Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini merancang dan membangun sebuah aplikasi menggunakan bahasa pemrograman MATLAB. aplikasi ini memberikan informasi tentang prediksi curah hujan untuk menentukan jenis tanaman apa yang cocok ditanam pada curah hujan tersebut. Sehingga mengurangi dampak gagal panen terhadap para petani. Pada sistem ini yang pertama akan dilakukan yaitu perhitungan untuk mendapatkan prediksi curah hujan dengan Algoritma Genetika. Setelah mendapatkan hasil prediksi curah hujan, maka sistem akan menentukan jenis tanaman apa yang cocok ditanam pada curah hujan tersebut menggunakan Metode Certainty Factor (CF). Data yang akan digunakan dalam sistem ini untuk mendapatkan hasil prediksi curah hujan yaitu data dari BMKG dengan rentang tahun 2014-2017 dan data tanaman Kabupaten Kepahiang. Hasil dari penelitian ini yaitu berupa nilai curah hujan, nilai fitness terbaik, grafik dan juga nilai CF (Certainty Factor) untuk tanaman yang paling cocok ditanam pada curah hujan tersebut.

Kata Kunci : Curah Hujan, Jenis Tanaman, Algoritma Genetika, Certainty Factor, MATLAB.

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Syifa Mawaddah, Universitas Bengkulu

Program Studi Informatika, Fakultas Teknik

Rusdi Efendi, Universitas Bengkulu

Program Studi Informatika, Fakultas Teknik

Desi Andreswari, Universitas Bengkulu

Program Studi Informatika, Fakultas Teknik
Cara Mengutip
Mawaddah, S., Efendi, R., & Andreswari, D. (2020). Prediksi Curah Hujan Menggunakan Algoritme Genetika Sebagai Salah Satu Faktor Penentuan Jenis Tanaman Sayuran Dengan Metode Certainty Factor (Studi Kasus: Kepahiang). Rekursif: Jurnal Informatika, 8(2). https://doi.org/10.33369/rekursif.v8i2.10728

Referensi

  1. Abdul dan Tuswanto (2013). Sistem pakar untuk mendiagnosa hama dan penyakit Tanaman bawang merah menggunakan certainty factor. Jurnal sarjana teknik informatika vol.1 nomor1.
  2. Banik, S., Chanchary, F. H., Khan, K., Rouf, R. A., & Anwer, M. (2008). Neural Network and Genetic Algorithm Approaches for Forecasting Bangladeshi Monsoon Rainfall. Proceedings of 11th International Conference on Computer and Information Technology (ICCIT 2008), 735- 740.
  3. Chistanyo, D. G. (2012). Studi Eksperimen Kinerja Traksi Kendaraan Hybrid Sapujagad. JURNAL TEKNIK POMITS Vol. 1, No. 2, (2012) ISSN: 2301-9271, 6.
  4. Effendi, R. (2015). Penerapan Algoritme Genetika Untuk Aplikasi Peramalan Curah Hujan Di Daerah Aliran Sungai (Das) Air Bengkulu. Repisitory UNIB, 6.
  5. Hidayat, Taufan. Yonny Koesmaryono dan Aris Pramudia. 2010. Analisis Tingkat Kekeringan Untuk Mengurangi Resiko Gagal Panen Tanaman Pangan Di Provinsi Banten. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala.
  6. Iryanto. (2017). Optimasi Pemilihan Barang Dagangan bagi Pedagang Keliling dengan Algoritme Genetika. Jurnal Teknologi Terapan | Volume 3, Nomor 1, Maret 2017, 5.
  7. Saragih, I. R. (2017). Penyusunan Alfabet Membentuk Kata Menggunakan Algoritme Genetika. Jurnal ISD Vol.2 No.1 Januari - Juni 2017, 4.
  8. Slamet S. Lilik, Hariadi T. E, Mezak A. Ratag Erna S. Adiningsih. Analisis Curah Hujan dan Suhu Untuk Menyusun Pola Tanam Tanaman Pangan di Jawa Barat. Bandung : Pusat Pemanfaatan Sains Atmosfer dan Iklim.
  9. Wahyuni, I. (2018). Penerapan Metode Hybrid Fis Tsukamoto Dan Algoritme Genetika Untuk Prediksi Curah Hujan Di Daerah Batu. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 10.