Main Article Content

Abstract

Dengan menggunakan model pembelajaran interaktif berbasis aktivitas, siswa cenderung lebih aktif karena suasana belajar mengarah kepada siswa menemukan hasil pemahaman melalui suatu interaksi, mudah dalam memahami materi ajar, karena dibantu melalui media belajar yang kongkrit.Setelah dilakukan tindakan-tindakan dalam penelitian ini, hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang sangat signifikan dari hasil ketuntasan awal pada pra siklus meningkat pada siklus Idan kembali meningkat pada siklus II.Pada pra siklus yang tuntas belajar hanya sebesar 56,25 % atau 9 siswa, sedangkan siswa yang belumtuntas 44,75 atau 7 siswa. Pada siklus 1 nilai rata-rata meningkat yaitu sebesar 68,75 dengan ketuntasan belajar sebesar 62,50% atau 10 anak sedangkan yang belum tuntas 33,50% atau 6 siswa. Pada siklus 2 ketuntasan belajar mengalami peningkatan hingga mencapai 87,50% atau 14 siswa sedangkan yang belum tuntas 12,50% atau 2 siswa.Hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan pembelajaran menggunakan model pembelajaran interaktif berbasis aktivitas dapat meningkatkan hasil belajar siswa padamata pelajaran PKn kelas VI SD Negeri 111/IX Jaluko Kabupaten Muaro Jambi.

Article Details

How to Cite
Sofiah, S. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Interaktif Berbasis Aktivitas Pada Mata Pelajaran PKn Kelas VI SD Negeri 111/IX Jaluko Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2), 91–99. https://doi.org/10.33369/pgsd.11.2.91-99

References

  1. Arikunto, Suharsimi (2002) ”Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:RinekaCipta
  2. Creswell, John, W, (2008) “educationalresearch” Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative research. Third Edition. America:Pearson Education. Inc
  3. Hamdi, (2011). Teori kepribadian. Bandung: Upi SPs Press.
  4. Harlen, (2010). Model Pembelajaran Interaktif. London: Kogon Page
  5. Kusnan M.Rosyid,(2010).Pendidikan Kewarganegaraan Kelas VI. Jakarta: Intan Pariwara
  6. Slavin, Robert. (2009) “Cooperative Learning. Teori, riset dan praktik”. Terjemahan. Bandung: Nusa Media
  7. Suciati,(2010). Belajar dan Pembelajaran 2. Jakarta: Universitas Terbuka
  8. Sudjana,(2011). Hasil Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
  9. Sugiyono, (2012). “metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R &D”. Bandung: Alfabeta
  10. Usman,(2011). Penerapan Model Pembelajaran Interaktif. Bandung: PustakaMartina.
  11. Wardani I.G.A.K, Wihardit Kuswaya, Nasution Noehi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jakarta: Universitas Terbuka
  12. Winaputra, S Udin, (2010).Materi dan Pembelajaran. Jakarta: UniversitasTerbuka
  13. _________________________.Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka