Main Article Content
Abstract
Abstrak
Tujuan Penelitian menggunakan Media Tiga Dimensi untuk mengetahui keaktivan dan peningkatan prestasi belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV B di SD Negeri 24 Kota Bengkulu dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang.Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan bantuan seorang pengamat pada setiap siklusnya. Tes dilakukan untuk mendapatkan data hasil belajar siswa pada setiap akhir siklus. Hasil penelitian ini adalah (1) aktivitas siswa dan guru selama pelaksanaan kegiatan pembelajaran IPA dengan menggunakan MEDIA TIGA DIMENSI adalah baik yaitu dengan skor aktivitas siswa 28 dan skor aktivitas guru 29. Hal ini meningkat karena guru memberikan penghargaan kepada siswa yang mau bertanya, guru juga menyiapkan RP dengan baik, guru juga memberikan kesempatan yang lebih banyak kepada siswa dalam proses belajar mengajar agar siswa lebih memahami materi melalui MEDIA TIGA DIMENSI. (2) hasil belajar siswa terhadap pembelajaran IPA dengan menggunakan MEDIA TIGA DIMENSI adalah meningkat yaitu pada siklus I nilai rata-rata siswa 62 dan meningkat pada siklus II menjadi 80. Hal ini meningkat karena siswa yang belum mencapai nilai standar KKM diberikan perhatian yang lebih berupa pendekatan dan bimbingan yang lebih dari pada temannya yang lain, hal ini dilakukan untuk mengetahui letak kesulitan siswa dalam memahami materi yang disamapikan oleh guru.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan MEDIA TIGA DIMENSI dapat meningkatkan aktivitas siswa dan prestasi ( hasil belajar ) siswa.
Kata kunci : Keaktifan, Pr estasi Belajar, Media Tiga Dimensi
Article Details
Copyright (c) 2024 Elmi Hastuti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish in this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- DAFTAR RUJUKAN
- Azhar Arsyad, 2007. Media Pembelajaran Jakarta : Raja Grafindo Persada
- Daryanto, 2009. Panduan Proses Pembelajaran Inovatif Dan Kreatif. Jakarta : AV Publisher
- Dimyati & Mudjiono, 2006. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta
- Endang, 2009 Mengajar IPA Secara Bermakna : Bengkulu Unib Press
- Lidia Wahyuni, 2007. Meningkatkan Prestasi Belajar Metematika Melalui Rancangan Pengajaran Tandur Di Kelas VIIB SMP Negeri 17 Kota Bengkulu. Skripsi. Universitas Bengkulu.
- Martiningsih, 2010 Apakah Penggunaan Media Tiga DimensiDapat Meningkatkan Prestasi Belajar Bangun Ruang Siswa Kelas IX SMP AL Muslim Waru Sidoarjo, PTK, http: / /pe-te-ka. Blogspot. Com /2010 /02 / apakah-panggunaan-media-asli. Html /2 /11 /2010
- Muhammad Syafrizal, 2009 Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Aljabar Di Kelas VII.2 SMP 3 Kota Bengkulu Melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Skripsi, Universitas Bengkulu
- Nana Sudjana & Rivai, 2005. Media Pengajaran ( Penggunaan Dan Pembuatan ). Bandung : Sinar Baru Aigensindo Offet Bandung
- Nar Herrhyanto & Akib Hamid, 2008. Statistik Dasar. Jakarta : Universitas Terbuka
- Nizar Alam. H & Dodi Hermana, 2008. Classroom Action Research. Bengkulu. Rahayasa
- Rosdiana , 2007 Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Balam Mata Pelajaran IPA Dengan Menggunakan Media Atau Alat Peraga Pada SD Negeri 59 Kota Bengkulu
- Usman Samatowo,2010. Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jakarta : PT Indeks
- Supino , 2007. Upaya meningkatka prestasi belajar siswa dengan menggunakan alat peraga dalam pembelajaran IPA Kelas VA SD Negeri 03 Kampung Bali Kota Bengkulu. Laporan PTK. Universitas Bengkulu.
- Wahyu Wiratmoyo, 2005. Pengaruh keaktivan siswa pada metode pembelajaran kuantum terhadap prestasi belajar kimia dasar kelas X pokok bahasan kimia koloid di SMK kimia industria theresiana.
- http: / /diqiib.unnes.ac.id /qsdl /colect /skripsi /archives /HASH9e4e.dir /doc.pdf /2010 /09 /15
- Zainal aqib, 2006 penelitian tindakan kelas bagi pengembangan profesi guru bandung CV. Yrama Widya.
- http / /ridwan 2008. Wordpress.com /2008 /05 /03 /ketercapaian-prestasi-belajar /3 /8 /2010 /http: / /purwiro 2007. www.unisla.ac.id /conten /view /20 /9 /20 /11
References
DAFTAR RUJUKAN
Azhar Arsyad, 2007. Media Pembelajaran Jakarta : Raja Grafindo Persada
Daryanto, 2009. Panduan Proses Pembelajaran Inovatif Dan Kreatif. Jakarta : AV Publisher
Dimyati & Mudjiono, 2006. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta
Endang, 2009 Mengajar IPA Secara Bermakna : Bengkulu Unib Press
Lidia Wahyuni, 2007. Meningkatkan Prestasi Belajar Metematika Melalui Rancangan Pengajaran Tandur Di Kelas VIIB SMP Negeri 17 Kota Bengkulu. Skripsi. Universitas Bengkulu.
Martiningsih, 2010 Apakah Penggunaan Media Tiga DimensiDapat Meningkatkan Prestasi Belajar Bangun Ruang Siswa Kelas IX SMP AL Muslim Waru Sidoarjo, PTK, http: / /pe-te-ka. Blogspot. Com /2010 /02 / apakah-panggunaan-media-asli. Html /2 /11 /2010
Muhammad Syafrizal, 2009 Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Aljabar Di Kelas VII.2 SMP 3 Kota Bengkulu Melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Skripsi, Universitas Bengkulu
Nana Sudjana & Rivai, 2005. Media Pengajaran ( Penggunaan Dan Pembuatan ). Bandung : Sinar Baru Aigensindo Offet Bandung
Nar Herrhyanto & Akib Hamid, 2008. Statistik Dasar. Jakarta : Universitas Terbuka
Nizar Alam. H & Dodi Hermana, 2008. Classroom Action Research. Bengkulu. Rahayasa
Rosdiana , 2007 Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Balam Mata Pelajaran IPA Dengan Menggunakan Media Atau Alat Peraga Pada SD Negeri 59 Kota Bengkulu
Usman Samatowo,2010. Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jakarta : PT Indeks
Supino , 2007. Upaya meningkatka prestasi belajar siswa dengan menggunakan alat peraga dalam pembelajaran IPA Kelas VA SD Negeri 03 Kampung Bali Kota Bengkulu. Laporan PTK. Universitas Bengkulu.
Wahyu Wiratmoyo, 2005. Pengaruh keaktivan siswa pada metode pembelajaran kuantum terhadap prestasi belajar kimia dasar kelas X pokok bahasan kimia koloid di SMK kimia industria theresiana.
http: / /diqiib.unnes.ac.id /qsdl /colect /skripsi /archives /HASH9e4e.dir /doc.pdf /2010 /09 /15
Zainal aqib, 2006 penelitian tindakan kelas bagi pengembangan profesi guru bandung CV. Yrama Widya.
http / /ridwan 2008. Wordpress.com /2008 /05 /03 /ketercapaian-prestasi-belajar /3 /8 /2010 /http: / /purwiro 2007. www.unisla.ac.id /conten /view /20 /9 /20 /11