Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan siswa dalam menulis teks pidato dengan baik dan benar khususnya pada siswa kelas VI SDN Cengkareng Timur 15 Pagi Jakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis teks pidato melalui model Problem Based Learning pada siswa kelas VI B SDN Cengkareng Timur 15 Pagi Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan observasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis observasi kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Problem Based Learning dapat meningkatkan keterampilan menulis pidato siswa kelas VI SDN Cengkareng Timur 15 Pagi Jakarta. Hasil siklus I dijelaskan rata-rata persentase aktivitas guru sebesar 89,05%. Sedangkan hasil observasi siklus II menjelaskan rata-rata persentase aktivitas guru sebesar 95,31%. Kemudian persentase aktivitas siswa sebesar 92,18%. Kemudian pada siklus I hasil tes keterampilan menulis pidato memperoleh nilai rata-rata sebesar 62,50 dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 60%. Kemudian peningkatan hasil tes keterampilan menulis pidato pada siklus II memperoleh nilai rata-rata sebesar 76,61 dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 80%.
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2024 Fikra Hawa Aulia Fikra Hawa Aulia, Khusnul Fatonah

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Authors who publish in this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
-
Aco, & Dahlan, M. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Pidato Secara Daring untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Wajo. Journal on Education, 5(4), 11415–11421.
Adnyana, G. B., Subaker, W., & Mawa, W. (2018). Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Pidato Persuasif Siswa Kelas IX C Sekolah Menangah Pertama Negeri 2 Tabanan. 1–6.
Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 353.
Basri, A. S. H. (2018). Urgensi Penggunaan Teknologi Media Dalam Implementasi Bimbingan dan Konseling Di Sekolah. Jurnal Al Isyraq, 1(1), 83–107.
Fatmawati, D., & Fatonah, K. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi melalui Pembelajaran Kontekstual kelas IV SDN Sukabumi Utara 04 Pagi. Jurnal Eduscience, 4(1), 38–46. https://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/EDU/article/view/2512
Kartika, R., & Fatonah, K. (2023). Pemanfaatan YouTube sebagai Media Pembelajaran Cerita Rakyat bagi Siswa Kelas V di SD Negeri Bonisari I Kabupaten Tangerang. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(03), 3477–3490.
Kurni, D. K., & Susanto, R. (2018). Pengaruh Keterampilan Manajemen Kelas Terhadap Kualitas Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar Pada Kelas Tinggi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 11510.
Lestari, D., & Fatonah, K. (2021). Pemanfaatan Media Podcast Dalam Pembelajaran Menyimak Bagi Siswa Kelas IV di SDN Kebon Jeruk 06 Jakarta Barat. Jurnal Seminar, 298–305.
Masrinah, E. N. dkk. (2019). Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Seminar Nasional Pendidikan, 1, 924–932.
Mayasari, A., Arifudin, O., & Juliawati, E. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (Pbl) Dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran. Jurnal Tahsinia, 3(2), 167–175. https://doi.org/10.57171/jt.v3i2.335
Nurhayati, N., Herawaty, N., Juliani, A., & Patras, Y. E. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Peningkatan Literasi Siswa Melalui Metode Content Analysis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 16(2), 85–97.
Prihantini, A. S., Afika, A., & Nisa, Hilma Wardatun, E. F. S. (2022). Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Flashcard Alphabet pada Siswa Kelas 1. Seminar Nasional Ilmu Pendidikan Dan Multidisiplin V (SNIPMD V, 5(5), 220–226.
Purwanti, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Pidato Melalui Pendekatan Konstruktivisme Dengan Teknik M3 SISWA KELAS IX SMP Negeri 1 Babadan Ponorogo. Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 3(1), 41.
Rakhmawati, D. (2021). Advantages and Disadvantages of Problem Based Learning Models. SHEs: Conference Series, 4(5), 550–554.
Sahra. (2021). Peningkatan Keterampilan Menulis Pidato Persuasif Menggunakan Model Problem Based Learning Berbantuan Multimedia bagi Siswa SMP Negeri 2 Mataram. Jurnal Paedagogy, 8(4), 560.
Sofyani, N., & Susanto, R. (2019). Analisis Keterkaitan Kecerdasan Emosional (Emotional Quotient) dan Ketahanmalangan (Adversity Quotient) dalam Pembentukan Motivasi Belajar Siswa Kelas VA di Sekolah Dasar Negeri Jelambar Baru 01. Jurnal Dinamika Sekolah Dasar, 1(1), 1–13.
Usman, J., Mawardi, Zein, H. M., & Rasyidah. (2019). Pengantar Praktis Penelitian Tindakan kelas (PTK). In Pengantar Praktis Penelitian Tindakan kelas (PTK).
Waluyo Purna Irawan, B. (2022). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Membuat Teks Pidato Pada Siswa Kelas Vi Sekolah Dasar. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(1), 29–35.
Yuniar, R., Nurhasanah, A., Rahman Hakim, Z., & Asih Vivi Yandari, I. (2022). Peran Guru Dalam Pelaksanaan Model Pbl (Problem Based Learning) Sebagai Penguatan Keterampilan Berpikir Kritis. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 1134–1150.
Referensi
Adnyana, G. B., Subaker, W., & Mawa, W. (2018). Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Pidato Persuasif Siswa Kelas IX C Sekolah Menangah Pertama Negeri 2 Tabanan. 1–6.
Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 353.
Basri, A. S. H. (2018). Urgensi Penggunaan Teknologi Media Dalam Implementasi Bimbingan dan Konseling Di Sekolah. Jurnal Al Isyraq, 1(1), 83–107.
Fatmawati, D., & Fatonah, K. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi melalui Pembelajaran Kontekstual kelas IV SDN Sukabumi Utara 04 Pagi. Jurnal Eduscience, 4(1), 38–46. https://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/EDU/article/view/2512
Kartika, R., & Fatonah, K. (2023). Pemanfaatan YouTube sebagai Media Pembelajaran Cerita Rakyat bagi Siswa Kelas V di SD Negeri Bonisari I Kabupaten Tangerang. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(03), 3477–3490.
Kurni, D. K., & Susanto, R. (2018). Pengaruh Keterampilan Manajemen Kelas Terhadap Kualitas Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar Pada Kelas Tinggi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 11510.
Lestari, D., & Fatonah, K. (2021). Pemanfaatan Media Podcast Dalam Pembelajaran Menyimak Bagi Siswa Kelas IV di SDN Kebon Jeruk 06 Jakarta Barat. Jurnal Seminar, 298–305.
Masrinah, E. N. dkk. (2019). Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Seminar Nasional Pendidikan, 1, 924–932.
Mayasari, A., Arifudin, O., & Juliawati, E. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (Pbl) Dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran. Jurnal Tahsinia, 3(2), 167–175. https://doi.org/10.57171/jt.v3i2.335
Nurhayati, N., Herawaty, N., Juliani, A., & Patras, Y. E. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Peningkatan Literasi Siswa Melalui Metode Content Analysis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 16(2), 85–97.
Prihantini, A. S., Afika, A., & Nisa, Hilma Wardatun, E. F. S. (2022). Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Flashcard Alphabet pada Siswa Kelas 1. Seminar Nasional Ilmu Pendidikan Dan Multidisiplin V (SNIPMD V, 5(5), 220–226.
Purwanti, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Pidato Melalui Pendekatan Konstruktivisme Dengan Teknik M3 SISWA KELAS IX SMP Negeri 1 Babadan Ponorogo. Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 3(1), 41.
Rakhmawati, D. (2021). Advantages and Disadvantages of Problem Based Learning Models. SHEs: Conference Series, 4(5), 550–554.
Sahra. (2021). Peningkatan Keterampilan Menulis Pidato Persuasif Menggunakan Model Problem Based Learning Berbantuan Multimedia bagi Siswa SMP Negeri 2 Mataram. Jurnal Paedagogy, 8(4), 560.
Sofyani, N., & Susanto, R. (2019). Analisis Keterkaitan Kecerdasan Emosional (Emotional Quotient) dan Ketahanmalangan (Adversity Quotient) dalam Pembentukan Motivasi Belajar Siswa Kelas VA di Sekolah Dasar Negeri Jelambar Baru 01. Jurnal Dinamika Sekolah Dasar, 1(1), 1–13.
Usman, J., Mawardi, Zein, H. M., & Rasyidah. (2019). Pengantar Praktis Penelitian Tindakan kelas (PTK). In Pengantar Praktis Penelitian Tindakan kelas (PTK).
Waluyo Purna Irawan, B. (2022). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Membuat Teks Pidato Pada Siswa Kelas Vi Sekolah Dasar. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(1), 29–35.
Yuniar, R., Nurhasanah, A., Rahman Hakim, Z., & Asih Vivi Yandari, I. (2022). Peran Guru Dalam Pelaksanaan Model Pbl (Problem Based Learning) Sebagai Penguatan Keterampilan Berpikir Kritis. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 1134–1150.