Main Article Content
Abstract
Permasalahan yang terdapat dalam penelitian ini adalah: 1) Prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan di kelas IV SD Negeri 12 Kepahiang belum memenuhi kriteria ketuntasan belajar secara klasikal, 2) metode pengajaran masih kurang bervariasi. Tujuan penelitian ini, untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui penerapan metode simulasi pada siswa kelas IV SD Negeri 12 Kepahiang, untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di kelas IV SD Negeri 12 Kepahiang melalui penerapan metode simulasi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Reasearch) yang telah dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observsi dan tahap refleksi. Instrument yang digunakan terdiri dari lembar observasi guru dan siswa serta lembar tes tertulis dalam bentuk essay.Data tes dianalisis dengan menggunakan rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar, sedangkan data observasi dianalisis dengan rata-rata skor dan kriteria skor. Hasil dari penelitian ini yaitu pada siklus I diperoleh nilai rata-rata skor observasi guru 27,75 dengan kreteria baik, dan rata-rata skor observasi siswa sebesar 27,25 dengan kreteria baik, pada siklus II rata-rata skor observasi guru meningkat menjadi 30,75 dengan kreteria baik dan rata-rata skor observasi siswa sebesar 30 dengan kreteria baik. Hasil analisis ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 38,70% dengan nilai rata-rata 6,82. Pada siklus II ketuntasan belajar secara klasikal meningkat menjadi 90,32% diikuti dengan nilai rat-rata yang juga meningkat menjadi 7,95. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode simulasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas IV SD Negeri 12 Kepahiang.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2024 Senawati Senawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish in this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Azhar, L, M. 1993. Proses Belajar mengajar. Jakarta: Sinar Baru
- Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Reneka Cipta
- Dinn Wahyudin, dkk. 2007. Pengantar Pendidkan. Jakarta: Universitas Terbuka
- Djamarah, S, B. 1994.Psikologi Belajar. Jakarta: Renika Cipta
- Hasbullah. 2006. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada
- Hasibuan, J dan Mudjiono. 2000. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya
- Mikarsa dan Hera Lestari, dkk. 2004. Pendidikan Anak di SD. Jakarta: Universitas Terbuka
- Mulyana, 2003.Pengantar Pendidikan, Jakarta: Balai Pustaka
- Mulyasa, 2007.Menjadi Guru Profesional, Bandung: remaja Rosdakarya
- Hamalik Oemar, 2001, Proses Belajar Mengajar, Jakarta, P.T., Bumi Aksara
- Soetomo. 1993. Dasar-dasar Interaksi Belajar Mengajar. Surabaya: Usaha Nasional
- Wardani, 2006.PenelitianTindakan Kelas, Jakarta: Universitas terbuka
- Wina Senjaya, 2006, Strategi Pembelajaran Berorientasi Proses Standar ProsesPendidikan, Jakarta : Kencana Prima
- Winataputra Udin, S. 2007. Materi dan Pembelajaran PKn SD, Jakarta: Universitas Terbuka
References
Azhar, L, M. 1993. Proses Belajar mengajar. Jakarta: Sinar Baru
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Reneka Cipta
Dinn Wahyudin, dkk. 2007. Pengantar Pendidkan. Jakarta: Universitas Terbuka
Djamarah, S, B. 1994.Psikologi Belajar. Jakarta: Renika Cipta
Hasbullah. 2006. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Hasibuan, J dan Mudjiono. 2000. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya
Mikarsa dan Hera Lestari, dkk. 2004. Pendidikan Anak di SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Mulyana, 2003.Pengantar Pendidikan, Jakarta: Balai Pustaka
Mulyasa, 2007.Menjadi Guru Profesional, Bandung: remaja Rosdakarya
Hamalik Oemar, 2001, Proses Belajar Mengajar, Jakarta, P.T., Bumi Aksara
Soetomo. 1993. Dasar-dasar Interaksi Belajar Mengajar. Surabaya: Usaha Nasional
Wardani, 2006.PenelitianTindakan Kelas, Jakarta: Universitas terbuka
Wina Senjaya, 2006, Strategi Pembelajaran Berorientasi Proses Standar ProsesPendidikan, Jakarta : Kencana Prima
Winataputra Udin, S. 2007. Materi dan Pembelajaran PKn SD, Jakarta: Universitas Terbuka