Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan serta pemahaman lagu wajib nasional pada siswa kelas IV SD Negeri 81 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini adalah guru wali kelas IV dan siswa kelas IV. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri, dengan menggunakan lembar observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data melalui triangulasi teknik dan membercheck. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru tidak selalu menjelaskan pentingnya menyanyikan lagu wajib nasional pada pembukaan pelajaran. Adapun lagu wajib nasional yang sering dinyanyikan adalah lagu Indonesia Raya, Garuda Pancasila, dan Satu Nusa Satu Bangsa. Untuk bagian pemahaman secara keseluruhan, pemahaman siswa terhadap tujuh lagu wajib nasional yang terdiri dari lima aspek yang dipelajari masih kurang baik. Siswa mampu menyebutkan judul, nama pencipta lagu, dan menghubungkan syair lagu. Namun, belum mampu menjelaskan makna dan implementasi lagu dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran belum sesuai dengan aturan dan siswa belum memahami isi lagu.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
MS, A., Parmadi, B., & Ariffiando, N. F. (2023). Studi Kasus Studi Kasus Pemahaman dan Penerapan Lagu Wajib Nasional di SD Negeri 81 Kota Bengkulu: Pemahaman dan Penerapan. Jurnal PGSD, 16(1), 75–84. https://doi.org/10.33369/pgsd.16.1.75-84

Referensi

  1. Asri Permata, N. (2021). Pemahaman siswa tentang nilai karakter yang terkandung dalam lagu nasional di kelas V SD Negeri 84 Kota Bengkulu (Doctoral dissertation, IAIN Bengkulu).
  2. Damayanti, Y. (2017). Pendidikan karakter cinta tanah air melalui pembiasaan menyanyikan lagu wajib nasional di sekolah dasar (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Purwokerto).
  3. Irama, N.,&Ilmu, M. (2019). Kumpulan lagu wajib nasional, daerah, anak-anak Indonesia. Ilmu Cemerlang Group.
  4. Mintargo, Wisnu (2014). Fungsi lagu wajib nasional sebagai pendidikan karakter bangsa. Jurnal KAWISTARA UGM Yogyakarta Vol 4. No 3 (Online)
  5. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (PERMENDIKBUD) nomor 23 tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti
  6. Rahardjo, M. (2017).Studi kasus dalam penelitian kualitatif: konsep dan prosedurnya.
  7. Setiadi, G. (2019). Eksegesis syair lagu wajib nasional berdasarkan kajian hermeneutik guna memahami makna dan pesan kepahlawanan untuk penanaman karakter pada anak. Jurnal Heritage, 7(1), 10-22.
  8. Soraya, Z. (2020). Penguatan pendidikan karakter untuk membangun peradaban bangsa. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 1(1), 74-81.
  9. Pamadhi, Hajar dkk. 2017. Pendidikan Seni di SD. Jakarta : Pusat Penerbitan Universitas Terbuka Pamadhi, Hajar dkk. 2017. Pendidikan Seni di SD. Pusat Penerbitan Universitas Terbuka
  10. Purba, E. (2020). Kajian estetika lagu “rayuan pulau kelapa” karya Ismail Marzuki. Jurnal Seni Nasional Cikini, 6(2), 52-58.
  11. Putri, N. D. P. (2019). Menyanyikan lagu wajib nasional sebagai sarana peningkatan nasionalisme. Skripsi Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan-Fakultas Ilmu Sosial UM.
  12. Sidiq, Umar & Choiri, Miftachul, Moh, (2019). Metode penelitian kualitatif di bidang pendidikan. CV Nata Karya
  13. Soraya, Z. (2020). Penguatan pendidikan karakter untuk membangun peradaban bangsa. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 1(1), 74-81.
  14. Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta
  15. Sugiyono (2020). Metode penelitian kualitatif. Alfabeta
  16. Tianingrum, R., & Sopiany, H. (2017).Analisis kemampuan pemahaman matematis siswa SMP pada materi bangun ruang sisi datar. In Prosiding seminar nasional matematika dan pendidikan matematika (SESIOMADIKA) (pp. 440-446).
  17. Undang-undang No.23 tahun 2003 Pasal 3 Tentang Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia
  18. Widiatmoko, Hani & Maulana Dicky.(2017). Kumpulan lagu wajib nasional, tradisional dan anak-anak terpopuler.Jakarta : Cerdas Interaktif
  19. Yuni, Q. F. (2017). Kreativitas dalam pembelajaran seni musik di sekolah dasar: Suatu tinjauan konseptual. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 4(1).