Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian dilatarbelakangi oleh kurangnya kreatifitas seorang guru dalam memanfaatkan media yang ada khususnya berbasis IPTEK, sehingga siswa kesulitan dalam memahami aksara kaganga di sekolah dasar. Salah satu contoh daerah yang mengembangkan aksara kaganga dan menjadi bagian pembelajaran di sekolah adalah Suku Rejang di Bengkulu Utara. Aksara Kaganga sebagai kearifan lokal (local wisdom) di Bengkulu khususnya di Bengkulu Utara diharapkan mampu melestarian bahasa daerah dalam pengajaran dan pembudayaan bahasa daerah dengan baik sehingga mencegah kepunahan dimasa sekarang dan akan datang. Media pembelajaran yang digunakan sebagian besar masih konvensional yaitu berbasis teksbook dan belum memanfaatkan media berbasis IPTEK. Saat ini, Indonesia lagi masa sulit karena adanya pandemi covid-19 sehingga pembelajaran di sekolah menggunakan pembelajaran online. Maka dari itu, implementasi media kinemaster merupakan sebagai alternatif solusi di tengah pandemi covid-19. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas implementasi media kinemaster berbasis IPTEK pada pembelajaran aksara kaganga di sekolah dasar sebagal local wisdom Bengkulu Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan beberapa tahapannya yaitu mengidentifikasi permasalahan yang signifikan, merumuskan permasalahan secara jelas, menentukan tujuan dan manfaat penelitian, melakukan study pustaka yang berkaitan dengan permasalahan, menentukan kerangka berpikir, pertanyaan penelitian, dan hipotesis penelitian, mendesain metode penelitian, menentukan populasi, sampel, teknik sampling, menentukan instrumen pengumpul data, dan analisis data, membuat laporan penelitian. Luaran wajib yang ditargetkan adalah 1 artikel di Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Sinta 4) link: https://ejournal.unib.ac.id/index.php/pgsd
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2024 Irfan Supriatna, Herman Lusa, Salati Asmahasanah

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish in this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.