Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis pendekatan STEM pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPAS) untuk siswa SD/MI kelas IV. Pengembangan ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pendidikan abad 21. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D (Research and Development) dengan tahapan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di kelas IV MI Baiturrahim. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dengan guru kelas IV, angket validasi ahli meliputi ahli materi, media, bahasa, dan STEM, serta angket respon siswa setelah menggunakan bahan ajar berbasis STEM. Hasil uji validasi pada aspek kelayakan isi memperoleh skor 87%, kegrafikan 82%, penyajian 79%, bahasa 94%, dan STEM 100% dan 97%. Seluruh hasil uji validasi dari 5 validator masuk dalam kriteria layak dan sangat layak. Skor seluruh respon siswa setelah menggunakan bahan ajar berbasis pendekatan STEM skala terbatas dan luas memperoleh skor 95% dengan kriteria sangat baik.
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2025 Salma Fauziah R, Yayan Carlian, Muhammad Rifqi Mahmud, Andinisa Rahmaniar, Siti Maryam Rohimah

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish in this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
- Fazla, F., Munir, K., Wijayanti, A., Prasetyo, S. A., Pendidikan, F. I., Pendidikan, F. I., Pendidikan, F. I., & Article, H. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Materi IPAS. 3(24), 105–117.
- Febriani, N., & Widiyanto, R. (2023). Pengembangan E-Modul IPAS sebagai Inovasi Pembelajaran di Kurikulum Merdeka. 3(2), 94–103. https://doi.org/10.15408/elementar.v3i2.35291
- Fitrah, A., Yantoro, Y., & Hayati, S. (2022). Strategi guru dalam pembelajaran aktif melalui pendekatan saintifik dalam mewujudkan pembelajaran abad 21. Jurnal Basicedu, 6(2), 2943-2952.
- Hasanah, H., Wirawati, S. M., & Sari, F. A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis STEM Pada Materi Bangun Ruang. 3(1), 91–100.
- Heryanti, A. D. (2020). PEMBELAJARAN BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP ENERGI DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF MELLUI PROJEK PLTMH. Jurnal Wahana Pendidikan, 77-84.
- Izzati, N., Tambunan, L. R., Susanti, S., & Siregar, N. A. R. (2019). Pengenalan Pendekatan STEM sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Anugerah, 1(2), 83–89. https://doi.org/10.31629/anugerah.v1i2.1776
- Kawete, M., Gumolung, D., & Aloanis, A. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Materi Ikatan Kimia denganModel ADDIE Sebagai Penunjang Pembelajaran di Masa PandemiCovid-19. Oxygenius Journal Of Chemistry Education, 4(1), 63. https://doi.org/10.37033/ojce.v4i1.374
- Mulyani, T. (2019). Pendekatan Pembelajaran STEM untuk menghadapi Revolusi Industry 4.0. Seminar Nasional Pascasarjana 2019, 7(1), 455–460. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/325/351
- Oktaviyanti, R., Fatmahanik, U., & Fadly, W. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis STEM dengan Memanfaatkan Augmented Reality dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 3(3), 303–314. https://doi.org/10.21154/jtii.v3i3.1592
- Pebriana, I. N., Nuryaman, A. V., Fisika, D. P., Matematika, F., Alam, P., & No, J. C. (2023). E-Modul Berbasis Inquiry Learning Terintegrasi STEM dalam Fisika : Pengaruhnya terhadap Penguasaan Konsep Impuls dan Momentum STEM Integrated Inquiry Learning based E-Module in Physics : Its Impact on Conceptual Understanding of Impulse and Momentum. 1, 62–74.
- Prasasti, R. D., & Anas, N. (2023). Pengembangan Media Digital Berbasis Flipbook Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Peserta Didik. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(3), 694–705. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i3.589
- Prastowo, A. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Divapress.
- Ragil, T., Wahyuning, T., Amita, P., Prasasti, T., & Kusumawati, N. (2022). Pengembangan Bahan Ajar E-Book Berbasis STEM dalam Peningkatan Kemampuan Literasi Sains di Sekolah Dasar. 5(September), 3469–3474.
- Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237
- Rahmawati, M. C., Samino, F. A., Agustian, M., Revaria, N. R., & Ernestya, T. G. (2021). Pengembangan Buku Siswa Membaca Menulis Permulaan Berbasis Budaya Menggunakan Prosedur ADDIE Untuk Kelas 1 SD. PGSD Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Dasar, 133-143.
- Salsabila, D. (2024, Desember 19). Diambil kembali dari deepublish: https://jakarta.penerbitdeepublish.com/format-buku-ajar-panduan-lengkap-untuk-buku-berkualitas/
- Setiono, P., & Amaliyah, Y. (2024). Tinjauan Desain Pengembangan E-Modul Interaktif Project Citizen : Inovasi Peningkatan Keterampilan di Era 4 . 0. 17(1), 75–84.
- Sugiono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Issue January).
- Wahyuni, N. P., & Gianyar, N. (2021). Penerapan Pembelajaran Berbasis Meningkatkan Hasil Belajar IPA untuk. 5(1), 109–117.
- Wardathi, A., & Pradipta, A. (2019). Kelayakan Aspek Materi, Bahasa dan Media Pada Pengembangan Buku Ajar Statistika Untuk Pendidikan Olahraga Di IKIP Budi Utomo Malang. Efektor, 61-67.
- Wijayanti, I., & Ekantini, A. (2023). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN IPAS MI/SD. Pendas: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 2100-2112.
- Yanto, D. T. P. (2019). Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 19(1), 75–82. https://doi.org/10.24036/invotek.v19i1.409
- Yuanita, Y., & Kurnia, F. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Stem (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) Materi Kelistrikan Untuk Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 1(2), 199–210. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i2.9046
Referensi
Fazla, F., Munir, K., Wijayanti, A., Prasetyo, S. A., Pendidikan, F. I., Pendidikan, F. I., Pendidikan, F. I., & Article, H. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Materi IPAS. 3(24), 105–117.
Febriani, N., & Widiyanto, R. (2023). Pengembangan E-Modul IPAS sebagai Inovasi Pembelajaran di Kurikulum Merdeka. 3(2), 94–103. https://doi.org/10.15408/elementar.v3i2.35291
Fitrah, A., Yantoro, Y., & Hayati, S. (2022). Strategi guru dalam pembelajaran aktif melalui pendekatan saintifik dalam mewujudkan pembelajaran abad 21. Jurnal Basicedu, 6(2), 2943-2952.
Hasanah, H., Wirawati, S. M., & Sari, F. A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis STEM Pada Materi Bangun Ruang. 3(1), 91–100.
Heryanti, A. D. (2020). PEMBELAJARAN BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP ENERGI DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF MELLUI PROJEK PLTMH. Jurnal Wahana Pendidikan, 77-84.
Izzati, N., Tambunan, L. R., Susanti, S., & Siregar, N. A. R. (2019). Pengenalan Pendekatan STEM sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Anugerah, 1(2), 83–89. https://doi.org/10.31629/anugerah.v1i2.1776
Kawete, M., Gumolung, D., & Aloanis, A. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Materi Ikatan Kimia denganModel ADDIE Sebagai Penunjang Pembelajaran di Masa PandemiCovid-19. Oxygenius Journal Of Chemistry Education, 4(1), 63. https://doi.org/10.37033/ojce.v4i1.374
Mulyani, T. (2019). Pendekatan Pembelajaran STEM untuk menghadapi Revolusi Industry 4.0. Seminar Nasional Pascasarjana 2019, 7(1), 455–460. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/325/351
Oktaviyanti, R., Fatmahanik, U., & Fadly, W. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis STEM dengan Memanfaatkan Augmented Reality dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 3(3), 303–314. https://doi.org/10.21154/jtii.v3i3.1592
Pebriana, I. N., Nuryaman, A. V., Fisika, D. P., Matematika, F., Alam, P., & No, J. C. (2023). E-Modul Berbasis Inquiry Learning Terintegrasi STEM dalam Fisika : Pengaruhnya terhadap Penguasaan Konsep Impuls dan Momentum STEM Integrated Inquiry Learning based E-Module in Physics : Its Impact on Conceptual Understanding of Impulse and Momentum. 1, 62–74.
Prasasti, R. D., & Anas, N. (2023). Pengembangan Media Digital Berbasis Flipbook Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Peserta Didik. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(3), 694–705. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i3.589
Prastowo, A. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Divapress.
Ragil, T., Wahyuning, T., Amita, P., Prasasti, T., & Kusumawati, N. (2022). Pengembangan Bahan Ajar E-Book Berbasis STEM dalam Peningkatan Kemampuan Literasi Sains di Sekolah Dasar. 5(September), 3469–3474.
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237
Rahmawati, M. C., Samino, F. A., Agustian, M., Revaria, N. R., & Ernestya, T. G. (2021). Pengembangan Buku Siswa Membaca Menulis Permulaan Berbasis Budaya Menggunakan Prosedur ADDIE Untuk Kelas 1 SD. PGSD Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Dasar, 133-143.
Salsabila, D. (2024, Desember 19). Diambil kembali dari deepublish: https://jakarta.penerbitdeepublish.com/format-buku-ajar-panduan-lengkap-untuk-buku-berkualitas/
Setiono, P., & Amaliyah, Y. (2024). Tinjauan Desain Pengembangan E-Modul Interaktif Project Citizen : Inovasi Peningkatan Keterampilan di Era 4 . 0. 17(1), 75–84.
Sugiono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Issue January).
Wahyuni, N. P., & Gianyar, N. (2021). Penerapan Pembelajaran Berbasis Meningkatkan Hasil Belajar IPA untuk. 5(1), 109–117.
Wardathi, A., & Pradipta, A. (2019). Kelayakan Aspek Materi, Bahasa dan Media Pada Pengembangan Buku Ajar Statistika Untuk Pendidikan Olahraga Di IKIP Budi Utomo Malang. Efektor, 61-67.
Wijayanti, I., & Ekantini, A. (2023). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN IPAS MI/SD. Pendas: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 2100-2112.
Yanto, D. T. P. (2019). Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 19(1), 75–82. https://doi.org/10.24036/invotek.v19i1.409
Yuanita, Y., & Kurnia, F. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Stem (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) Materi Kelistrikan Untuk Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 1(2), 199–210. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i2.9046