Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh pembelajaran menggunakan model pembelajaran problem solving fisika terhadap hasil belajar siswa dan kemampuan pemecahan masalah kelas XMIPAdi MAN 1 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment designs) dan penelitian desain pre eksperimen (one group pretest-postest design). Pengambilan sampel berdasarkan teknik sampling purposive yang diperoleh siswa kelas X MIPA 2 ( N = 37) sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X MIPA 3 (N = 38) sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk hasil belajar dan kemampuan pemecahan masalah. Berdasarkan hasil analisis Uji-T dua sampel independen melalui nilai rata-rata posttest hasil belajar yaitu thitung > ttabel (2,47 > 1,99), sedangkan hasil analisis deskriptif kemampuan pemecahan masalah melalui nilai rata-rata (posttest KPM – pretest KPM) menghasilkan 63,5. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran menggunakan model problem solving fisika terhadap hasil belajar dan kemampuan pemecahan masalah
Kata kunci: Model Problem Solving Fisika, Hasil Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah
Rincian Artikel
Authors who publish in this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
• Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA)
Jurnal Kumparan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
- Warimun, E. S. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Fisika Pada pembelajaran Topik Optika Pada Mahasiswa Pendidikan Fisika. Jurnal Exacta, x(2), 111-114.
- Azizah, R. Y. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pembelajaran Interactive Demonstration Siswa Kelas X SMA pada Materi Kalor. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, II(2), 55-60.
- Maemanah, S. (2013). Pengaruh Pembelajaran dengan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Fisika Pada Siswa Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT), 4(1), 53-60.
- Warimun, E. S. (2010). Model Pembelajaran Problem Solving Sebagai Alternatif Pembelajaran Fisika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan MIPA, 51-65.
- Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
- Widiyanto, M. A. (2013). Statistika Terapan ( Konsep dan Aplikasi SPSS). Jakarta: Elex Media Komputindo.
- Jihad dan Haris. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
- Dimyati dan Mudjiono. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
- Purwanto, A. (2012). Kemampuan Berpikir Logis Siswa SMA 8 Kota Bengkulu dengan Menerapkan Model Inkuiri Terbimbing dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Exacta, X(2), 133-135.
- Santrock, J. W. (2013). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
- Suma, K. D. (2014). Pengaruh Model Poblem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Melalui Pengendalian Bakat Numerik Siswa SMP. Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, IV, 136-142.
Referensi
Warimun, E. S. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Fisika Pada pembelajaran Topik Optika Pada Mahasiswa Pendidikan Fisika. Jurnal Exacta, x(2), 111-114.
Azizah, R. Y. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pembelajaran Interactive Demonstration Siswa Kelas X SMA pada Materi Kalor. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, II(2), 55-60.
Maemanah, S. (2013). Pengaruh Pembelajaran dengan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Fisika Pada Siswa Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT), 4(1), 53-60.
Warimun, E. S. (2010). Model Pembelajaran Problem Solving Sebagai Alternatif Pembelajaran Fisika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan MIPA, 51-65.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Widiyanto, M. A. (2013). Statistika Terapan ( Konsep dan Aplikasi SPSS). Jakarta: Elex Media Komputindo.
Jihad dan Haris. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Dimyati dan Mudjiono. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Purwanto, A. (2012). Kemampuan Berpikir Logis Siswa SMA 8 Kota Bengkulu dengan Menerapkan Model Inkuiri Terbimbing dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Exacta, X(2), 133-135.
Santrock, J. W. (2013). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Suma, K. D. (2014). Pengaruh Model Poblem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Melalui Pengendalian Bakat Numerik Siswa SMP. Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, IV, 136-142.