Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran Tematik dengan menerapankan model dicovery learning (DL) kelas VC SDIT Generasi Rabani kota Bengkulu, (2) meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik melalui penerapan model dicovery learning (DL)kelas VC SDIT Generasi Rabani kota Bengkulu.Metode yang digunakan adalah (PTK) yang terdiri dari empat tahap yaituperencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan model discovery learning pada pembelajaran Tematik kelas V CSDIT Generasi Rabbani kota Bengkulu dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran baik aktivitas guru maupun aktivitas siswa. Hal ini dapat terlihat dari hasil observasi setiap siklusnya. Hasil observasi guru pada siklus pertama nilai rata-rata adalah 39 dengan kategori cukup meningkat pada siklus kedua dengan nilai rata-rata adalah 49 dengan kategori baik.Hasil observasi siswa pada siklus pertama nilai rata-rata adalah 38 dengan kategori cukup meningkat pada siklus kedua dengan nilai rata-rata adalah 44 dengan kategori baik. (2) Penerapan model discovery learning pada pembelajaran Tematik kelas V CSDIT Generasi Rabbani kota Bengkulu dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat terlihat dari hasil belajar setiap siklusnya. hasil belajar siswa siklus pertama nilai rata-rata adalah 68,5 dengan persentase ketuntasan secara klasikal adalah 70% meningkat pada siklus kedua dengan nilai rata-rata adalah 85 dengan persentase 88%.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2024 Resnani Resnani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish in this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Abidin, Yunus. 2014. Desain Sistem pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung:P PT Refika Aditama.
- Ekawarna.2013. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta Selatan: Referensi (GP Press Grup).
- Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontektual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
- Hanifa. U., & Wasitohadi. 2017. Perbedaan Aktivitas antara Penerapan Model Pembelajaran Discovery dan Inquri danj Hasil Belaja IPA Siswa. Jurnal Mitra Pendidikan , 1 (2), 92-104.
- Kurniasih Imas dan Berlian Sani. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Surabaya: Kata Pena.
- Kemendikbud, 2014. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 tahun 2014 SD kelas V. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber daya Manusia dan Kebudayaan dan Penjamin Mutu Pendidikan Kemendikbud.
- Kadir. A. & Asroha. H. 2014. Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
- Muslich, Masnur. 2012. Melaksanakan PTK itu Mudah. Classroom Action Riseach. Jakarta: Bumi Aksara.
- Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
- Winarni, Endang Widi. 2011. Penelitian Pendidikan.Bengkulu: Unit Penerbitan FKIP Universitas Bengkulu
References
Abidin, Yunus. 2014. Desain Sistem pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung:P PT Refika Aditama.
Ekawarna.2013. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta Selatan: Referensi (GP Press Grup).
Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontektual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Hanifa. U., & Wasitohadi. 2017. Perbedaan Aktivitas antara Penerapan Model Pembelajaran Discovery dan Inquri danj Hasil Belaja IPA Siswa. Jurnal Mitra Pendidikan , 1 (2), 92-104.
Kurniasih Imas dan Berlian Sani. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Surabaya: Kata Pena.
Kemendikbud, 2014. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 tahun 2014 SD kelas V. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber daya Manusia dan Kebudayaan dan Penjamin Mutu Pendidikan Kemendikbud.
Kadir. A. & Asroha. H. 2014. Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Muslich, Masnur. 2012. Melaksanakan PTK itu Mudah. Classroom Action Riseach. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Winarni, Endang Widi. 2011. Penelitian Pendidikan.Bengkulu: Unit Penerbitan FKIP Universitas Bengkulu