Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPS siswa SD melalui penggunaan model pembelajaran interaktif.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)yang terdiri dari 2 siklus. . Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VI SDN 09 Kabawetan.Hasil yang diperoleh dari penelitian yaitu ada peningkatan prestasi belajar siswa secara signifikan dari pra siklus, siklus 1 ke siklus 2 dengan rata-rata nilai yang diperoleh : pada pra siklus dari 16 siswa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan belajar dari pra siklus, siklus 1 ke siklus 2 dengan rata-rata nilai yang diperoleh : pada pra siklus dari 16 siswa, dengan nilai rata-rata 66,25 pada pra siklus yang tuntas belajar hanya 56,25 % atau 9 anak, sedangkan siswa yang tidak berhasil 44,75 atau 7 anak. Pada siklus 1 nilai rata-rata 68,75 meningkat yaitu siswa yang tuntas dalam belajar 62,50% atau 10 anak sedangkan yang belum tuntas 33,50% atau 6 anak. Pada siklus 2 ada kenaikan yang cukup signifikan yaitu rata-rata nilai menjadi 75 sesuai dengan yang diharapkan, dengan hasil ketuntasan belajar mencapai 87,50% atau 14 anak sedangkan yang belum tuntas 12,50% atau 2 anak. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan pembelajaran menggunakan model pembelajaran interaktif dapat meningkatkan prestasi belajar dan pemahaman konsep tentang materi Kenampkan alam dan sosial negara-negara tetangga pada kelas VI SD Negeri 09 Kabawetan Kecamatan Kabawetan Kabupaten Kepahiang, Provinsi Bengkulu.
Article Details
Copyright (c) 2024 Sukamto Sukamto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish in this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.