Isi Artikel Utama

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan LKPD Media Blended Learning bermuatan karakter Baik dan Kuat (Baku) “Baik: Ikhlas, Jujur, Terpercaya, Tawadhu” dan “Kuat: Disiplin, Berani, Tangguh”, sebagi inovasi media pembelajaran Blended Learning dan untuk meningkatkan kualitas hasil dan proses belajar siswa yang berkarakter islami. Penelitian ini dilaksanakan di MI Nurul Yaqin Kabupaten Cibinong Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) adapun proses pengembangan disesuaikan dengan fokus penelitian yang terdiri dari  pendefinisian (define), perancangan (design) dan pengembangan (develop). Data yang diperoleh berupa kualitatif. Hasil penelitian LKPD dibuat dalam bentuk cetak dan juga online yaitu e-learning dalam bentuk pdf dan video pembelajaran, sehingga siswa bisa mempelajari dirumah lewat HP. Dalam kegiatan pembelajaran dapat diimplementasikan bahwa karakter baik menuntut tiga prasarat, yaitu: (1) Jujur, (2) Adil, dan (3) Amanah. Karakter Kuat. Karakter kuat menuntut tiga prasarat juga: (1) Berani, (2) Disiplin, dan (3) bersungguh-sungguh. Media LKPD ini cocok untuk diimpelemntasikan sebagai media Blended Learning karena merupakan kombinasi aspek pembelajaran bebasis internet dengan pembelajaran tatap muka. 


Kata kunci: LKPD, karakter, Baik dan Kuat (Baku)

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Salati Asma Hasanah, Universitas Ibn Khaldun Bogor

Scopus Author ID: 57209456457

Sinta ID: 6006893

Cara Mengutip
Hasanah, S. A., Muhyani, & Albahar, R. K. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Media Blended Learning Bermuatan Karakter Baik dan Kuat (Baku). Jurnal PGSD, 16(1), 40–46. https://doi.org/10.33369/pgsd.16.1.40-46

Referensi

  1. Desyandri, D. dkk. (2019). Development of integrated thematic teaching material used discovery learning model in grade V elementary school (pengembangan bahan ajar tematik terpadu menggunakan model discovery learning di kelas V di Sekolah Dasar). Jurnal Konseling dan Pendidikan, 7(1), 16–22. https://doi.org/10.29210/129400
  2. Falah, R. D. (2019). Model manajemen pendidikan karakter di SMP DTBS eco pesantren. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 3(2), 209-219. https://doi.org/10.15575/isema.v3i2.5013
  3. Fitriasari, P., Sari, N. (2017). Implementasi blended learning untuk meningkatkan kemandirian belajar mahasiswa pada mata kuliah metode numerik [Conference session]. Seminar Nasional Matematika dan aplikasinya, Surabaya. Universitas Airlangga. https://repository.unair.ac.id/73914/
  4. Gymnastiar, A., 2013. Membangun karakter baku, baik dan kuat. SMS Tauhid Publishing.
  5. Gymnastiar, A., (2019). Membangun karakter BAKU ikhtiar membangun generasi muda Islami. MQS Publishing
  6. Hima, L. R., 2017. Pengaruh Pembelajaran Bauran (Blanded Learning) Terhadap Motivasi Siswa Pada Materi Relasi dan Fungsi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 36-42. https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i1.1479
  7. Pradita, E. N., & Wangid, M. N. (2017). Pengembangan LKPD tematik-integratif berbasis karakter pada peserta didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter. 8(1), 56-70. https://doi.org/10.21831/jpk.v7i1.15500
  8. Rizkiyah, A. (2015). Penerapan blended learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pembelajaran Ilmu Bangunan di Kelas X TGB SMK Negeri 7 Surabaya. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan. 1(1), 40-49.
  9. Sari, R. D. W., Rahimah, D., & Maulidiya, D. (2017). Efektivitas lembar kerja peserta didik (lkpd) tematik integratif berbasis pendidikan karakter pada tema lingkungan sahabat kita materi statistika untuk Sekolah Dasar kelas V. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS). 1(2), 106-115. https://doi.org/10.33369/jp2ms.1.2.