Main Article Content
Abstract
Rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN 06 Karang Tinggi disebabkan karena kurangnya keterlibatan siswa secara langsung dalam proses pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari 28 siswa hanya 9 orang siswa yang mencapai tingkat penguasaan materi 70% keatas terutama pada mata pelajaran IPA. Ditinjau dari pembelajaran IPA dibutuhkan suatu sikap dan teeori yang relevan terutama dalam mempersiapkan dan menggunakan media alat peraga. Tujua penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dengan menggunakan alat peraga IPA pada kelas IV SDN 06 Karang tinggi. Subjek penelitian adalah siswa berjumlah 28 orang, sumber data penelitian diperoleh dari data kualitatif berupa data hasil observasi aktivitas guru dan siswa serta data kuantitatif berupa data tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian siklus I diperoleh siswa yang tuntas secara individu sebanyak 9 siswa dari 28 siswa dengan ketuntasan klasikal sebesar 32,2 %. Sedangkan hasil penelitian siklus II mengalami peningkatan dengan jumlah siswa yang tuntas secara individu sebanyak 15 siswa dari 28 orang siswa yang mengikuti pembelajaran dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 53,6 %. Hasil penelitian siklus III menunjukkan peningkatan ketuntasan siswa sebanyak 24 siswa dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 85,8%.Berdasarkan hasil penelitian tersebut, pembelajaran menggunakan alat peraga IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SDN 06 Karang Tinggi.
Article Details
Copyright (c) 2024 Seprianty Seprianty

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish in this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Agung, P. (2001). Panduan Penelitian PTK. Semarang : Unnes Press.Aliansyah, M. (2012) Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan
- Arikunto, S. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara
- Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta.
- Arikunto, S. 1998. Prosuder Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
- Depdiknas. (2003). Kurikulum 2004, Standar Kompetensi Mata Pelajaran Sains Sekolah Dasar dan MI. Jakarta: Depdiknas.
- Kochlar, S.K. 2008. Pembelajaran Sejarah. Jakarta: Grasindo
- Sudjana, N. 1990. Teori-teori Belajar Untuk Pengajaran. Bandung: Fakultas Ekonomi UI.
- Sudjana, N. 2008. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
- Trianto, 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik.Jakarta : Prestasi Pustaka.
- Winarni, E.W, Harmini, S. 2011. Matematika untuk PGSD. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Wilcox, L. 2001. Personality Psikoterapi. Perbandingan dan Praktik Bimbingan dan Konseling Psikoterapi Kepribadian; Yogyakarta: ircisod.
References
Agung, P. (2001). Panduan Penelitian PTK. Semarang : Unnes Press.Aliansyah, M. (2012) Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan
Arikunto, S. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta.
Arikunto, S. 1998. Prosuder Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Depdiknas. (2003). Kurikulum 2004, Standar Kompetensi Mata Pelajaran Sains Sekolah Dasar dan MI. Jakarta: Depdiknas.
Kochlar, S.K. 2008. Pembelajaran Sejarah. Jakarta: Grasindo
Sudjana, N. 1990. Teori-teori Belajar Untuk Pengajaran. Bandung: Fakultas Ekonomi UI.
Sudjana, N. 2008. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Trianto, 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik.Jakarta : Prestasi Pustaka.
Winarni, E.W, Harmini, S. 2011. Matematika untuk PGSD. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wilcox, L. 2001. Personality Psikoterapi. Perbandingan dan Praktik Bimbingan dan Konseling Psikoterapi Kepribadian; Yogyakarta: ircisod.