Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian adalah memotret pembinaan etika sopan santun pada peserta didik dalam pembelajaran PKn di kelas V SD Negeri 45 Kota Bengkulu, sejak dari guru mendesain pembelajaran, melaksanakan pembelajaran PKn, mengevaluasi perilaku sopan santun peserta didik, serta respon peserta didik terhadap pembinaan sopan santun yang dilakukan guru melalui pembelajaran PKn. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara secara mendalam dan dokumentasi (artipak). Obyek penelitian adalah kegiatan pembelajaran PKn yang sedang berlangsung. Subyek penelian adalah guru kelas, teman sejawad dan kepala sekolah. Instrumen pengumpulan data adalah peneliti sendiri dengan bantuan pedoman observasi dan pedoman wawancara. Data dianalisis secara narasi dengan pemaknaan secara mendalam. Simpulan dari hasil penelitian mengindikasikan (1) desain pembelajaran PKn yang dibuat oleh guru menggunakan silabus BNSP. Guru tidak menganalisis SK dan KD terlebih dahulu. RPP yang dipakai bersumber dari buku pegangan atau panduan guru tanpa analisis misi nilai dan perilaku yang diharapkan dari SK dan KD, sehingga indikator yang dirumuskan tidak terdapat pembinaan etika sopan santun yang akan dilakukan. Materi tidak dikembangkan secara kontekstual; (2) ketika pembelajaran dilaksanakan guru telah melakukan pembinaan perilaku sopan santun. Gurutelah mampu memotivasi peserta didik untuk berperilaku sopan santun; (3) evaluasi hasil pembinaan perilaku sopan santun belum terprogram secara formal, evaluasi masih dominaan pada evaluasi aspek kognitif, (4) peserta didik telah merespon secara positif dan aktif terhadap membinaan perilaku sopan santun .
Article Details
Copyright (c) 2024 Puspa Djuwita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish in this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.