Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk dapat meningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA yang kurang optimal. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 19 Kepahiang Semester I Tahun 2016 yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan penilaian tertulis untuk memperoleh data hasil belajar IPA dan observasi untuk melihat kinerja guru dan aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran IPA.. Hasil belajar pada siklus I diperoleh dari tes yang dilaksanakan pada akhir pertemuan siklus I dengan ketuntasan klasikal 60% atau 12 siswa yang tuntas, meningkat pada siklus II yaitu ketuntasan klasikal belajar siswa mencapai 90% atau 18 siswa tuntas dari 20 siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahwa melalui pendekatan inquiri dengan memanfaatkan media gambar akan mendapatkan teori baru tentang peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas III. Siswa merasa tertarik dan mudah memahami materi pelajaran IPA melalui pendekatan inquiri dengan menggunakan media gambar dalam pembelajaran.
Article Details
Copyright (c) 2024 Jalius Jalius

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish in this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.