Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis pendekatan STEM pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPAS) untuk siswa SD/MI kelas IV. Pengembangan ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pendidikan abad 21. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D (Research and Development) dengan tahapan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di kelas IV MI Baiturrahim. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dengan guru kelas IV, angket validasi ahli meliputi ahli materi, media, bahasa, dan STEM, serta angket respon siswa setelah menggunakan bahan ajar berbasis STEM. Hasil uji validasi pada aspek kelayakan isi memperoleh skor 87%, kegrafikan 82%, penyajian 79%, bahasa 94%, dan STEM 100% dan 97%. Seluruh hasil uji validasi dari 5 validator masuk dalam kriteria layak dan sangat layak. Skor seluruh respon siswa setelah menggunakan bahan ajar berbasis pendekatan STEM skala terbatas dan luas memperoleh skor 95% dengan kriteria sangat baik.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
R, S. F., Carlian, Y., Mahmud, M. R., Rahmaniar, A., & Rohimah, S. M. (2025). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pendekatan STEM dalam Mata Pelajaran IPAS Kelas IV di SD/MI. Jurnal PGSD, 18(1), 1–12. https://doi.org/10.33369/pgsd.18.1.1-12

Referensi

  1. Fazla, F., Munir, K., Wijayanti, A., Prasetyo, S. A., Pendidikan, F. I., Pendidikan, F. I., Pendidikan, F. I., & Article, H. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Materi IPAS. 3(24), 105–117.
  2. Febriani, N., & Widiyanto, R. (2023). Pengembangan E-Modul IPAS sebagai Inovasi Pembelajaran di Kurikulum Merdeka. 3(2), 94–103. https://doi.org/10.15408/elementar.v3i2.35291
  3. Fitrah, A., Yantoro, Y., & Hayati, S. (2022). Strategi guru dalam pembelajaran aktif melalui pendekatan saintifik dalam mewujudkan pembelajaran abad 21. Jurnal Basicedu, 6(2), 2943-2952.
  4. Hasanah, H., Wirawati, S. M., & Sari, F. A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis STEM Pada Materi Bangun Ruang. 3(1), 91–100.
  5. Heryanti, A. D. (2020). PEMBELAJARAN BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP ENERGI DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF MELLUI PROJEK PLTMH. Jurnal Wahana Pendidikan, 77-84.
  6. Izzati, N., Tambunan, L. R., Susanti, S., & Siregar, N. A. R. (2019). Pengenalan Pendekatan STEM sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Anugerah, 1(2), 83–89. https://doi.org/10.31629/anugerah.v1i2.1776
  7. Kawete, M., Gumolung, D., & Aloanis, A. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Materi Ikatan Kimia denganModel ADDIE Sebagai Penunjang Pembelajaran di Masa PandemiCovid-19. Oxygenius Journal Of Chemistry Education, 4(1), 63. https://doi.org/10.37033/ojce.v4i1.374
  8. Mulyani, T. (2019). Pendekatan Pembelajaran STEM untuk menghadapi Revolusi Industry 4.0. Seminar Nasional Pascasarjana 2019, 7(1), 455–460. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/325/351
  9. Oktaviyanti, R., Fatmahanik, U., & Fadly, W. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis STEM dengan Memanfaatkan Augmented Reality dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 3(3), 303–314. https://doi.org/10.21154/jtii.v3i3.1592
  10. Pebriana, I. N., Nuryaman, A. V., Fisika, D. P., Matematika, F., Alam, P., & No, J. C. (2023). E-Modul Berbasis Inquiry Learning Terintegrasi STEM dalam Fisika : Pengaruhnya terhadap Penguasaan Konsep Impuls dan Momentum STEM Integrated Inquiry Learning based E-Module in Physics : Its Impact on Conceptual Understanding of Impulse and Momentum. 1, 62–74.
  11. Prasasti, R. D., & Anas, N. (2023). Pengembangan Media Digital Berbasis Flipbook Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Peserta Didik. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(3), 694–705. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i3.589
  12. Prastowo, A. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Divapress.
  13. Ragil, T., Wahyuning, T., Amita, P., Prasasti, T., & Kusumawati, N. (2022). Pengembangan Bahan Ajar E-Book Berbasis STEM dalam Peningkatan Kemampuan Literasi Sains di Sekolah Dasar. 5(September), 3469–3474.
  14. Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237
  15. Rahmawati, M. C., Samino, F. A., Agustian, M., Revaria, N. R., & Ernestya, T. G. (2021). Pengembangan Buku Siswa Membaca Menulis Permulaan Berbasis Budaya Menggunakan Prosedur ADDIE Untuk Kelas 1 SD. PGSD Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Dasar, 133-143.
  16. Salsabila, D. (2024, Desember 19). Diambil kembali dari deepublish: https://jakarta.penerbitdeepublish.com/format-buku-ajar-panduan-lengkap-untuk-buku-berkualitas/
  17. Setiono, P., & Amaliyah, Y. (2024). Tinjauan Desain Pengembangan E-Modul Interaktif Project Citizen : Inovasi Peningkatan Keterampilan di Era 4 . 0. 17(1), 75–84.
  18. Sugiono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Issue January).
  19. Wahyuni, N. P., & Gianyar, N. (2021). Penerapan Pembelajaran Berbasis Meningkatkan Hasil Belajar IPA untuk. 5(1), 109–117.
  20. Wardathi, A., & Pradipta, A. (2019). Kelayakan Aspek Materi, Bahasa dan Media Pada Pengembangan Buku Ajar Statistika Untuk Pendidikan Olahraga Di IKIP Budi Utomo Malang. Efektor, 61-67.
  21. Wijayanti, I., & Ekantini, A. (2023). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN IPAS MI/SD. Pendas: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 2100-2112.
  22. Yanto, D. T. P. (2019). Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 19(1), 75–82. https://doi.org/10.24036/invotek.v19i1.409
  23. Yuanita, Y., & Kurnia, F. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Stem (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) Materi Kelistrikan Untuk Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 1(2), 199–210. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i2.9046