Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengungkap pengaruh pembelajaran Two Stray Two Stayterhadap hasil belajar Matematika. (b) Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran Matematika setelah diterapkannya pembelajaran Two Stray Two Stay Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas IV SD Negeri 03 Merigi. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I 35%), siklus II (75 %), siklus III ( 95 %). Pembelajaran Two Stray Two Stay dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa kelas IV SD Negeri 03 Merigi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Two Stray Two Stay dapat digunakan sebagai salah satu alternativ model dalam pembelajaran Matematika.
Article Details
Copyright (c) 2024 Misyani Misyani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish in this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Abdurrahman. (2004). Two Stay Two Stray Sebuah Model Pembelajaran. Bandung: KAIFA
- Berdiati, I. (2010). Model PakemPembelajaran Bahasa Indonesia. Bandung: Widyaiswara BDK
- Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi ke 3. Jakarta : Asdi Mahastya.
- Huda, M. (2014). Model-model PengajarandanPembelajaran. Yogyakarta :PustakaPelajar
- Keraf, G. (2007). Argumentasi Dan Narasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
- Kurikulum SD Negeri 03 Merigi Kabupaten Kepahiang Tahun 2015
- Lie, A. (2008). Cooperatif Learning. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
- Wiriaatmadja, R. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Rosdakarya.
- Nurhadi, dkk (2006), Pembelajaran Kooperatif. Bandung : Transito
References
Abdurrahman. (2004). Two Stay Two Stray Sebuah Model Pembelajaran. Bandung: KAIFA
Berdiati, I. (2010). Model PakemPembelajaran Bahasa Indonesia. Bandung: Widyaiswara BDK
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi ke 3. Jakarta : Asdi Mahastya.
Huda, M. (2014). Model-model PengajarandanPembelajaran. Yogyakarta :PustakaPelajar
Keraf, G. (2007). Argumentasi Dan Narasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Kurikulum SD Negeri 03 Merigi Kabupaten Kepahiang Tahun 2015
Lie, A. (2008). Cooperatif Learning. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Wiriaatmadja, R. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Rosdakarya.
Nurhadi, dkk (2006), Pembelajaran Kooperatif. Bandung : Transito