Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 09 Kabawetan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas 5 yang terdiri dari 14 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki serta guru kelas V SD Negeri 09 Kabawetan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus, masing-masing siklus terdiri atas 1 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA menggunakan pendekatan inkuiri. Pada siklus I rata-rata keterampilan guru yang diperoleh 3,11 dengan persentase 77.7% (baik), siklus II meningkat menjadi 3,22 dengan persentase 80.5% (baik) dan pada siklus III meningkat lebih baik lagi menjadi 3,5 dengan persentase 88.8% (sangat baik). Pada siklus I rata-rata aktivitas siswa 18.1 dengan persentase 43,5% (cukup), siklus II meningkat menjadi 28 dengan persentase 68,5% (baik), dan rata siklus III terjadi peningkatan lebih baik lagi menjadi 31,2 dengan persentase 85.9% (sangat baik). Berdasarkan nilai hasil belajar diperoleh data pada siklus I nilai rata-rata yang dicapai siswa adalah 61,07 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 60,7%. Pada siklus II nilai rata-rata yang dicapai siswa menjadi 75.09 dengan ketuntasan belajar klasikal mencapai 85%. Sedangkan pada siklus III nilai rata-rata siswa naik menjadi 86,4 dengan ketuntasan belajar 90%. Disimpulkan bahwa dengan Pendekatan Inkuiri pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar pada siswa kelas V SD Negeri 09 Kabawetan. Pendekatan Inkuiri meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga disarankan dapat diterapkan pada pelajaran lain.
Article Details
Copyright (c) 2024 Azis Azis

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish in this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Arikunto, S. (2002) ”Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:Rineka Cipta
- Creswell, J. W., (2008) “educationalresearch” Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative research. Third Edition. America:Pearson Education. Inc
- Hamdi, (2011). Teori kepribadian. Bandung: UPI SPs Press.
- Harlen, (2010). Model Pembelajaran Inkuiri. London: Kogon Page
- Kusnan M. R., (2010). Pendidikan Kewarganegaraan Kelas VI. Jakarta: Intan Pariwara
- Slavin, R. (2009) “Cooperative Learning. Teori, riset dan praktik”. Terjemahan. Bandung: Nusa Media
- Suciati, (2010). Belajar dan Pembelajaran 2. Jakarta: Universitas Terbuka
- Sudjana, (2011). Hasil Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
- Sugiyono, (2012). “metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R &D”. Bandung: Alfabeta
- Usman, (2011). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri. Bandung: Pustaka Martina.
- Wardani I.G.A.K, Whardit Kuswaya, Nasution Noehi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jakarta: Universitas Terbuka
- Winaputra, S. U, (2010). Materi dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka
- _________________________. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka
References
Arikunto, S. (2002) ”Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:Rineka Cipta
Creswell, J. W., (2008) “educationalresearch” Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative research. Third Edition. America:Pearson Education. Inc
Hamdi, (2011). Teori kepribadian. Bandung: UPI SPs Press.
Harlen, (2010). Model Pembelajaran Inkuiri. London: Kogon Page
Kusnan M. R., (2010). Pendidikan Kewarganegaraan Kelas VI. Jakarta: Intan Pariwara
Slavin, R. (2009) “Cooperative Learning. Teori, riset dan praktik”. Terjemahan. Bandung: Nusa Media
Suciati, (2010). Belajar dan Pembelajaran 2. Jakarta: Universitas Terbuka
Sudjana, (2011). Hasil Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono, (2012). “metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R &D”. Bandung: Alfabeta
Usman, (2011). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri. Bandung: Pustaka Martina.
Wardani I.G.A.K, Whardit Kuswaya, Nasution Noehi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jakarta: Universitas Terbuka
Winaputra, S. U, (2010). Materi dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka
_________________________. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka