Isi Artikel Utama
Abstrak
Kecerdasan logis matematis merupakan kemampuan yang penting untuk dimiliki agar dapat berpikir secara logis dalam memecahkan kasus atau permasalahan sehari-hari yang berhubungan dengan perhitungan matematis. Maka dalam penanaman kecerdasan logis matematis diperlukan stimulus permasalahan kontekstual melalui penerpan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan model Problem Based Learning (PBL) dalam menanamkan kecerdasan logis matematis pada siswa sekolah dasar. Metode penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas (PTK), dengan pelaksanaan penelitian sebanyak dua siklus. Tahapan dalam penelitian ini yaitu: (1) Planning, (2) Acting and Observing, (3) Reflecting. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kecerdasan logis matematis pada siswa kelas 1 SD Negeri Balung Jeruk melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Tahap pra-siklus menunjukkan kemampuan kecerdasan logis matematis sebesar 19%. Siklus I menunjukkan peningkatan kemampuan kecerdasan logis matematis sebesar 11% sehingga menjadi 30%. Siklus II menunjukkan kemampuan kecerdasan logis matematis sebesar 12% sehingga menjadi 52%.
Kata Kunci
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2024 Yulia Lisa Sari, Vina Anggarini, Erna Yayuk

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish in this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
- Dwi, N. (2022). Hubungan kecerdasan logis matematis dengan hasil belajar Matematika. Jurnal Instruksional, 3(2), 187–196.
- Ega, F. A. S. M. (2022). Pengaruh model pembelajaran sentra terhadap kecerdasan logika Matematika Di Tk Al-Hidayah Bandar Lampung [UIN Raden Intan Lampung]. http://repository.radenintan.ac.id/20725/
- Fakhriyana, D., Mardiyana, & Aryuna, D. R. (2018). Analisis kemampuan literasi matematika dalam memecahkan masalah model PISA pada konten perubahan dan hubungan ditinjau dari kecerdasan logis matematis. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matermatika SOLUSI, 2(6), 421–431. https://jurnal.uns.ac.id/JMMS/article/view/37672/25052
- Hamzah, D., Udrat, M., & Uno, B. (2014). Mengelolah Kecerdasan dalam pembelajaran. PT Bumi Angkasa.
- Hapsari, R. (2020). Pengembangan Kognitif anak melalui kegiatan mengelompokkan benda dengan media bola warna. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.25299/jge.2020.vol3(1).5251
- Hasibuan, A. L. (2020). Meningkatkan aktivitas belajar siswa menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan pokok bahasan irisan kerucut di kelas XI MIPA -1 Man 3 Medan. HURI- Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Keislaman, 9(2), 104–116. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/hijri/article/view/11118/5145
- Hitalessy, M., Mataheru, W., & Ayal, C. S. (2020). Representasi matematis siswa dalam pemecahan masalah perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku ditinjau dari kecerdasan logis matematis, linguistik dan visual spasial. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 2(1), 1–15. https://doi.org/10.30598/jumadikavol2iss1year2020page1-15
- Hotimah, H. (2020). Penerapan metode pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan kemampuan bercerita pada siswa sekolah dasar. Jurnal Edukasi, VII(3), 5–11. file:///C:/Users/HP/Downloads/21599-157-47353-1-10-20201226.pdf
- Kemmis, Taggart, M., & Nixon, R. (2014). The Action research planner:doing critical participatory action research. Springer.
- Kurnaesih, D., Sulistianingsih, & Nurimani. (2021). Hubungan Minat belajar dengan hasil belajar matematika. prosiding seminar nasional pendidikan STKIP Kusuma Negara III. file:///C:/Users/HP/Downloads/1114-Article Text-4402-2-10-20220128.pdf
- Lestari, S. D., Kartono, & Mulyono. (2018). Mathematical literacy ability and mathematical disposition on team assisted individualization learning with RME approach and recitation. Journal of Mathematics Education Research, 8(2), 157–164. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer/article/view/27295
- Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). Literasi numerasi siswa dalam pemecahan masalah tidak terstruktur. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69–88. https://kalamatika.matematika-uhamka.com/index.php/kmk/article/view/331
- Masykur, M., & Fathani, A. H. (2017). Mathematical intelligence: cerdas melatih otak dan menanggulangi kesulitan belajar. Ar-Ruzz Media.
- Milsan, A. L., & Wewe, M. (2019). Hubungan antara kecerdasan logis matematis dengan hasil belajar Matematika. Journal of Education Technology, 2(2), 65. https://doi.org/10.23887/jet.v2i2.16183
- Muhammadi, M. (2020). Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SD. E-Journal Inovasi Pembelajaran SD, 8(5), 78–88.
- Ningsih, S. (2016). Mengembangkan Kecerdasan interpesonal anak usia dini melalui permainan tradisional (studi kasus di TK Al-Akhyar Purwakarta kelompok B). Tunas Siliwangi, 2(No.1), 30–47. http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/tunas-siliwangi/article/view/307/228
- Nizar, A. A. (2021). Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar Matematika Kelas V SD/MI [UIN Raden Intan]. http://repository.radenintan.ac.id/14250/
- Novelni, D., & Sukma, E. (2021). Analisis langkah-langkah model problem based learning dalam analisis langkah-langkah model problem based learning dalam pembelajaran Tematik Terpadu di sekolah dasar menurut pandangan para ahli. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 3869–3888. file:///C:/Users/HP/Downloads/4342-Research Results-15316-1-10-20211017.pdf
- Nurahayati, S. (2020). Mengembangkan kecerdasan logika matematika anak usia dini. Jurnal Ceria, 3(7), 307–314.
- Oktaviani, W. (2018). Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika siswa kelas 5 SD. Jurnal Basicedu, 2(2), 5–10. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i2.137
- Puspita, M., Slameto, S., & Setyaningtyas, E. W. (2018). Peningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas 4 sd melalui model pembelajaran problem based learning. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(1), 120. https://doi.org/10.31764/justek.v1i1.416
- Rachmantika, A. R., & Wardono, W. (2019). Peran kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran matematika dengan pemecahan masalah. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 439–443. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29029 %0A
- Subakti, H., Watulingas, K. H., Haruna, N. H., Ritonga, M. W., Simarmata, J., Fauzi, A., Ardiana, D. P. Y., Rahmi, S. Y., Chamidah, D., & Saputro, A. N. C. (2021). Inovasi pembelajaran (A. Rikki (ed.)). Yayasan Kita Menulis.
- Suluh, M. (2018). Perspektif pendidikan nasional. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 2(1), 1. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v2i1.78
- Suprihatin, R. (2021). Meningkatkan kemampuan menyajikan data dalam diagram batang melalui penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(2). https://jurnal.uns.ac.id/jpi/article/view/53577/32318
- Syarifah, S. (2019). Konsep kecerdasan majemuk Howard Gardner. SUSTAINABLE: Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 2(2), 176–197. https://doi.org/10.32923/kjmp.v2i2.987
- Tim Gakko Tosho. (2021). Belajar Bersama temanmu matematika untuk sekolah dasar kelas I. Badan Penelitian dan Pengembangandan Perbukuan, Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Belajar Bersama Temanmu Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas I
- Tosho, T. G. (2021). Buku Panduan guru matematika untuk sekolah dasar kelas I. Badan Penelitian dan Pengembangandan Perbukuan, Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Badan Penelitian dan Pengembangandan Perbukuan, Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia
- Wahyudi, A., & Choirudin. (2019). Pengembangan Alat peraga pembelajaran matematika materi perkalian berbasis montessori. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al -Idarah, 42, 33–39. https://doi.org/https://doi.org/10.54892/jmpialidarah.v4i2
- Wulandari, O., & Taufik, T. (2020). Penerapan model problem based learning (pbl) dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas V Sekolah Dasar. E-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar, 8(6). http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pgsd/article/view/10102
- Wulandari, S. (2021). Studi literatur penggunaan pbl berbasis video untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 9(1), 7. https://doi.org/10.24252/jpf.v9i1.13818
- Yanti, D. (2018). Meningkatkan. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar, 233–241. file:///C:/Users/HP/Downloads/10147-Article Text-20630-1-10-20190211 (1).pdf
Referensi
Dwi, N. (2022). Hubungan kecerdasan logis matematis dengan hasil belajar Matematika. Jurnal Instruksional, 3(2), 187–196.
Ega, F. A. S. M. (2022). Pengaruh model pembelajaran sentra terhadap kecerdasan logika Matematika Di Tk Al-Hidayah Bandar Lampung [UIN Raden Intan Lampung]. http://repository.radenintan.ac.id/20725/
Fakhriyana, D., Mardiyana, & Aryuna, D. R. (2018). Analisis kemampuan literasi matematika dalam memecahkan masalah model PISA pada konten perubahan dan hubungan ditinjau dari kecerdasan logis matematis. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matermatika SOLUSI, 2(6), 421–431. https://jurnal.uns.ac.id/JMMS/article/view/37672/25052
Hamzah, D., Udrat, M., & Uno, B. (2014). Mengelolah Kecerdasan dalam pembelajaran. PT Bumi Angkasa.
Hapsari, R. (2020). Pengembangan Kognitif anak melalui kegiatan mengelompokkan benda dengan media bola warna. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.25299/jge.2020.vol3(1).5251
Hasibuan, A. L. (2020). Meningkatkan aktivitas belajar siswa menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan pokok bahasan irisan kerucut di kelas XI MIPA -1 Man 3 Medan. HURI- Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Keislaman, 9(2), 104–116. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/hijri/article/view/11118/5145
Hitalessy, M., Mataheru, W., & Ayal, C. S. (2020). Representasi matematis siswa dalam pemecahan masalah perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku ditinjau dari kecerdasan logis matematis, linguistik dan visual spasial. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 2(1), 1–15. https://doi.org/10.30598/jumadikavol2iss1year2020page1-15
Hotimah, H. (2020). Penerapan metode pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan kemampuan bercerita pada siswa sekolah dasar. Jurnal Edukasi, VII(3), 5–11. file:///C:/Users/HP/Downloads/21599-157-47353-1-10-20201226.pdf
Kemmis, Taggart, M., & Nixon, R. (2014). The Action research planner:doing critical participatory action research. Springer.
Kurnaesih, D., Sulistianingsih, & Nurimani. (2021). Hubungan Minat belajar dengan hasil belajar matematika. prosiding seminar nasional pendidikan STKIP Kusuma Negara III. file:///C:/Users/HP/Downloads/1114-Article Text-4402-2-10-20220128.pdf
Lestari, S. D., Kartono, & Mulyono. (2018). Mathematical literacy ability and mathematical disposition on team assisted individualization learning with RME approach and recitation. Journal of Mathematics Education Research, 8(2), 157–164. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer/article/view/27295
Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). Literasi numerasi siswa dalam pemecahan masalah tidak terstruktur. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69–88. https://kalamatika.matematika-uhamka.com/index.php/kmk/article/view/331
Masykur, M., & Fathani, A. H. (2017). Mathematical intelligence: cerdas melatih otak dan menanggulangi kesulitan belajar. Ar-Ruzz Media.
Milsan, A. L., & Wewe, M. (2019). Hubungan antara kecerdasan logis matematis dengan hasil belajar Matematika. Journal of Education Technology, 2(2), 65. https://doi.org/10.23887/jet.v2i2.16183
Muhammadi, M. (2020). Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SD. E-Journal Inovasi Pembelajaran SD, 8(5), 78–88.
Ningsih, S. (2016). Mengembangkan Kecerdasan interpesonal anak usia dini melalui permainan tradisional (studi kasus di TK Al-Akhyar Purwakarta kelompok B). Tunas Siliwangi, 2(No.1), 30–47. http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/tunas-siliwangi/article/view/307/228
Nizar, A. A. (2021). Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar Matematika Kelas V SD/MI [UIN Raden Intan]. http://repository.radenintan.ac.id/14250/
Novelni, D., & Sukma, E. (2021). Analisis langkah-langkah model problem based learning dalam analisis langkah-langkah model problem based learning dalam pembelajaran Tematik Terpadu di sekolah dasar menurut pandangan para ahli. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 3869–3888. file:///C:/Users/HP/Downloads/4342-Research Results-15316-1-10-20211017.pdf
Nurahayati, S. (2020). Mengembangkan kecerdasan logika matematika anak usia dini. Jurnal Ceria, 3(7), 307–314.
Oktaviani, W. (2018). Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika siswa kelas 5 SD. Jurnal Basicedu, 2(2), 5–10. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i2.137
Puspita, M., Slameto, S., & Setyaningtyas, E. W. (2018). Peningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas 4 sd melalui model pembelajaran problem based learning. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(1), 120. https://doi.org/10.31764/justek.v1i1.416
Rachmantika, A. R., & Wardono, W. (2019). Peran kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran matematika dengan pemecahan masalah. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 439–443. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29029 %0A
Subakti, H., Watulingas, K. H., Haruna, N. H., Ritonga, M. W., Simarmata, J., Fauzi, A., Ardiana, D. P. Y., Rahmi, S. Y., Chamidah, D., & Saputro, A. N. C. (2021). Inovasi pembelajaran (A. Rikki (ed.)). Yayasan Kita Menulis.
Suluh, M. (2018). Perspektif pendidikan nasional. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 2(1), 1. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v2i1.78
Suprihatin, R. (2021). Meningkatkan kemampuan menyajikan data dalam diagram batang melalui penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(2). https://jurnal.uns.ac.id/jpi/article/view/53577/32318
Syarifah, S. (2019). Konsep kecerdasan majemuk Howard Gardner. SUSTAINABLE: Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 2(2), 176–197. https://doi.org/10.32923/kjmp.v2i2.987
Tim Gakko Tosho. (2021). Belajar Bersama temanmu matematika untuk sekolah dasar kelas I. Badan Penelitian dan Pengembangandan Perbukuan, Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Belajar Bersama Temanmu Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas I
Tosho, T. G. (2021). Buku Panduan guru matematika untuk sekolah dasar kelas I. Badan Penelitian dan Pengembangandan Perbukuan, Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Badan Penelitian dan Pengembangandan Perbukuan, Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia
Wahyudi, A., & Choirudin. (2019). Pengembangan Alat peraga pembelajaran matematika materi perkalian berbasis montessori. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al -Idarah, 42, 33–39. https://doi.org/https://doi.org/10.54892/jmpialidarah.v4i2
Wulandari, O., & Taufik, T. (2020). Penerapan model problem based learning (pbl) dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas V Sekolah Dasar. E-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar, 8(6). http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pgsd/article/view/10102
Wulandari, S. (2021). Studi literatur penggunaan pbl berbasis video untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 9(1), 7. https://doi.org/10.24252/jpf.v9i1.13818
Yanti, D. (2018). Meningkatkan. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar, 233–241. file:///C:/Users/HP/Downloads/10147-Article Text-20630-1-10-20190211 (1).pdf