Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian Pembelajaran IPA di SD menekankan pada pemberian pengalaman langsung, inkuiri ilmiah (scientific inquiry), menumbuhkan kemampuan berpikir kritis, dan sikap ilmiah dalam bentuk kecakapan hidup (life-skills). Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan buku ajar pendidikan IPA SD berbasis inkuiri yang dapat meningkatkan kemampuan sikap ilmiah, dan berpikir kritis bagi siswa SD. Subjek penelitian ini adalah siswa SD kelas 4, 5, 6. Teknik pengumpulan data menggunakan uji coba. Data yang telah diperoleh dianalisis melalui analisis kovariat (MACNOVA) faktorial 2X2 (Hair. Et al, 1995; Sharma,1996:342-345). Hasil penelitian adalah draft buku IPA SD berbasis inkuiri yang berisi : (1) uraian kompetensi siswa, (2) judul bab, (3) gambar pembuka bab, (4) teks pengantar, (5) peta pikiran, (6) materi pelajaran, (7) gambar dan ilustrasi, (8) tahukah kamu, (9) mari mencari tahu, (10) mari kita selidiki, (11) mari bertukar pikiran, dan (12) mari mengingat kembali. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan yaitu isi draft buku IPA SD berbasis inkuiri yang dikembangkan , mencakup: 1) Judul bab, gambar pembuka bab, dan teks pengantar disajikan dengan tujuan untuk menarik perhatian dan memancing keingintahuan siswa ( fase Engage), 2) Tahukah kamu, berisi informasi actual agar siswa mampu memecahkan kesulitan yang dihadapi( fase Elaborate), 3) Mari cari tahu dan Mari kita selidiki, berbentuk lembar kegiatan dan diskusi disajikan untuk memberi kesempatan kepada siswa agar bekerja sama dalam menjawab pertanyaan dan melakukan pengamatan ( fase Explore).
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2024 Dalifa Dalifa

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish in this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.