Isi Artikel Utama

Abstrak

Literasi numerasi merupakan kemampuan seseorang dalam menggunakan pengetahuan matematis serta kecakapan mengolah informasi dari berbagai bentuk penyampaian, yang bertujuan untuk memecahkan masalah sehari-hari dengan bijak dan tepat. Dalam dunia pendidikan, penting mengembangkan kemampuan literasi numerasi bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi literasi numerasi siswa dalam pemecahan masalah terstruktur pada materi bilangan. Subjek dalam penelitian ini adalah 28 siswa kelas IV di SD Negeri Candirejo, Ngaglik, Sleman. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa sudah memiliki literasi numerasi yang baik dalam pemecahan masalah terstruktur materi bilangan yaitu dengan indikator siswa mampu menerapkan berbagai jenis angka dan simbol yang berhubungan dengan matematika, mampu menganalisis informasi yang disajikan dalam bentuk soal cerita dan tabel, serta mampu menguraikan hasil analisis untuk membuat prediksi dan membuat keputusan pemecahan masalah. Adapun kesulitan yang dialami tidak dapat menuliskan kalimat matematis soal, tidak mampu menyelesaikan salah satu tahapan pengerjaan soal, serta tidak menuliskan kesimpulan dari soal yang telah diselesaikan.


Kata kunci: literasi numerasi, masalah struktur, bilangan

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Analisis Kemampuan Literasi Numerasi dalam Permasalahan Struktur Materi Bilangan Siswa Sekolah Dasar. (2024). Jurnal PGSD, 17(1), 39–50. https://doi.org/10.33369/pgsd.17.1.39-50

Referensi

    Anwar, M. K., Laasiliyah, M. L., Ayun, N., & Romdhoni, V. A. (2021). Kajian Teoritis Integrasi Literasi Numerasi dalam Modul IPA SMP. PISCES, 1(1).
    Chang, I. (2023). Early numeracy and literacy skills and their influences on fourth-grade mathematics achievement: a moderated mediation model. Large-Scale Assessments in Education, 11(1), 18.
    Dole, S., & Geiger, V. (2020). Numeracy across the curriculum: Research-based strategies for enhancing teaching and learning. Routledge.
    Gustiningsi, T. (2016). Pengembangan Soal Pengayaan Model PISA Level 4 Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 2(2), 198–213.
    Han, W. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
    Irfan, M. (2023). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa dalam Menyelesaikan Masalah pada Konteks Budaya. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 8(2), 243–250.
    Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Gerakan Literasi Nasional. Kemdikbud.Go.Id. http://gln.kemdikbud.go.id
    Lestari, E. D. (2019). Penerapan Budaya Literasi Numerasi pada Pembelajaran Tematik Kelas 3 di SD Muhammadiyah 1 Malang [Skripsi]. Universitas Muhammadiyah Malang.
    Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). Literasi numerasi siswa dalam pemecahan masalah tidak terstruktur. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69–88.
    Margono, S. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Rineka Cipta.
    Maulidina, A. P., & Hartatik, S. (2019). Profil kemampuan numerasi siswa sekolah dasar berkemampuan tinggi dalam memecahkan masalah matematika. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 3(2).
    Napsiyah, N., Nurmaningsih, N., & Haryadi, R. (2022). Analisis Kemampuan numerasi matematis siswa berdasarkan level kognitif pada materi kubus dan balok. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 2(2), 103–117.
    OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I) The State of Learning and Equity in Education. OECD Publishing.
    Perdana, R., & Suswandari, M. (2021). Literasi numerasi dalam pembelajaran tematik siswa kelas atas sekolah dasar. Absis: Mathematics Education Journal, 3(1), 9–15.
    Pratiwi, A. D., Nugroho, A. A., Setyawati, R. D., & Raharjo, S. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Pada Siswa Kelas IV Di SD Negeri Tlogosari 01 Semarang. JANACITTA, 6(1), 38–47.
    Purpura, D. J. (2009). Informal Number-Related Mathematics Skills: An Examination of The Structure of and Relations Between These Skills in Preschool [Unpublished dissertation]. Florida State University.
    Rahmawati, A. N. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika Dan Nilai-Nilai Islami), 4(1), 59–65.
    Ratnasari, J. R., & Setiawan, Y. E. (2022). Literasi Numerasi Siswa dalam Pemecahan Masalah Segiempat dan Trapesium. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 2533–2544.
    Saefurohman, S., Maryanti, R., Azizah, N. N., Al Husaeni, D. F., Wulandary, V., & Irawan, A. R. (2021). Efforts to increasing numeracy literacy of elementary school students through quiziz learning media. ASEAN Journal of Science and Engineering Education, 3(1), 11–18.
    Suganda, V. A. (2014). Analisis Kesulitan dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah dan Sikap Matematis Siswa Kelas V Sekolah Dasar [Tesis]. Universitas Pendidikan Indonesia.
    Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
    Sulistyowati, F., Irmawati, I., Maharani, N. S., & Irfan, M. (2023). Analysis on students’ numeracy skills in solving proportion problems in the contexts of Candi Umbul Traditional Market. Ethnomathematics Journal, 4(2).