Isi Artikel Utama
Abstrak
Literasi numerasi merupakan kemampuan seseorang dalam menggunakan pengetahuan matematis serta kecakapan mengolah informasi dari berbagai bentuk penyampaian, yang bertujuan untuk memecahkan masalah sehari-hari dengan bijak dan tepat. Dalam dunia pendidikan, penting mengembangkan kemampuan literasi numerasi bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi literasi numerasi siswa dalam pemecahan masalah terstruktur pada materi bilangan. Subjek dalam penelitian ini adalah 28 siswa kelas IV di SD Negeri Candirejo, Ngaglik, Sleman. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa sudah memiliki literasi numerasi yang baik dalam pemecahan masalah terstruktur materi bilangan yaitu dengan indikator siswa mampu menerapkan berbagai jenis angka dan simbol yang berhubungan dengan matematika, mampu menganalisis informasi yang disajikan dalam bentuk soal cerita dan tabel, serta mampu menguraikan hasil analisis untuk membuat prediksi dan membuat keputusan pemecahan masalah. Adapun kesulitan yang dialami tidak dapat menuliskan kalimat matematis soal, tidak mampu menyelesaikan salah satu tahapan pengerjaan soal, serta tidak menuliskan kesimpulan dari soal yang telah diselesaikan.
Kata kunci: literasi numerasi, masalah struktur, bilangan
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2024 Siti Sulastri, Ana Fitrotun Nisa, Berliana Henu Cahyani

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish in this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
-
Anwar, M. K., Laasiliyah, M. L., Ayun, N., & Romdhoni, V. A. (2021). Kajian Teoritis Integrasi Literasi Numerasi dalam Modul IPA SMP. PISCES, 1(1).
Chang, I. (2023). Early numeracy and literacy skills and their influences on fourth-grade mathematics achievement: a moderated mediation model. Large-Scale Assessments in Education, 11(1), 18.
Dole, S., & Geiger, V. (2020). Numeracy across the curriculum: Research-based strategies for enhancing teaching and learning. Routledge.
Gustiningsi, T. (2016). Pengembangan Soal Pengayaan Model PISA Level 4 Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 2(2), 198–213.
Han, W. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Irfan, M. (2023). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa dalam Menyelesaikan Masalah pada Konteks Budaya. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 8(2), 243–250.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Gerakan Literasi Nasional. Kemdikbud.Go.Id. http://gln.kemdikbud.go.id
Lestari, E. D. (2019). Penerapan Budaya Literasi Numerasi pada Pembelajaran Tematik Kelas 3 di SD Muhammadiyah 1 Malang [Skripsi]. Universitas Muhammadiyah Malang.
Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). Literasi numerasi siswa dalam pemecahan masalah tidak terstruktur. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69–88.
Margono, S. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Rineka Cipta.
Maulidina, A. P., & Hartatik, S. (2019). Profil kemampuan numerasi siswa sekolah dasar berkemampuan tinggi dalam memecahkan masalah matematika. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 3(2).
Napsiyah, N., Nurmaningsih, N., & Haryadi, R. (2022). Analisis Kemampuan numerasi matematis siswa berdasarkan level kognitif pada materi kubus dan balok. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 2(2), 103–117.
OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I) The State of Learning and Equity in Education. OECD Publishing.
Perdana, R., & Suswandari, M. (2021). Literasi numerasi dalam pembelajaran tematik siswa kelas atas sekolah dasar. Absis: Mathematics Education Journal, 3(1), 9–15.
Pratiwi, A. D., Nugroho, A. A., Setyawati, R. D., & Raharjo, S. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Pada Siswa Kelas IV Di SD Negeri Tlogosari 01 Semarang. JANACITTA, 6(1), 38–47.
Purpura, D. J. (2009). Informal Number-Related Mathematics Skills: An Examination of The Structure of and Relations Between These Skills in Preschool [Unpublished dissertation]. Florida State University.
Rahmawati, A. N. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika Dan Nilai-Nilai Islami), 4(1), 59–65.
Ratnasari, J. R., & Setiawan, Y. E. (2022). Literasi Numerasi Siswa dalam Pemecahan Masalah Segiempat dan Trapesium. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 2533–2544.
Saefurohman, S., Maryanti, R., Azizah, N. N., Al Husaeni, D. F., Wulandary, V., & Irawan, A. R. (2021). Efforts to increasing numeracy literacy of elementary school students through quiziz learning media. ASEAN Journal of Science and Engineering Education, 3(1), 11–18.
Suganda, V. A. (2014). Analisis Kesulitan dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah dan Sikap Matematis Siswa Kelas V Sekolah Dasar [Tesis]. Universitas Pendidikan Indonesia.
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Sulistyowati, F., Irmawati, I., Maharani, N. S., & Irfan, M. (2023). Analysis on students’ numeracy skills in solving proportion problems in the contexts of Candi Umbul Traditional Market. Ethnomathematics Journal, 4(2).
Referensi
Chang, I. (2023). Early numeracy and literacy skills and their influences on fourth-grade mathematics achievement: a moderated mediation model. Large-Scale Assessments in Education, 11(1), 18.
Dole, S., & Geiger, V. (2020). Numeracy across the curriculum: Research-based strategies for enhancing teaching and learning. Routledge.
Gustiningsi, T. (2016). Pengembangan Soal Pengayaan Model PISA Level 4 Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 2(2), 198–213.
Han, W. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Irfan, M. (2023). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa dalam Menyelesaikan Masalah pada Konteks Budaya. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 8(2), 243–250.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Gerakan Literasi Nasional. Kemdikbud.Go.Id. http://gln.kemdikbud.go.id
Lestari, E. D. (2019). Penerapan Budaya Literasi Numerasi pada Pembelajaran Tematik Kelas 3 di SD Muhammadiyah 1 Malang [Skripsi]. Universitas Muhammadiyah Malang.
Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). Literasi numerasi siswa dalam pemecahan masalah tidak terstruktur. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69–88.
Margono, S. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Rineka Cipta.
Maulidina, A. P., & Hartatik, S. (2019). Profil kemampuan numerasi siswa sekolah dasar berkemampuan tinggi dalam memecahkan masalah matematika. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 3(2).
Napsiyah, N., Nurmaningsih, N., & Haryadi, R. (2022). Analisis Kemampuan numerasi matematis siswa berdasarkan level kognitif pada materi kubus dan balok. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 2(2), 103–117.
OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I) The State of Learning and Equity in Education. OECD Publishing.
Perdana, R., & Suswandari, M. (2021). Literasi numerasi dalam pembelajaran tematik siswa kelas atas sekolah dasar. Absis: Mathematics Education Journal, 3(1), 9–15.
Pratiwi, A. D., Nugroho, A. A., Setyawati, R. D., & Raharjo, S. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Pada Siswa Kelas IV Di SD Negeri Tlogosari 01 Semarang. JANACITTA, 6(1), 38–47.
Purpura, D. J. (2009). Informal Number-Related Mathematics Skills: An Examination of The Structure of and Relations Between These Skills in Preschool [Unpublished dissertation]. Florida State University.
Rahmawati, A. N. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika Dan Nilai-Nilai Islami), 4(1), 59–65.
Ratnasari, J. R., & Setiawan, Y. E. (2022). Literasi Numerasi Siswa dalam Pemecahan Masalah Segiempat dan Trapesium. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 2533–2544.
Saefurohman, S., Maryanti, R., Azizah, N. N., Al Husaeni, D. F., Wulandary, V., & Irawan, A. R. (2021). Efforts to increasing numeracy literacy of elementary school students through quiziz learning media. ASEAN Journal of Science and Engineering Education, 3(1), 11–18.
Suganda, V. A. (2014). Analisis Kesulitan dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah dan Sikap Matematis Siswa Kelas V Sekolah Dasar [Tesis]. Universitas Pendidikan Indonesia.
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Sulistyowati, F., Irmawati, I., Maharani, N. S., & Irfan, M. (2023). Analysis on students’ numeracy skills in solving proportion problems in the contexts of Candi Umbul Traditional Market. Ethnomathematics Journal, 4(2).