Main Article Content
Abstract
Article Details
Copyright (c) 2024 Akmal Rizki Gunawan Hasibuan, Acep Mulyadi, Alya Rekha Anjani, Rabiyannur Lubis, Anggitha Rozinah Andani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish in this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Anggito, Albi, dan Johan Setiawan. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.
- Anugrah, Tengku Muhammad fajar. 2021. Implementasi Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Angkatan 1 Terdampak Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmiah Nasional Vol. 3 No. 3, 38-39. https://ejournal.goacademica.com/index.php/ja/article/download/458/424.
- Anwar, Rosyida Nurul. 2021. Pelaksanaan Kampus mengajar Angkatan 1 Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, 9 (1), 210-219.
- Asdiniah, Euis Nur Amanah & Dinie Anggraeni Dewi. 2021. Urgensi Merdeka Belajar: Tanggapan mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah dasar Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Cibiru Terhadap Kebijakan Kampus mengajar. JPKN Vol.5 (1), 25-26.
- Fauzi, Thuba Imam., Dwi Nur Umi Rahmawati., & Nurmaita Puji Astuti. 2021. Progaram Kampus Mengajar (PKM) sebagai Usaha Peningkatan Pembelajaran peserta Didik di SDN 127 Sungai Arang, Bungo Dani, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi. Jurnal Budimas, 3 (2), 483-484.
- Gainau, B Marya, dkk. 2021. Problematika Pendidikan di Indonesia. Yogyakarta: PT. Kanisius.
- Hamzah, Rahma Ashari. 2021. Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 Program merdeka Belajar KEMDIKBUD di Sekolah Dasar. Jurnal Dedikasi, 1 (2), 1-2.
- Hasanah, Dian Ratu Ayu Uswatun, Hascaryo Pramudibyanto, Barokah Widuroyekti. 2020. Pendidikan Dalam Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Sinestesia, 10 (1), 41-42.
- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2021. Panduan Program Kampus Mengajar Angkatan 1. Jakarta: Kemendikbud.
- Khotimah, Nurafni Rahayu., Riswanto dan Udayati. 2021. Pelaksanaan Program Kampus mengajar di SDN 014 Palembang Sumatera Selatan. Jurnal Sinar Sang Surya, Vol.5 No 2, 195.
- Munthe, H. 2021. Pengaruh Peran Serta Mahasiswa Program Kampus Mengajar dalam Pencegahan COVID-19 melalui Pembelajaran Luring Pembuatan Pemanfaatan Media Pembelajaran SD 173638 Pardamean. Kab.Toba. Jurnal Mitra Prima, 3 (1).
- Nurhasanah, Anggun Diyan dan Heni Nopianti. 2021. Peran Mahasiswa Program Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Kompetensi SDN 48 Bengkulu Tengah. Bengkulu: Jurnal UNILAK,Vol 1, 166-167.
- Rosita, Devi Ayu & Rini Damayanti. 2021. Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Perintis Pada Sekolah Dasar Terdampak Pandemi COVID-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan. Vol 2 (1). 42-49.
- Simanjuntak, Sri Yunita & Kismartini, Respon Pendidikan Dasar Terhadap Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi COVID-19 di Jawa Tengah. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan: UNIBRAH. Vol 6.
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20. Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Dharma Bhakti.
References
Anggito, Albi, dan Johan Setiawan. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.
Anugrah, Tengku Muhammad fajar. 2021. Implementasi Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Angkatan 1 Terdampak Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmiah Nasional Vol. 3 No. 3, 38-39. https://ejournal.goacademica.com/index.php/ja/article/download/458/424.
Anwar, Rosyida Nurul. 2021. Pelaksanaan Kampus mengajar Angkatan 1 Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, 9 (1), 210-219.
Asdiniah, Euis Nur Amanah & Dinie Anggraeni Dewi. 2021. Urgensi Merdeka Belajar: Tanggapan mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah dasar Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Cibiru Terhadap Kebijakan Kampus mengajar. JPKN Vol.5 (1), 25-26.
Fauzi, Thuba Imam., Dwi Nur Umi Rahmawati., & Nurmaita Puji Astuti. 2021. Progaram Kampus Mengajar (PKM) sebagai Usaha Peningkatan Pembelajaran peserta Didik di SDN 127 Sungai Arang, Bungo Dani, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi. Jurnal Budimas, 3 (2), 483-484.
Gainau, B Marya, dkk. 2021. Problematika Pendidikan di Indonesia. Yogyakarta: PT. Kanisius.
Hamzah, Rahma Ashari. 2021. Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 Program merdeka Belajar KEMDIKBUD di Sekolah Dasar. Jurnal Dedikasi, 1 (2), 1-2.
Hasanah, Dian Ratu Ayu Uswatun, Hascaryo Pramudibyanto, Barokah Widuroyekti. 2020. Pendidikan Dalam Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Sinestesia, 10 (1), 41-42.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2021. Panduan Program Kampus Mengajar Angkatan 1. Jakarta: Kemendikbud.
Khotimah, Nurafni Rahayu., Riswanto dan Udayati. 2021. Pelaksanaan Program Kampus mengajar di SDN 014 Palembang Sumatera Selatan. Jurnal Sinar Sang Surya, Vol.5 No 2, 195.
Munthe, H. 2021. Pengaruh Peran Serta Mahasiswa Program Kampus Mengajar dalam Pencegahan COVID-19 melalui Pembelajaran Luring Pembuatan Pemanfaatan Media Pembelajaran SD 173638 Pardamean. Kab.Toba. Jurnal Mitra Prima, 3 (1).
Nurhasanah, Anggun Diyan dan Heni Nopianti. 2021. Peran Mahasiswa Program Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Kompetensi SDN 48 Bengkulu Tengah. Bengkulu: Jurnal UNILAK,Vol 1, 166-167.
Rosita, Devi Ayu & Rini Damayanti. 2021. Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Perintis Pada Sekolah Dasar Terdampak Pandemi COVID-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan. Vol 2 (1). 42-49.
Simanjuntak, Sri Yunita & Kismartini, Respon Pendidikan Dasar Terhadap Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi COVID-19 di Jawa Tengah. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan: UNIBRAH. Vol 6.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20. Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Dharma Bhakti.