Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada siswa kelas I SD Negeri 05 Kabawetan tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilakukan dikarenakan adanya permasalahan yaitu hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia khususnya membaca nyaring masih rendah. Melalui media potongan-potongan kata permasalahan ini dicoba untuk diperbaiki dan ditingkatkan. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca nyaring melalui penggunaan media potongan-potongan kata pada siswa kelas 1 SD Negeri 05 Kabawetan tahun pelajaran 2016/2017. Prosedur penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus langkah-langkah dalam setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Subyek penelitian ini siswa kelas 1 SD Negeri 05 Kabawetan tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa 23 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Adapun instrumen penilaian yang digunakan adalah tes proses dan tes akhir. Tes proses menggunakan lembar observasi aktifitas belajar siswa, lembar performance, lembar kuisioner siswa dan nilai akhir siswa menggunakan nilai rata-rata dan presentase ketuntasan belajar. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini terlihat dari ketertarikan siswa pada kondisi awal nilai hasil belajar 57,39,00 % menjadi 76,08,00% pada siklus I meningkat 18,69% dan menjadi 86,95,00% pada siklus II meningkat 10,86%. Pada indikator partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran dari siklus I 63,13% menjadi 76,73% pada siklus II meningkat 13,6%, dari pengamatan performance siswa dalam membaca nyaring pada siklus I 53,75% menjadi 82,00% pada siklus II meningkat 28,25% dan dari hasil kuisioner siswa 57,25% pada siklus I menjadi 81,5% pada siklus II meningkat 24,25%. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media potongan-potongan kata dapat meningkatkan keterampilan membaca nyaring di SD Negeri 05 Kabawetan.
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2024 Budi Susanti

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish in this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.