Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan aktivitas, motivasi belajar dan penguasaan konsep siswa dengan model pembelajaran Siklus Belajar tipe 5E. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas dengan tiga siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa/i kelas X IPA 3 SMAN 9 Kota Bengkulu yang berjumlah 32 orang yang terdiri dari 16 laki-laki dan 16 perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jumlah rata-rata aktivitas siswa pada siklus I sebesar 23,5 dalam kategori sangat baik, pada siklus II sebesar 27,5 dalam kategori sangat baik, pada siklus III sebesar 29,5 dalam kategori sangat baik. Penguasaan konsep dinilai berdasarkan hasil belajar aspek kognitif. Hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 67,8 dan ketuntasan belajar siswa sebesar 62,5% (belum tuntas), meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 77,5 dan ketuntasan belajar sebesar 75% (tuntas), kemudian meningkat pada siklus III dengan perolehan nilai rata-rata 85,3 dan ketuntasan belajar sebesar 87,5%(tuntas). Skor rata-rata motivasi belajar siswa pada siklus I sebesar 5,90 dengan kategori sedang, meningkat pada siklus II dengan perolehan skor rata-rata 6,67 dengan kategori sedang, dan pada siklus III juga mengalami peningkatan dengan skor rata-rata 6,92 dengan kategori tinggi. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran siklus belajar tipe 5E dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, motivasi belajar siswa dan penguasaan konsep fisika siswa.
Kata kunci : Model Pembelajaran Siklus Belajar Tipe 5E, Aktivitas Belajar Siswa, Motivasi Belajar Siswa, Penguasaan Konsep.
Article Details
Authors who publish in this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
• Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA)
Jurnal Kumparan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Jufri, W. (2013). Belajar dan Pembelajaran Sains. Bandung: Reka Cipta.
- Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
- Sardiman, A. M. (2016). Interakksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT. Grafindo Persada.
- Riduwan, & Sunarto. (2013). Pengantar Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
- Purwanto, A. (2009). Penerapan Media Jejaring Sosial " Facebook" Pada Matakuliah Termodinamika. Journal Exacta, 49-52.
- Uno, H. B. (2013). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Sinar Grafika Offset
- Rosidi, A. (2015). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Standar Kompetensi Memasang Instalasi Penerangan Listrik . Jurnal Teknik Elektro .
- Rusman. (2013). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
- Abidin, Y. (2014). Desain Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT. Refika Adiatama.
- Ditriguna, I. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA Siswa di Kelas V SD Negeri 5 Pendung
References
Jufri, W. (2013). Belajar dan Pembelajaran Sains. Bandung: Reka Cipta.
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Sardiman, A. M. (2016). Interakksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT. Grafindo Persada.
Riduwan, & Sunarto. (2013). Pengantar Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Purwanto, A. (2009). Penerapan Media Jejaring Sosial " Facebook" Pada Matakuliah Termodinamika. Journal Exacta, 49-52.
Uno, H. B. (2013). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Sinar Grafika Offset
Rosidi, A. (2015). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Standar Kompetensi Memasang Instalasi Penerangan Listrik . Jurnal Teknik Elektro .
Rusman. (2013). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Abidin, Y. (2014). Desain Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT. Refika Adiatama.
Ditriguna, I. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA Siswa di Kelas V SD Negeri 5 Pendung