Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Meningkatkan kemampuan guru dalam membuat rencana pembelajaran, (2) Meningkatkan kualitas proses pembelajaran IPS, dan (3) Meningkatkan kualitas hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS melalui pemanfaatan model kelas di kelas V SD N 38 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tahapan PTK adalah perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan model kelas dapat meningkatkan : (1) kemampuan guru dalam membuat rencana pembelajaran, (2) kualitas proses pembelajaran IPS, dan (3) hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas V SD N 38 Kota Bengkulu. Saran yang di sampaikan yakni : (1) Guru diharapkan dapat memanfaatkan model kelas dalam pembelajaran selain IPS, dan (2) Kepada sekolah diharapkan mendorong guru untuk memanfaatkan model kelas.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Dadi, S. (2018). PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI PEMANFAATAN MODEL KELAS DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 38 KOTA BENGKULU. Jurnal PGSD, 9(2), 255–260. https://doi.org/10.33369/pgsd.9.2.255-260