Isi Artikel Utama
Abstrak
IPA merupakan pelajaran yang sangat penting dikuasai oleh siswa. Siswa dapat
memahami dan dapat meningkatkan hasil belajarnya tergantung dari beberapa faktor salah satunya adalah model pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam proses belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah dengan penerapan model pembelajaran inkuiri pada materi Sumber energi dan kegunaannya dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SD Negeri 05 Kabawetan? 2) Bagaimana aktivitas siswa kelas II SD Negeri 05 Kabawetan selama diterapkannya model pembelajaran inkuiri? 3) Bagaimana tanggapan siswa kelas II SD Negeri 05 Kabawetan terhadap model pembelajaran inkuiri? Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas II SD Negeri 05 Kabawetan tahun ajaran 2015/2016. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya : Lembar Kerja siswa (LKS), tes individu, dan angket respon siswa, serta lembar observasi siswa. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I, II dan III terdapat
peningkatan hasil belajar siswa dari segi nilai rata - rata adalah 5,5 sedangkan persentase secara klasikal mencapai 20% siswa yang mendapat nilai ? 60. Aktifitas siswa selama proses pembelajaran juga mengalami peningkatan setiap siklusnya yaitu 20%, 85.% dan terakhir meningkat menjadi 90%. Pada umumnya siswa merespon terhadap penerapan model pembelajaran inkuiri. Sebagian besar berpendapat bahwa semangat belajar meningkat, menyenangkan dan menarik, serta hasil belajar meningkat. Dengan demikian model pembelajaran inkuiri dapat dijadikan alternatif dalam menyampaikan materi sumber energi dan kegunaannya karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa, bimbingan yang diberikan secara merata terutama pada kelompok yang membutuhkan dapat memotivasi siswa dalam belajar, pengggunaan model pembelajaran yang bervariasi dan menyenangkan dapat membuat siswa nyaman dan senang dalam belajar IPA.
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2024 Nurhaida Nurhaida

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish in this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.