Isi Artikel Utama

Abstrak

Dalam pembelajaran abad 21 terdapat 4 keterampilan yang perlu dikembangkan yaitu keterampilan berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, dan komunikasi yang disebut 4C. Keterampilan berkolaborasi merupakan salah satu keterampilan abad 21 yang penting ditanamkan kepada siswa sejak mereka masih duduk di kelas rendah sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis proyek terhadap keterampilan kolaborasi siswa kelas 2 matematika SD Muhammadiyah 3 Assalaam. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan menggunakan wawancara semi terstruktur, lembar observasi dan dokumentasi. Subyek penelitian adalah siswa kelas 2 SD Muhammadiyah 3 Assalaam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa kelas 2 memiliki minat yang tinggi dalam mengikuti kegiatan pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek. Mayoritas siswa setuju atau sangat setuju bahwa mereka senang belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dan lebih memahami materi matematika abstrak karena salah satu faktornya adalah dapat berdiskusi dengan teman dalam kelompok sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis model proyek meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Pramiswari, E. D., Suwandayani, B. I., & Deviana, T. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Kelas 2 SD Muhammadiyah 3 Assalaam. Jurnal PGSD, 16(2), 98–106. https://doi.org/10.33369/pgsd.16.2.98-106

Referensi

  1. Alfansyur, A., & Mariyani. (2020). Seni Mengelola Data : Penerapan Triangulasi Teknik , Sumber Dan Waktu pada Penelitian Pendidikan Sosial. HISTORIS: Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 146–150.
  2. Adawiyah, N., Makki, M., & Nisa, K. (2023). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kedisiplinan. 2(1). https://doi.org/10.29303/jcar.v5i1.2845
  3. Alisnaini, A. F., Pribadi, C. A., Khoironi, D. R., Ibrohim, M., Azilla, M. D., & Hikmah, N. (2023). Kesulitan Belajar Siswa dan Penanganannya pada Pembelajaran Matematika SD. Alsys, 3(1), 10–20. https://doi.org/10.58578/alsys.v3i1.743
  4. Anderha, R. R., & Maskar, S. (2021). Pengaruh Kemampuan Numerasi Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v2i1.774
  5. Anggraeni, S. T., Muryaningsih, S., Ernawati, A., Guru, P., Dasar, S., & Purwokerto, U. M. (n.d.). Analisis faktor penyebab kesulitan belajar matematika di sekolah dasar. 25–37.
  6. Ayu, S., Ardianti, S. D., & Wanabuliandari, S. (2021). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1611. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3824
  7. Dewi, A. C., & Barat, T. (2019). Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi. 1(3), 239–248.
  8. Effendi, A., Fatimah, A. T., & Amam, A. (2021). Analisis Keefektifan Pembelajaran Matematika Online Di Masa Pandemi Covid-19. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 6(2), 250–259. https://doi.org/10.25157/teorema.v6i2.5632
  9. Hayya, N. F., Wihartanti, L. V., & Yusdita, E. E. (2022). Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi, Tingkat Intelegensi, dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Sisw di SMK Negeri 1 Magetan. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 1, 1039–1051. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA/article/view/2924
  10. Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(01), 30–41. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018
  11. Juwantara, R. A. (2019). Analisis teori perkembangan kognitif piaget pada tahap anak usia operasional konkret 7-12 tahun dalam pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 27–34.
  12. Kusumasari, D. A., Kiswoyo, & Sary, R. M. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Perkalian Pada Siswa Sekolah Dasa. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 6(1), 104–117. http://online-journal.unja.ac.id/index.php/gentala
  13. Mahmuda, A. A., Astuti, M. D., Mikdadi, A. H., Saputra, A. R. M., & Darmadi, D. (2021). Analisis Kesulitan Dalam Pembelajaran Matematika Mengenai Materi Bilangan Bulat Di Kalangan Sd Pada Masa Pandemi. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 4(1), 90–96. https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i1.1827
  14. Maptuhah, M., & Juhji, J. (2021). Pengaruh Perhatian Orangtua dalam Pembelajaran daring terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 25–34. https://doi.org/10.54069/attadrib.v4i1.127
  15. Matematika, M. P., Siska, R. R., & Santoso, F. G. I. (2020). Proses model pembelajaran. 6(2), 129–148.
  16. Mukminah, Hirlan, & Sriyani. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Berhitung Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SDN 1. Jurnal Pacu Pendidikan Dasae, 1(1), 1–14. https://unu-ntb.e-journal.id/pacu/article/view/66
  17. Mustamin, S. H., & Kusumayanti, A. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) Pada Siswa. Alauddin Journal of Mathematics Education, 1(2), 90. https://doi.org/10.24252/ajme.v1i2.10967
  18. Parulian, R. A., Munandar, D. R., & Ruli, R. M. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis dalam menyelesaikan materi bilangan bulat pada siswa smp. Prosiding Sesiomadika, 2(1a).
  19. Piaget, J. (1970). Piaget’s theory (Vol. 1). Wiley New York.
  20. Pratama, F., Firman, F., & Neviyarni, N. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Ipa Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 280–286. https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i3.63
  21. Puspitaningtyas, A. R. (2022). Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV Di Sdn 3 Agel Kecamatan Jangkar Situbondo Tahun Pelajaran 2021 / 2022. 1(1), 64–71.
  22. Ristiani, A., & Maryati, I. (2022). Kemampuan representasi matematis dan self-esteem siswa pada materi statistika. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(1), 37–46. https://doi.org/10.31980/powermathedu.v1i1.1914
  23. Safitri, A., Rusmiati, M. N., Fauziyyah, H., & Prihantini. (2022). Pentingnya Memahami Karakteristik Peserta Didik Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Efektivitas Belajar dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9333–9339.
  24. Sari, D. P. (2017). Berpikir Matematis Dengan Metode Induktif, Deduktif, Analogi, Integratif Dan Abstrak. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 79–89. https://doi.org/10.33387/dpi.v5i1.235
  25. Tarigan, R. (2021). Perkembangan Matematika Dalam Filsafat Dan Aliran Formalisme Yang Terkandung Dalam Filsafat Matematika. Sepren, 2(2), 17–22. https://doi.org/10.36655/sepren.v2i2.508
  26. Ula, W. R. R. (2021). Dampak kecanduan smartphone terhadap prestasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Dasar : Jurnal Tunas Nusantara, 3(1), 290–298.
  27. Utami, F. N. (2020). Peranan Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa SD – Fadila Nawang Utami. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 93–101. https://edukatif.org/index.php/edukatif/index
  28. Wibowo, A. D. C., & Agia, Y. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Kelas V Sd Negeri 25 Rajang Begantung Ii. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 231–241. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v2i2.869
  29. Wulandari, Y., Rahmawati, A. E., Handriani, S. Z., Setyaningsih, A. A., Baidowi, A. L., & Darmadi, D. (2020). Penerapan Dan Pemahaman Siswa Smp Kelas Viii Terhadap Materi Pembelajaran Matematika Dalam Kehidupan. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 4(1), 85–89. https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i1.1819