Gerak Berbasis Gambar Proses Untuk Menanamkan Pemahaman Konsep dan Kemandirian Belajar Pada Siswa SMA. 2018 Nov 14 [cited 2024 Jul 3]; Available from: https://repository.unej.ac.id/handle/123456789/88007
  2. Kemendikbudristek BSKAP. Salinan Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 008/H/KR/2022 Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini Jenjang Pendidikan Dasar dan Jenjang Pendid. Kemendikbudristek. 2022. 205–220 p.
  3. Fauziah FM. Systematic Literature Review: Bagaimanakah Pembelajaran IPA Berbasis Keterampilan Proses Sains yang Efektif Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis? J Pendidik MIPA [Internet]. 2022 Sep 1 [cited 2024 Jan 3];12(3):455–63. Available from: https://www.ejournal.tsb.ac.id/index.php/jpm/article/view/627/389
  4. OECD. Equity in education in PISA 2022 [Internet]. Vol. 1, PISA 2022 Results (Volume I): The State of Learning and Equity in education. 2023. 109–151 p. Available from: https://www.oecd-ilibrary.org/education/pisa-2022-results-volume-i_03c74bdd-en
  5. Wuryanto H, Abduh M. Direktorat Guru Pendidikan Dasar. 2022 [cited 2024 Jan 3]. Mengkaji Kembali Hasil PISA sebagai Pendekatan Inovasi Pembelajaran untuk Peningkatan Kompetensi Literasi dan Numerasi. Available from: https://gurudikdas.kemdikbud.go.id/news/mengkaji-kembali-hasil-pisa-sebagai-pendekatan-inovasi-pembelajaran--untuk-peningkatan-kompetensi-li
  6. Fitriani I. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Getaran Harmonik di SMA Negeri 1 Driyorejo. IPF Inov Pendidik Fis [Internet]. 2020 Jan 14 [cited 2024 Jan 4];9(1). Available from: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/31659
  7. Rozana T, Jufrida, Basuki FR. Penerapan Model Pembelajaran POE Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Kelas XI SMAN 11 Jambi. Edufisika J Pendidik Fis [Internet]. 2018 [cited 2024 Feb 4];3(02):66–80. Available from: https://mail.online-journal.unja.ac.id/EDP/article/view/4541
  8. Fujiastuti S. Upaya Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Menggunakan Model Inkuiri Terbimbing Pada Materi Getaran Harmonis Kelas X MIPA 4 SMA NEGERI 4 Banjarmasin. LENTERA J Ilm Kependidikan. 2019;14(2):158–65.
  9. Nana N. Penerapan Eksperimen Virtual Phet Terhadap Model Pembelajaran Poe2We Pada Tumbukan Untuk Melatih Keterampilan Proses Sains. J Inov dan Pembelajaran Fis [Internet]. 2020;7(1):17–27. Available from: https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jipf/article/view/10912/pdf
  10. Yennita Y, Nor M. Penerapan Model Pembelajaran POE Berbantukan Simulasi PHET Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Getaran, Gelombang, dan Bunyi. SPEKTRA J Kaji Pendidik Sains [Internet]. 2023 [cited 2024 Jan 5];9(1):44–51. Available from: https://spektra.unsiq.ac.id/index.php/spek/article/view/299
  11. Nurmilani E. Penerapan Model POE (Predict-Observe-Explain) Berbantu PhET Simulation Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. 2022 [cited 2024 Feb 4]; Available from: http://repository.upi.edu/86603/
  12. Puspaningrum DA, Pujianto P. Pengembangan LKPD Berbantuan PhET Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep Fisika. J Pendidik Fis [Internet]. 2022 [cited 2024 Feb 7];9(2):66–84. Available from: https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pfisika/article/view/18356
  13. Creswell JW, Creswell JD. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Research Defign: Qualitative, Quantitative, and Mixed M ethods Approaches. 2018. pg 418.
  14. Nuryadi, Astuti TD, Utami ES, Budiantara M. Dasar-Dasar Statistik Penelitian [Internet]. 1st ed. Yogyakarta: SIBUKU MEDIA; 2017. Available from: www.sibuku.com
  15. Hake, R. R. Analyzing Change/Gain Scores. AREA-D Am Educ. 1999;16(7):1073–1080.
  16. Hairina DE, Widiyowati II, Erika F. Respon siswa terhadap penerapan model inquiry based learninginquiry based learning berbasis STEAM. Pros Semin Nas Kim dan Pendidik Kim [Internet]. 2021;4:14–8. Available from: https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/kpk/article/view/840
  17. Sutrisno H. Analisis Butir untuk Instrumen Angket,Tes dan Skala Nilai Dengan BASICA [Internet]. Andi offset ; 1991. Available from: https://ugm.summon.serialssolutions.com/2.0.0/link/0/eLvHCXMwjV07T8MwELaqsrCBAPGWFzK1IYlDSoYOfVDoUITUDMASObYTrDRpRZKhE3-dOwchxFTJg8-yzpYfd-c7-zMhzLOd_j-ZwJNQSocl0mUqTe9ckaaOq0TgJ4IF3PwN8_bCFu_sNfIXHfL1G0DdNJVd6YKbr6OarMBWYJakzhB-9tZAChociWItDVhB3F69tCp0AA
  18. Habiby WN. Statistika Pendidikan [Internet]. Surakarta: Muhammadiyah University Press; 2017. 29 p. Available from: https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=ubVVDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA19&dq=Pengantar+Statistik+Pendidikan&ots=likTkY4JZr&sig=wjqatEHAGmOkgX9kD-Pywv9mHdU&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false
  19. Sutisna I. Statistika penelitian. Stat Penelit Tek Anal DATA Penelit KUANTITATIF [Internet]. 2020;1(1):1–15. Available from: https://repository.ung.ac.id/karyailmiah/show/4610/teknik-analisis-data-penelitian-kuantitati.html
  20. Sugiyono D. Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta Bandung; 2016.
  21. Algiranto, Sarwanto, Marzuki A. The development of students worksheet based on Predict, Observe, Explain (POE) to improve students’ science process skill in SMA Muhammadiyah Imogiri. J Phys Conf Ser. 2019;1153(1).
  22. Tanzila R, Mahardika IK, Handayani DR. Model Pembelajaran Poe (Prediction, Observation, and Explanation) Disertai Teknik Concept Mapping Pada Pembelajaran Fisika Di Sma Negeri 1 Jenggawah 1). J Pembelajaran Fis [Internet]. 2016;5(2):96–102. Available from: https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/3954
  23. Hidayah A, Yuberti. Pengaruh Model Pembelajaran POE ( Predict- Observe- Explain) Terhadap Keterampilan Proses Belajar Fisika Siswa Pokok Bahasan Suhu dan Kalor. Indones J Sci Math Educ [Internet]. 2018;01(1):21–7. Available from: https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/IJSME/index
  24. Phonna Z, Arusman. Pengaruh Model Predict-Observe-Explain terhardap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik. J Mimb Akad [Internet]. 2018;3(2):86–99. Available from: http://mimbarakademika.com/index.php/jma/article/view/62/61
  25. Royani R, Elisa, Tarmizi. Penerapan Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Fisika Siswa SMPN 1 Banda Aceh. J Technol Lit Educ [Internet]. 2022;1(1):1–4. Available from: https://www.neliti.com/publications/407932/penerapan-model-pembelajaran-predict-observe-explain-poe-untuk-meningkatkan-moti
  26. Marhento G. Model Pembelajaran POE ( Predict Observe Explain ) Solusi Alternatif Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Pros Semin Nas Sains [Internet]. 2020;1(1):267–72. Available from: https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/view/3969/647
  27. Amelia R, Yohandri. Needs Analysis as a Basis for the Development of POE-Based Physics Learning Tools to improve Science Process Skills. J Phys Conf Ser. 2022;2309(1).
  28. Husniyah H, Hidayati Y, Qomaria N, Munawaroh F. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Poe Dengan Teknik Concept Mapping Pada Materi Getaran, Gelombang, Dan Bunyi. Nat Sci Educ Res [Internet]. 2019;2(2):123–32. Available from: https://journal.trunojoyo.ac.id/nser/article/view/6239/3927
  29. Budi B, Novanto YS, Anitra R. Respon Siswa Terhadap Model Pembelajaran Poe Dalam Pembelajaran Ipa Di Sd. ORBITA J Pendidik dan Ilmu Fis [Internet]. 2021;7(2):278. Available from: https://journal.ummat.ac.id/index.php/orbita/article/view/5508/3363
  30. Purnamasari IE, Suryanti. Efektivitas Pembelajaran POE (Predict, Observe, and Explain) Terhadap Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa SD Kelas V dalam Pembelajaran Daring. J Penelit Pendidik Guru Sekol Dasar [Internet]. 2022;10(6):1340–1254. Available from: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/47249