Isi Artikel Utama

Abstrak

Dalam upaya meningkatkan literasi siswa, maka perlu
media pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kebutuhan dongeng dalam mendukung profil pelajar pancasila bagi peserta didik sekolah dasar. Metode penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan model 4-D (Four-D Model) dengan tahap define dan design yakni mengadakan analisis kebutuhan lapangan dahulu dan
merancang sebuah produk berupa model multimedia articulate Storyline. Pada tahun kedua, peneliti akan melakukan tahap
develop yakni uji coba produk melalui penilaian ahli dan ujicoba
pengembangan dan tahap disseminate yakni mempromosikan produk pengembangan agar bisa diterima pengguna, baik individu, suatu kelompok, atau sistem. Subjek penelitian sebanyak 30 guru dan 50 siswa dari delapan sekolah dasar di Jakarta. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner terstruktur dengan skala likert kepada para guru dengan 2 pilihan jawaban dan jawaban terbuka. Aspek yang digunakan untuk mengukur tingkat kebutuhan guru meliputi tujuan pembelajaran, tahapan pembelajaran, lingkungan pembelajaran, dan pengelolaan
kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah menggunakan media digital, namun masil perlu dikembangkan media digital yang dapat menamankan pendidikan karakter dalam mendukung profil pelajar pancasila. Sedangkan hasil analisis kebutuhan siswa menunjukkan bahwa peserta didik lebih senang jika belajar dengan
memanfatkan teknologi, sehingga siswa lebih mudah memahami konsep yang akan diajarkan.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Wardhani, P. A., Yarmi, G., & Yudha, C. B. (2024). Dongeng Digital Berbasis Project Based Learning Untuk Penguatan Profil Pembelajaran Pancasila Siswa Sekolah Dasar. Jurnal PGSD, 17(1), 22–28. https://doi.org/10.33369/pgsd.17.1.22-28

Referensi

  1. Al Murshidi, G. (2014). Emirati and Saudi students’ writing challenges at U.S. universities. English Language Teaching, 7(6), 87–95.
  2. Anggraeni, D., & Rafiyanti, S. (2022). Pengaruh Dongeng terhadap Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 2485-2490.
  3. Budiono, A. N., Yahya, S. R., Siyono, S., Pratiwi, D. A., & Ginting, R. (2023). Pelatihan Mendesain Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) bagi Komite Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 410-420.
  4. Fitriani, W. (2019). Dongeng dapat membentuk karakter anak menuju Budi pekerti yang luhur. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 2(1), 178-183.
  5. Habsari. (2017). Dongen Sebagai Pembentuk Karakter Anak. . Bibliotika Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 1(1), 21–29.
  6. Habsari, Z., & Malang, U. N. (2017). Dongeng Sebagai Pembentuk Karakter Anak. In Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi , 1(1).
  7. Ihsan Karmedi, M., & Ilmu Pengetahuan Sosial, P. (n.d.). Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Sejarah Selama Pandemi Covid-19. In Journal of Education Research, 2(1).
  8. Dewi, H. I., & Khanza, M. (2020). Penerapan Pembelajaran Dongeng Dalam Membentuk Karakter Siswa. Instruksional, 2(1), 56-63.
  9. Israwaty, I., Hasnah, & Asdar. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Perubahan Wujud Benda di Kelas V UPTD SD Negeri 111 Barru. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(2), 122–128.
  10. Maisyarah, M., & Lena, M. S. (2023). Penerapan Model Project Based Learning (Pjbl) pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. E-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar, 10(3), 171.
  11. Murniati, E. (2021). Penerapan Metode Project Based Learning Dalam Pemmbelajaran. Journal of Education, 3(1), 1–18.
  12. Nisa, R. A., Minarti, I. B., Mulyaningrum, E. R., & Sudaryati, S. (2023). Keterkaitan Model Pembelajaran Project Based Learning dengan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila SMPN 37 Semarang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 4380–4385.
  13. Parlina, T., Gusti Satria, T., & Yuneti, A. (2021). Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar Pengembangan Buku Cerita Dongeng Berbantuan Boneka Tangan di Kelas II Sekolah Dasar. 5(1).
  14. Praditama, A. G., Kusmiatun, A., & Rahayu, D. H. (2023). Dongeng sebagai Media Pembentuk Karakter Anti Perundungan pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 6764–6776.
  15. Putu, L., Sumartini, A., Antara, P. A., Magta, M., & Paud, J. P. (2017). Pengaruh Metode Dongeng Interaktif Terhadap Karakter Anak Pada Taman Kanak-Kanak Kuncup Harapan Singaraja, 5(1).
  16. Rahiem, M. D. H. (2021). Storytelling in early childhood education: Time to go digital. International Journal of Child Care and Education Policy, 15(1).
  17. Ramdhani, S., Yuliastri, N. A., Sari, S. D., & Hasriah, S. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Karakter melalui Kegiatan Storytelling dengan Menggunakan Cerita Rakyat Sasak pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 153.
  18. Rizkasari, E. (2023). Profil pelajar Pancasila sebagai upaya menyiapkan generasi emas Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 50.
  19. Roro Diah Wahyu Lestari, M., & Syofyan, H. (2024). Analisis Kebutuhan Buku Bacaan Anak Berkecenderungan Visual Spasial. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 8(1).
  20. Sari, A. M., Suryana, D., Bentri, A., & Ridwan, R. (2023). Efektifitas Model Project Based Learning (PjBL) dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Basicedu, 7(1), 432–440.
  21. Widyastuti, A. (2022). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka PAUD. REFEREN, 1(2), 189–203.