Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn Kelas V SD Gugus V Kota Bengkulu, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian adalah kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 179 siswa, dan sampelnya berjumlah 45 siswa. Data dikumpulkan dengan instrumen penelitian berupa kuesioner untuk mengetahui motivasi belajar, tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada hubungan yang positif dan signifikan variabel motivasi belajar intrinsik siswa dengan hasil belajar PKn dengan nilai rhitung lebih besar dari rtabel (0,470>0,301). (2) Ada hubungan yang positif dan signifikan variabel motivasi belajar ekstrinsik dengan hasil belajar PKn dengan nilai rhitung lebih besar dari rtabel (0,6>0,301). (3) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn Kelas V SD Gugus V Kota Bengkulu, dimana rhitung sebesar 0,44, sedangkan rtabel sebesar 0,301 dengan N=43 pada taraf signifikansi 5%. Jadi r hitung lebih besar dari pada rtabel (0,44>0,301), karena hasil penelitian menunjukkan hubungan positif dan signifikan maka dengan demikian keseluruhan uji hipotesis ini mendukung penelitian. Disimpulkan terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn Kelas V SD Gugus V Kota Bengkulu. Peneliti menyarankan untuk meneliti tentang variabel lain yang berhubungan dengan hasil belajar siswa.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2024 Syahril Yusuf

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish in this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Lestari, dkk. 2015. Korelasi Antara Motivasi Berprestasi dengan Hasil Pembelajaran PKn Siswa SDN 22 Pontianak Barat. http://www.e-jurnal.com/2015/01/korelasi-antara-motivasi- berprestasi.html. Diunduh pada tanggal 17 Oktober 2016.
- Sardiman, 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
- Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
- Suciati, dkk.. 2007. Belajar dan Pembelajaran 2. Jakarta: Universitas Terbuka.
- Sugiyono. 2006. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
- Wahab, Abdul. A., & Sapriya. 2011. Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta
References
Lestari, dkk. 2015. Korelasi Antara Motivasi Berprestasi dengan Hasil Pembelajaran PKn Siswa SDN 22 Pontianak Barat. http://www.e-jurnal.com/2015/01/korelasi-antara-motivasi- berprestasi.html. Diunduh pada tanggal 17 Oktober 2016.
Sardiman, 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Suciati, dkk.. 2007. Belajar dan Pembelajaran 2. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sugiyono. 2006. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Wahab, Abdul. A., & Sapriya. 2011. Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta