Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan penelitian ini menggambarkan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Jenis penelitian adalah deskriptif, subyek penelitian adalah siswa kelas V berjumlah 55. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi yang berhubungan dengan soal cerita yang telah dikerjakan siswa. Hasil penelitian berupa bentuk-bentuk kesalahan siswa yang terjadi pada setiap aspek yaitu: Pertama, adalah memahami soal yang yaitu menuliskan hal yang diketahui dan ditanyakan: (a) tidak menuliskan sama sekali, (b) tidak lengkap, (c) persis dengan soal, (d) menuliskan hal yang diketahui pada hal ditanyakan ataupun sebaliknya. Kedua, membuat model matematika yaitu: (a) tidak membuat model, (b) model tidak tepat. Ketiga, melakukan perhitungan yaitu: (a) tidak mengikuti prosedur, (b) perhitungan tidak tepat. Keempat, dalam menarik kesimpulan: (a) tidak sesuai dengan konteks jawaban, (b) tidak menuliskan sama sekali, (c) sama persis dengan pertanyaan. Selanjutnya kesalahan terbanyak yang terjadi yaitu: Pertama, aspek melakukan perhitungan, Kedua, membuat model matematika, Ketiga, memahami soal, dan Keempat, aspek menarik kesimpulan.
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2024 Ansyori Gunawan

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish in this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.