Main Article Content
Abstract
Dengan menggunakan model pembelajaran interaktif berbasis aktivitas, siswa cenderung lebih aktif karena suasana belajar mengarah kepada siswa menemukan hasil pemahaman melalui suatu interaksi, mudah dalam memahami materi ajar, karena dibantu melalui media belajar yang kongkrit.Setelah dilakukan tindakan-tindakan dalam penelitian ini, hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang sangat signifikan dari hasil ketuntasan awal pada pra siklus meningkat pada siklus Idan kembali meningkat pada siklus II.Pada pra siklus yang tuntas belajar hanya sebesar 56,25 % atau 9 siswa, sedangkan siswa yang belumtuntas 44,75 atau 7 siswa. Pada siklus 1 nilai rata-rata meningkat yaitu sebesar 68,75 dengan ketuntasan belajar sebesar 62,50% atau 10 anak sedangkan yang belum tuntas 33,50% atau 6 siswa. Pada siklus 2 ketuntasan belajar mengalami peningkatan hingga mencapai 87,50% atau 14 siswa sedangkan yang belum tuntas 12,50% atau 2 siswa.Hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan pembelajaran menggunakan model pembelajaran interaktif berbasis aktivitas dapat meningkatkan hasil belajar siswa padamata pelajaran PKn kelas VI SD Negeri 111/IX Jaluko Kabupaten Muaro Jambi.
Article Details
Copyright (c) 2024 Sofiah Sofiah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish in this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Arikunto, Suharsimi (2002) ”Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:RinekaCipta
- Creswell, John, W, (2008) “educationalresearch” Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative research. Third Edition. America:Pearson Education. Inc
- Hamdi, (2011). Teori kepribadian. Bandung: Upi SPs Press.
- Harlen, (2010). Model Pembelajaran Interaktif. London: Kogon Page
- Kusnan M.Rosyid,(2010).Pendidikan Kewarganegaraan Kelas VI. Jakarta: Intan Pariwara
- Slavin, Robert. (2009) “Cooperative Learning. Teori, riset dan praktik”. Terjemahan. Bandung: Nusa Media
- Suciati,(2010). Belajar dan Pembelajaran 2. Jakarta: Universitas Terbuka
- Sudjana,(2011). Hasil Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
- Sugiyono, (2012). “metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R &D”. Bandung: Alfabeta
- Usman,(2011). Penerapan Model Pembelajaran Interaktif. Bandung: PustakaMartina.
- Wardani I.G.A.K, Wihardit Kuswaya, Nasution Noehi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jakarta: Universitas Terbuka
- Winaputra, S Udin, (2010).Materi dan Pembelajaran. Jakarta: UniversitasTerbuka
- _________________________.Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka
References
Arikunto, Suharsimi (2002) ”Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:RinekaCipta
Creswell, John, W, (2008) “educationalresearch” Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative research. Third Edition. America:Pearson Education. Inc
Hamdi, (2011). Teori kepribadian. Bandung: Upi SPs Press.
Harlen, (2010). Model Pembelajaran Interaktif. London: Kogon Page
Kusnan M.Rosyid,(2010).Pendidikan Kewarganegaraan Kelas VI. Jakarta: Intan Pariwara
Slavin, Robert. (2009) “Cooperative Learning. Teori, riset dan praktik”. Terjemahan. Bandung: Nusa Media
Suciati,(2010). Belajar dan Pembelajaran 2. Jakarta: Universitas Terbuka
Sudjana,(2011). Hasil Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono, (2012). “metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R &D”. Bandung: Alfabeta
Usman,(2011). Penerapan Model Pembelajaran Interaktif. Bandung: PustakaMartina.
Wardani I.G.A.K, Wihardit Kuswaya, Nasution Noehi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jakarta: Universitas Terbuka
Winaputra, S Udin, (2010).Materi dan Pembelajaran. Jakarta: UniversitasTerbuka
_________________________.Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka