Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa, membuat siswa lebih semangat dan aktif dalam mengikuti pelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan.Instrumen penelitian yang digunakan adalah (1) instrumen pembelajaran berupa rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar kerja siswa dan alat peraga, (2) instrumen pengumpulan data berupa tes dan non tes yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan metode permainan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode permainan yang dikembangkan dalam penelitian ini memilki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas I SD Negeri 12 Kepahiang. Hal ini ditunjukkan pada siklus I dan siklus II yang dikelompokkan menjadi tiga kategori, yaitu siswa tinggi, siswa sedang, dan siswa rendah. Adapun hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II yaitu skor rata-rat hasil belajar siswa pada kategori tinggi adalah 79.8 dan meningkat menjadi 90.5 Skor rata-rata hasil belajar siswa pada kategori sedang adalah 66.4 dan meningkat menjadi 70.8 Dan skor rata-rata hasil belajar siswa pada kategori rendah adalah 53.3 dan meningkat menjadi 60, sedangkan sikap siswa berdasarkan hasil non tes adalah siswa menjadi senang, semangat dan aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.
Article Details
Copyright (c) 2024 Melyati Melyati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish in this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.