Main Article Content

Abstract

ABSTRAK


 


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses belajar mengajar fisika peserta didik di SMA Negeri 1 Tigo Nagari belum optimal dan keaktifan peserta didik masih kurang, sehingga nilai peserta didik belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Oleh karena itu, diperlukan sebuah pembelajaran yang menarik minat belajar peserta didik sehingga bisa terbentuknya suasana belajar yang baik. Adapun salah satu pembelajaran yang diterapkan adalah Pembelajaran Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM). Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh penerapan pembelajaran Science, Technology, Engineering and Mathematics terhadap berpikir kritis peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Tigo Nagari. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperiment Design dengan desain penelitian Posstest only control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dimana sampel diambil secara acak berdasarkan kelompok/wilayah tertentu. Hasil belajar diambil dari Instrumen pada penelitian adalah tes akhir berbentuk essay untuk ranah kognitif dan lembar aktivitas peserta didik selama pembelajaran disetiap pertemuan untuk ranah afektif. Hasil penelitian yang diperoleh adalah hasil belajar ranah kognitif kelas eksperimen rata-rata 77,41, sedangkan kelas kontrol 68,62. Hasil penilaian pada ranah afektif kelas eksperimen rata-rata 80 sedangkan kelas kontrol ranah afektifnya 77. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis menggunakan uji Mann Whitney didapatkan hipotesis diterima. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh penerapan pembelajaran Science, Technology, Engineering and Mathematics terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Tigo Nagari.


 


Kata Kunci: Pembelajaran stem; hasil belajar ; uji Mann Whitney


 


ABSTRACT


 This research was motivated by the physics teaching and learning process of students at SMA Negeri 1 Tigo Nagari which was not yet optimal and students' activeness was still lacking, so that students' grades had not yet reached the Minimum Completeness Criteria (KKM). Therefore, learning is needed that attracts students' interest in learning so that a good learning atmosphere can be formed. One of the lessons implemented is Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) learning. The aim of this research is to see the effect of implementing Science, Technology, Engineering and Mathematics learning on the critical thinking of class XI students at SMA Negeri 1 Tigo Nagari. The type of research used is Quasi Experimental Design with a Posttest only control group design research design. Sampling was carried out using a cluster random sampling technique where samples were taken randomly based on certain groups/regions. The learning outcomes taken from the research instrument are a final test in the form of an essay for the cognitive domain and student activity sheets during learning at each meeting for the affective domain. The research results obtained were that the experimental class' cognitive domain learning results averaged 77.41, while the control class's average was 68.62. The assessment results in the affective domain of the experimental class averaged 80 while the affective domain of the control class was 77. Next, a hypothesis test was carried out using the Mann Whitney test, it was found that the hypothesis H_1 was accepted. So it can be concluded that there is an influence of the application of Science, Technology, Engineering and Mathematics learning on the learning outcomes of class XI students at SMA Negeri 1 Tigo Nagari. Keywords: Stem learning; learning outcomes ; Mann Whitney test

Keywords

Pembelajaran STEM Hasil Belajar Uji Mann Whitney

Article Details

How to Cite
Hayati, W., Husna, H., & Anaperta, M. (2025). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Science, Technology, Engineering and Mathematics terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Tigo Nagari. Jurnal Kumparan Fisika, 8(1), 11–20. https://doi.org/10.33369/jkf.8.1.11-20

References

  1. Setyo H wahyudi, Sukmasari MP. Teknologi dan Kehidupan Masyarakat. J Anal Sosiol. 2014;3(1):13–24.
  2. Eka Erlinawati C, Bektiarso S. Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Stem Pada Pembelajaran Fisika. Seminar Nasional Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jember 2019. Vol. 4.
  3. Hanum AS, Asrizal, Festiyed. Analisis Effect Size Pengaruh Bahan Ajar Fisika dan IPA Terpadu Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Fisika. 2021;7(2):144–53.
  4. Indarwati, Syamsurijal, Firdaus. Implementasi Pendekatan STEM Pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK 2 Baras Mamuju Utara. Jurnal Media TIK. 2021;4(1):23–25.
  5. Sumaji. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Program Studi Pendidikan Matematika Fkip, Universitas Muria Kudus. In: Seminar Nasional Pendidikan Matematika. 2019. p. 7–15.
  6. Sandi G. Pengaruh pendekatan stem untuk meningkatkan pemahaman konsep elektroplating, keterampilan berpikir kritis dan bekerja sama. Indones Jurnal Education Development. 2021;1(4):579–85.
  7. Rahman S. Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. In: In prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar. Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo 2021. p. 1–14.
  8. Azmi N, Puji P&, Maslena. Analisis Kesesuaian Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Biologi Kelas X Yang Digunakan Man Rantauprapat Kabupaten Labuhan Batu.Jurnal Pelita Pendidikan Vol. 6. 2018.
  9. Sudjana. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  10. Sugiyono. (2014). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta CV.
  11. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Manajemen Kuantitatif dan Kualitatif R & D. Bandung: Alfabeta CV.
  12. Nuryadi, et al. (2017). Dasar-dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: SIBUKU MEDIA.
  13. Widana, I. W. (2020). Uji Persyaratan Analisis. Pontianak: Klik Media.
  14. Sugiyono. (2015). Statistika Non Parametris Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta CV.
  15. Kunandar. (2015). Penilaian Autentik . Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  16. Riskayanti, Yunita. (2023). Penerapan pendekatan STEM Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia. Temu Ilmiah Nasional Guru. 15 (1)
  17. Aulia, Sinta dkk (2023). Penerapan pendekatan STEM Dalam Mengingkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Gaya, Kecepatan, dan Tekanan. Prosiding Seminar Nasional Fisika. 2(1)