Main Article Content
Abstract
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa ekstrakurikuler Pramuka mengandung nilai-nilai karakter didalamnya dan dilaksanakan dengan baik melalui pembiasaan serta adanya keteladan. Pelaksanaan ekstrakurikuler Pramuka disusun secara struktur, administrasi yang baik dan cara membina yang baik sehingga dalam penyampaian materi kepada siswa tercapai.
Karakter siswa berubah menjadi lebih baik setelah mengikuti ekstrakurikuler Pramuka. Pemberian contoh sikap merupakan satu bagian dari sistem among untuk menjadi figur yang mampu mengembangkan potensi yang dimiliki anggota Pramuka Siaga dan Penggalang yaitu kelas 3, 4 serta 5. Pembiasaan dilakukan secara teratur dan berkesinambungan. Figur ketauladanan juga memberikan contoh agar nantnya siswa berperilaku sesuai nilai-nilai karakter secsra optimal. Pembiasaan dan keteladanan ini dilakukan sukarela tanpa adanya keterpaksaan yang nantinya diwujudkan sebagai bentuk peran dalam membentuk karakter pribadi menjadi baik. Contoh implementasinya adalah budaya antri ketika berwudhu, membeli jajan, budaya disiplin untuk datang tepat waktu, menghormati dan menyayangi baik muda maupun tua. Siswa selalu antusias saat ekstrakurikuler Pramuka berlangsung dan merupakan minat dalam mengembangkan potensinya
Article Details
Copyright (c) 2024 Irma Ristantina Luthviyani, Eka Sari Setianingsih, Diana Endah Handayani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish in this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Aji, A.H. 2016. Pendidikan Karakter Dalam Ekstrakurikuler Pramuka di SMP Negeri 1 Yogyakarta. Jurnal Kebijakan Pendidikan. 5, 82-96.
- Azzef, A.M.2014.Urgensi Pendidikan Karakter Di Indonesia. Yogjakarta:AR-RUZZ Media
- Hudiyono.2012.Membangun Karakter Siswa Melalui Profesionalisme Guru dan Gerakan Pramuka.Surabaya:Esensi.
- Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia. 2011. Undang-Undang
- Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2010 Tentang Gerakan Pramuka.
- Jakarta
- Lickona, Thomas.2013.Mendidik Untuk Membentuk Karakter, Bagaimana Sekolah Dapat Memberikan Pendidikan Tentang Sikap Hormat dan Bertanggung Jawab.Jakarta:Bumi Aksara
- Moleong. 2017. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda
- Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Kamus Besar Bahasa
- Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka
- Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.
- Tope, Mustofa.Salinan Lampiran I dan II Peraturan Menteri Pendidikan dan
- Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 63 Tahun 2014 Tentang Pendidikan Kepramukaan Sebagai Ekstrakurikuler Wajib http://simpuh.kemenag.co.id. Diakses pada tanggal 1 April 2019
- Utomo, J. 2015. “Pelaksanaan Ekstrakuliler Pramuka di SD Negeri IV Wates”. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
- Woro, Sri dan Marzuki. 2016. “Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka dalam
- Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Peserta Didik di SMP Negeri 2
- Windusari Magelang”. https://journal.uny.ac.id/index.php/joka/. Diakses
- pada tanggal 9 Juni 2018.
References
Aji, A.H. 2016. Pendidikan Karakter Dalam Ekstrakurikuler Pramuka di SMP Negeri 1 Yogyakarta. Jurnal Kebijakan Pendidikan. 5, 82-96.
Azzef, A.M.2014.Urgensi Pendidikan Karakter Di Indonesia. Yogjakarta:AR-RUZZ Media
Hudiyono.2012.Membangun Karakter Siswa Melalui Profesionalisme Guru dan Gerakan Pramuka.Surabaya:Esensi.
Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia. 2011. Undang-Undang
Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2010 Tentang Gerakan Pramuka.
Jakarta
Lickona, Thomas.2013.Mendidik Untuk Membentuk Karakter, Bagaimana Sekolah Dapat Memberikan Pendidikan Tentang Sikap Hormat dan Bertanggung Jawab.Jakarta:Bumi Aksara
Moleong. 2017. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Kamus Besar Bahasa
Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.
Tope, Mustofa.Salinan Lampiran I dan II Peraturan Menteri Pendidikan dan
Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 63 Tahun 2014 Tentang Pendidikan Kepramukaan Sebagai Ekstrakurikuler Wajib http://simpuh.kemenag.co.id. Diakses pada tanggal 1 April 2019
Utomo, J. 2015. “Pelaksanaan Ekstrakuliler Pramuka di SD Negeri IV Wates”. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Woro, Sri dan Marzuki. 2016. “Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka dalam
Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Peserta Didik di SMP Negeri 2
Windusari Magelang”. https://journal.uny.ac.id/index.php/joka/. Diakses
pada tanggal 9 Juni 2018.