Main Article Content
Abstract
Dengan menggunakan model pembelajaran pair checks, siswa cinderung aktif, karena suasana belajar mengarah kepada siswa untuk menemukan hasil pemahaman materi bacaan , setelah dilakukan tindakan dalam penelitian ini, hasil belajar siswa mengalami peningkatan Berdasarkan pretest yang telah didapatkan oleh peneliti, diketahui bahwa nilai rata — rata pretest siswa penelitian hanya 53 dengan ketuntasan belajar klasikal 20% yang berarti hanya 4 siswa yang tuntas dan 16 siswa atau 80% tidak tuntas. Nilai pretest ini merupakan nilai siswa sebelum mendapatkan perlakuan menggunakan model Pair Checks. Dengan hasil tersebut dapat dikatakan bahwa nilai siswa saat pretest belum maksimal.
Setelah siswa mengerjakan soal pretest, peneliti memberi perlakuan siswa menggunakan model pembelajaran Pair Checks sebanyak 2 kali pertemuan. Kemudian di akhir pertemuan siswa mengerjakan soal posttest dan didapatkan hasil rata — rata posttest 70,75 dengan ktuntasan belajar klasikal mencapai 85% yang artinya ada 17 siswa tuntas dan 3 siswa atau 20% siswa tidak tuntas maka dapat dikatakan bahwa hasil penelitian maksimal.
Article Details
Copyright (c) 2024 Wimbo Sirating Sitoresmi, Mei Fita Asri Untari, Muhammmad Arief Budiman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish in this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Aqib, Zaenal.2015.Model — Model. Media dan Strategi Pembelajaran Konseptual
- (Inovatif). Bandung;YRMA Widya.
- Arikunto,Suharsini.2013.Prosedur Penelitian SuatuPendidikan Praktik.Jakarta;Bineka Cipta.
- Dalman.2017.KeterampilanMembaca.Jakarta;Rajawali Press.
- Hermawan, Heri Asep. 2007. Belajar dan Pembelajaran Sekolah Dasar. Bandung;UPI Press.
- Huda,Miftahul. 2013. Model—model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta;Pustaka Pelajar.
- Isjoni.2014. Cooperative Learning Efektifitas PembelajaranKelompok.Bandung;Alfabeta.
- Khanifatul. 2013. Pembelajaran Inovatif. Jakarta;ArRuzz Media.
- Riduwan. 2013. Dasar — dasar Statistika. Bandung;Alfabeta.
- Masitoh.2009.StrategiPembelajaran.Jakarta;Depag RI
- Musfiqon.2012.Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran.Jakarta;Prestasi
- Pustaka Karya.
- Nafiah, Siti Anisatun. 2018. Model—Model Pembelajaran Bahasa Indonesia di
- SD / MI. Yogyakarta; ArRuzz Media.
- Sagala, Sayful. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran.Bandung; Alfabeta.
- Sohimin, Aris. 2014. Eanm Puluh Delapan Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta;ArRuzz Media.
- Sugiyono.2015.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung; Alfabeta CV.
- Suprijono, Agus,2016. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Pakem. Yogyakarta ; Pustaka Pelajar.
- Suryaman, Maman.2012.Metodologi Penelitian Bahasa. Yogyakarta;UNY Press.
- Susanto, Ahmad.2013. Teory Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta;Kencana.
- Sutikno, Sobri. 2014. Metode dan Model Pembelajaran. Lombok; Holistika.
- Tarigan, Henri Guntur, 2008. Membaca Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa.
- Bandung; Angkasa Bandung.
- Yusuf, Muri. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan.Jakarta; Kencana.
References
Aqib, Zaenal.2015.Model — Model. Media dan Strategi Pembelajaran Konseptual
(Inovatif). Bandung;YRMA Widya.
Arikunto,Suharsini.2013.Prosedur Penelitian SuatuPendidikan Praktik.Jakarta;Bineka Cipta.
Dalman.2017.KeterampilanMembaca.Jakarta;Rajawali Press.
Hermawan, Heri Asep. 2007. Belajar dan Pembelajaran Sekolah Dasar. Bandung;UPI Press.
Huda,Miftahul. 2013. Model—model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta;Pustaka Pelajar.
Isjoni.2014. Cooperative Learning Efektifitas PembelajaranKelompok.Bandung;Alfabeta.
Khanifatul. 2013. Pembelajaran Inovatif. Jakarta;ArRuzz Media.
Riduwan. 2013. Dasar — dasar Statistika. Bandung;Alfabeta.
Masitoh.2009.StrategiPembelajaran.Jakarta;Depag RI
Musfiqon.2012.Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran.Jakarta;Prestasi
Pustaka Karya.
Nafiah, Siti Anisatun. 2018. Model—Model Pembelajaran Bahasa Indonesia di
SD / MI. Yogyakarta; ArRuzz Media.
Sagala, Sayful. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran.Bandung; Alfabeta.
Sohimin, Aris. 2014. Eanm Puluh Delapan Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta;ArRuzz Media.
Sugiyono.2015.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung; Alfabeta CV.
Suprijono, Agus,2016. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Pakem. Yogyakarta ; Pustaka Pelajar.
Suryaman, Maman.2012.Metodologi Penelitian Bahasa. Yogyakarta;UNY Press.
Susanto, Ahmad.2013. Teory Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta;Kencana.
Sutikno, Sobri. 2014. Metode dan Model Pembelajaran. Lombok; Holistika.
Tarigan, Henri Guntur, 2008. Membaca Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa.
Bandung; Angkasa Bandung.
Yusuf, Muri. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan.Jakarta; Kencana.