Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui perbedaan motivasi berprestasi antara siswa yang dibelajarkan dengan model Cooperative Problem Solving berbantuan media virtual PhET dan model Cooperative Problem Solving berbantuan media konvensional dan 2) untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang dibelajarkan dengan model Cooperative Problem Solving berbantuan media virtual PhET dan model Cooperative Problem Solving berbantuan media konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan dua desain yaitu desain posttest only control group design untuk variabel motivasi berprestasi dan desain nonequivalent control group design untuk variabel kemampuan pemecahan masalah. Populasi penelitian ini adalah 153 siswa kelas X MIPA SMAN 1 Bengkulu Selatan. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling untuk memperoleh dua kelas: kelas X MIPA 2 yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 5 yang berjumlah 31 siswa sebagai kelas kontrol. Data diperoleh dari tes kemampuan pemecahan masalah yang berbentuk essay dan angket motivasi berprestasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tidak terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah yang signifikan antara siswa yang dibelajarkan dengan pemelajaran CPS berbantuan media virtual PhET dan siswa yang dibelajarkan dengan model CPS berbantuan media konvensional (2) Tidak terdapat perbedaan motivasi berprestasi yang signifikan antara siswa yang dibelajarkan dengan pemelajaran CPS berbantuan media virtual PhET dan siswa yang dibelajarkan dengan model CPS berbantuan media konvensional
Kata kunci: Pembelajaran Cooperative Problem Solving, Media Virtual PhET, Motivasi Berprestasi, Kemampuan Pemecahan Masalah.
Article Details
Authors who publish in this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
• Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA)
Jurnal Kumparan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Heller, K., & Heller, P. (2010). Cooperative Problem Solving In Physics: A User's Manual. Tersedia: Https://Www.Aapt.Org/Conferences/Newfaculty/Upload/Coop-Problem-Solving-Guide.Pdf.
- Kulsum, U., & Nugroho, S. E. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Komunikasi Ilmiah Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika. Unnes Physics Education Journal , Vol. 3 No. 2. Hal.74-75.
- Sugiana, I. N., Harjono, A., Sahidu, H., & Guunawan. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Berbantuan Media Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa Pada Materi Momentum Dan Impuls. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi , Vol. 2 No. 2 Hal. 61-65.
- Wisudawati, A. W., & Sulistyowati, E. (2014). Metodologi Pembelajaran IPA . Jakarta: PT Bumi Aksara.
- Maulida, E. A., & Suliyanah. (2016). Profil Miskonsepsi Siswa Dalam Model ECIRR Berbantuan Phet Simulation Pada Materi Momentum , Impuls Dan Tumbukkan. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika .
- Erlanggono, E., Kurniawan, S. E., & Sriyono. (2012). Peningkatan Motivasi Berprestasi IPA Fisika Dengan Memanfaatkan Computer Assisted Instruction (CAI) Padasiswa SMP Negeri 6 Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013. Radiasi , Vol. 2 No. 1 Hal. 31-34.
- Darti, E. Y., Fuadunazmi, M., & P, D. S. (2015). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIALABORATORIUMVIRTUAL FISIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika "Lensa", 2338-4417.
- Hermansayh, Gunawan, & Herayati, L. (2015). Pengaruh Penggunaan Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Getaran Dan Gelombang . Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi , Vol. 1 No. 2 Hal. 97-102.
- Mirdayanti, R., & Murni. (2017). Kajian Penggunaan Laboratorium Virtual Berbasis Simulasi Sebagai Upaya Mengatasi Ketidak-Sediaan Laboratorium . Jurnal Visipena Vol. 8 No. 2 , 323-330.
References
Heller, K., & Heller, P. (2010). Cooperative Problem Solving In Physics: A User's Manual. Tersedia: Https://Www.Aapt.Org/Conferences/Newfaculty/Upload/Coop-Problem-Solving-Guide.Pdf.
Kulsum, U., & Nugroho, S. E. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Komunikasi Ilmiah Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika. Unnes Physics Education Journal , Vol. 3 No. 2. Hal.74-75.
Sugiana, I. N., Harjono, A., Sahidu, H., & Guunawan. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Berbantuan Media Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa Pada Materi Momentum Dan Impuls. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi , Vol. 2 No. 2 Hal. 61-65.
Wisudawati, A. W., & Sulistyowati, E. (2014). Metodologi Pembelajaran IPA . Jakarta: PT Bumi Aksara.
Maulida, E. A., & Suliyanah. (2016). Profil Miskonsepsi Siswa Dalam Model ECIRR Berbantuan Phet Simulation Pada Materi Momentum , Impuls Dan Tumbukkan. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika .
Erlanggono, E., Kurniawan, S. E., & Sriyono. (2012). Peningkatan Motivasi Berprestasi IPA Fisika Dengan Memanfaatkan Computer Assisted Instruction (CAI) Padasiswa SMP Negeri 6 Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013. Radiasi , Vol. 2 No. 1 Hal. 31-34.
Darti, E. Y., Fuadunazmi, M., & P, D. S. (2015). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIALABORATORIUMVIRTUAL FISIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika "Lensa", 2338-4417.
Hermansayh, Gunawan, & Herayati, L. (2015). Pengaruh Penggunaan Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Getaran Dan Gelombang . Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi , Vol. 1 No. 2 Hal. 97-102.
Mirdayanti, R., & Murni. (2017). Kajian Penggunaan Laboratorium Virtual Berbasis Simulasi Sebagai Upaya Mengatasi Ketidak-Sediaan Laboratorium . Jurnal Visipena Vol. 8 No. 2 , 323-330.