Isi Artikel Utama

Abstrak

Kecerdasan logis matematis merupakan kemampuan yang penting untuk dimiliki agar dapat berpikir secara logis dalam memecahkan kasus atau permasalahan sehari-hari yang berhubungan dengan perhitungan matematis. Maka dalam penanaman kecerdasan logis matematis diperlukan stimulus permasalahan kontekstual melalui penerpan model  pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan model Problem Based Learning (PBL) dalam menanamkan kecerdasan logis matematis pada siswa sekolah dasar. Metode penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas (PTK), dengan pelaksanaan penelitian sebanyak dua siklus. Tahapan dalam penelitian ini yaitu: (1) Planning, (2) Acting and Observing, (3) Reflecting. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kecerdasan logis matematis pada siswa kelas 1 SD Negeri Balung Jeruk melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Tahap pra-siklus menunjukkan kemampuan kecerdasan logis matematis sebesar 19%. Siklus I menunjukkan peningkatan kemampuan kecerdasan logis matematis sebesar 11% sehingga menjadi 30%. Siklus II menunjukkan kemampuan kecerdasan logis matematis sebesar 12% sehingga menjadi 52%.

Kata Kunci

Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) mathematical logical intelligence problem based learning model

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Sari Hayati, Y. L., Anggarini, V., & Yayuk, E. (2023). The Increasing Mathematical Logic Intelligence Through Problem Based Learning Learning Models in Grade 1 Elementary School Students: Peningkatan Kecerdasan Logis Matematis Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas 1 SD. Jurnal PGSD, 16(1), 54–60. https://doi.org/10.33369/pgsd.16.1.54-60

Referensi

  1. Dwi, N. (2022). Hubungan kecerdasan logis matematis dengan hasil belajar Matematika. Jurnal Instruksional, 3(2), 187–196.
  2. Ega, F. A. S. M. (2022). Pengaruh model pembelajaran sentra terhadap kecerdasan logika Matematika Di Tk Al-Hidayah Bandar Lampung [UIN Raden Intan Lampung]. http://repository.radenintan.ac.id/20725/
  3. Fakhriyana, D., Mardiyana, & Aryuna, D. R. (2018). Analisis kemampuan literasi matematika dalam memecahkan masalah model PISA pada konten perubahan dan hubungan ditinjau dari kecerdasan logis matematis. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matermatika SOLUSI, 2(6), 421–431. https://jurnal.uns.ac.id/JMMS/article/view/37672/25052
  4. Hamzah, D., Udrat, M., & Uno, B. (2014). Mengelolah Kecerdasan dalam pembelajaran. PT Bumi Angkasa.
  5. Hapsari, R. (2020). Pengembangan Kognitif anak melalui kegiatan mengelompokkan benda dengan media bola warna. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.25299/jge.2020.vol3(1).5251
  6. Hasibuan, A. L. (2020). Meningkatkan aktivitas belajar siswa menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan pokok bahasan irisan kerucut di kelas XI MIPA -1 Man 3 Medan. HURI- Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Keislaman, 9(2), 104–116. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/hijri/article/view/11118/5145
  7. Hitalessy, M., Mataheru, W., & Ayal, C. S. (2020). Representasi matematis siswa dalam pemecahan masalah perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku ditinjau dari kecerdasan logis matematis, linguistik dan visual spasial. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 2(1), 1–15. https://doi.org/10.30598/jumadikavol2iss1year2020page1-15
  8. Hotimah, H. (2020). Penerapan metode pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan kemampuan bercerita pada siswa sekolah dasar. Jurnal Edukasi, VII(3), 5–11. file:///C:/Users/HP/Downloads/21599-157-47353-1-10-20201226.pdf
  9. Kemmis, Taggart, M., & Nixon, R. (2014). The Action research planner:doing critical participatory action research. Springer.
  10. Kurnaesih, D., Sulistianingsih, & Nurimani. (2021). Hubungan Minat belajar dengan hasil belajar matematika. prosiding seminar nasional pendidikan STKIP Kusuma Negara III. file:///C:/Users/HP/Downloads/1114-Article Text-4402-2-10-20220128.pdf
  11. Lestari, S. D., Kartono, & Mulyono. (2018). Mathematical literacy ability and mathematical disposition on team assisted individualization learning with RME approach and recitation. Journal of Mathematics Education Research, 8(2), 157–164. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer/article/view/27295
  12. Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). Literasi numerasi siswa dalam pemecahan masalah tidak terstruktur. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69–88. https://kalamatika.matematika-uhamka.com/index.php/kmk/article/view/331
  13. Masykur, M., & Fathani, A. H. (2017). Mathematical intelligence: cerdas melatih otak dan menanggulangi kesulitan belajar. Ar-Ruzz Media.
  14. Milsan, A. L., & Wewe, M. (2019). Hubungan antara kecerdasan logis matematis dengan hasil belajar Matematika. Journal of Education Technology, 2(2), 65. https://doi.org/10.23887/jet.v2i2.16183
  15. Muhammadi, M. (2020). Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SD. E-Journal Inovasi Pembelajaran SD, 8(5), 78–88.
  16. Ningsih, S. (2016). Mengembangkan Kecerdasan interpesonal anak usia dini melalui permainan tradisional (studi kasus di TK Al-Akhyar Purwakarta kelompok B). Tunas Siliwangi, 2(No.1), 30–47. http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/tunas-siliwangi/article/view/307/228
  17. Nizar, A. A. (2021). Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar Matematika Kelas V SD/MI [UIN Raden Intan]. http://repository.radenintan.ac.id/14250/
  18. Novelni, D., & Sukma, E. (2021). Analisis langkah-langkah model problem based learning dalam analisis langkah-langkah model problem based learning dalam pembelajaran Tematik Terpadu di sekolah dasar menurut pandangan para ahli. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 3869–3888. file:///C:/Users/HP/Downloads/4342-Research Results-15316-1-10-20211017.pdf
  19. Nurahayati, S. (2020). Mengembangkan kecerdasan logika matematika anak usia dini. Jurnal Ceria, 3(7), 307–314.
  20. Oktaviani, W. (2018). Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika siswa kelas 5 SD. Jurnal Basicedu, 2(2), 5–10. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i2.137
  21. Puspita, M., Slameto, S., & Setyaningtyas, E. W. (2018). Peningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas 4 sd melalui model pembelajaran problem based learning. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(1), 120. https://doi.org/10.31764/justek.v1i1.416
  22. Rachmantika, A. R., & Wardono, W. (2019). Peran kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran matematika dengan pemecahan masalah. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 439–443. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29029 %0A
  23. Subakti, H., Watulingas, K. H., Haruna, N. H., Ritonga, M. W., Simarmata, J., Fauzi, A., Ardiana, D. P. Y., Rahmi, S. Y., Chamidah, D., & Saputro, A. N. C. (2021). Inovasi pembelajaran (A. Rikki (ed.)). Yayasan Kita Menulis.
  24. Suluh, M. (2018). Perspektif pendidikan nasional. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 2(1), 1. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v2i1.78
  25. Suprihatin, R. (2021). Meningkatkan kemampuan menyajikan data dalam diagram batang melalui penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(2). https://jurnal.uns.ac.id/jpi/article/view/53577/32318
  26. Syarifah, S. (2019). Konsep kecerdasan majemuk Howard Gardner. SUSTAINABLE: Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 2(2), 176–197. https://doi.org/10.32923/kjmp.v2i2.987
  27. Tim Gakko Tosho. (2021). Belajar Bersama temanmu matematika untuk sekolah dasar kelas I. Badan Penelitian dan Pengembangandan Perbukuan, Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Belajar Bersama Temanmu Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas I
  28. Tosho, T. G. (2021). Buku Panduan guru matematika untuk sekolah dasar kelas I. Badan Penelitian dan Pengembangandan Perbukuan, Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Badan Penelitian dan Pengembangandan Perbukuan, Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia
  29. Wahyudi, A., & Choirudin. (2019). Pengembangan Alat peraga pembelajaran matematika materi perkalian berbasis montessori. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al -Idarah, 42, 33–39. https://doi.org/https://doi.org/10.54892/jmpialidarah.v4i2
  30. Wulandari, O., & Taufik, T. (2020). Penerapan model problem based learning (pbl) dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas V Sekolah Dasar. E-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar, 8(6). http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pgsd/article/view/10102
  31. Wulandari, S. (2021). Studi literatur penggunaan pbl berbasis video untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 9(1), 7. https://doi.org/10.24252/jpf.v9i1.13818
  32. Yanti, D. (2018). Meningkatkan. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar, 233–241. file:///C:/Users/HP/Downloads/10147-Article Text-20630-1-10-20190211 (1).pdf